Wisata Sisi Selatan Ngalam yang Terlupakan, Anti Boring Dicoba Guys
Ada istilah tak kenal maka tak sayang, kenapa tak banyak yang tahu pesona elok sisi selatan Malang. Travellers asal ibu kota hanya bersinggah ke kota Malang untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Batu, karena memang banyak media, blogger lebih mempopulerkan wilayah Batu. Sehingga tempat-tempat lain tidak begitu diketahui masyarakat luar Malang. Sisi selatan Malang, juga menyediakan paket tour murah yang amat sangat berbeda jauh dengan Batu. Di Batu, yang sifatnya buatan sedangkan di Selatan benar-benar alami.

Sisi selatan Malang menarik untuk singgah semalam, memandangi indahnya senja langit terbentang di bawah paparan laut. Karena tak banyak yang mengetahui wilayah bagian Malang Selatan, kawasan ini memang jarang dikunjungi masyarakat luar. Akses kesana yang rada rumit perlu kendaraan pribadi untuk menempuh ke lokasi atau menyewa mobil, elf dan bus pariwisata.

Banyak wisata alam yang ada disana, hanya saja untuk sampai di tempat menguras tenaga untuk mencapainya. Tempat wisata ini membutuhkan surat ijin berkunjung dari dinas pariwisata setempat. Para travelers harus patuh untuk tidak membawa meninggalkan sampah disana dan biasanya sebelum mulai berjalan,barang yang kita bawa dihitung jumlahnya dan pulang membawa sampah dengan jumlah yang sama saat kita masuk.

Ada tiga dari beberapa wisata elok nan eksotis di sisi Selatan Malang, berupa pantai, air terjun/coban, di antaranya.

Wisata Ngalam
Sumber Gambar: https://www.pantainesia.com/pantai-teluk-asmoro

1. Teluk Asmara
Berada di Desa Tambakrejo, Sumbermanjing menyimpan panorama eksotis yang jarang sekali dikunjungi wisatawan. Respon wisatawan yang sudah singgah kesana memiliki opini, ini merupakan gugusan laut yang paling indah diantara pantai lainnya. Sehingga mereka menyebutnya ‘Raja Ampatnya Jatim’. Karena pantai ini termasuk pantai selatan yang diharamkan untuk bermain air, namun disini tidak. Para travelers, bisa menikmati pesona dalam laut, berkemah di tengah hamparan pasir, kapan lagi bangun tidur, buka jendela terpampang lukisan indah nyata. 

2. Coban Ciblungan
Tatakala coban-coban yang ada di Batu saja yang hanya menampilkan jatuhan air satu dari ketinggian, di Coban Ciblungan tersimpan beberapa jatuhan air dari ketinggian di tengah hamparan sungai dingin Malang. Terletak di Desa Purwoharjo, Ampelgeding, Kabupaten Malang. Tidak perlu mengeluarkan ongkos banyak untuk menikmati aliran-aliran air terjun ini, cukup membayar Rp.3000-, parkir Rp. 5000-, murah kan? Coban-coban di Selatan tidak menyuguhkan spot instagramable yang sengaja dibuat, murni hasil ciptaan yang Maha Kuasa.

Wisata Ngalam
Sumber Gambar: https://www.pikbee.one/media/BW4YMqcgn16

3. Coban Kedung
Nah air terjun satu ini, juga tak kalah eksotis. Mengapa dinamakan coban kedung? Air terjun yang letak kedungnya ada dibawah tepat dengan air terjun. Bentuk aliran air terjun ini melebar dengan air terjun kecil yang mengelilinginya. Untuk kesini baiknya wisatawan berkunjung pada saat musim kemarau, letaknya yang curam sangat berbahaya bagi wisatawan yang tidak biasa menempuh medan seperti ini. Sangat diharapkan untuk memakai alas kaki yang biasa digunakan saat mendaki gunung, agar tidak terpeleset mengingat banyak bebatuan berlumut di perjalanan. Air terjun ini terletak di Desa Bantur, Kabupaten Malang.

Cobalah untuk mencoba hal yang berbeda dari Malang, untuk mengasah keberanian kalian dengan mengunjungi wisata-wisata yang bersifat alami. Jangan lupa bersyukur karena Indonesia juga memiliki keindahan pariwisata yang tatkala elok dengan negara lain. Ini merupakan salah satu saran tempat paket tour murah di Malang, Jawa Timur.

Post A Comment:

0 comments: