Ibu hamil butuh asupan gizi yang cukup sehingga semua itu bisa didukung dengan makanan sehat untuk ibu hamil yang baik. Tak cukup dengan makanan pokok, tapi juga bisa dioptimalkan dari buah dan sayur. Berbagai buah memiliki nutrisi penting yang diperlukan oleh ibu hamil. Berikut ini adalah 5 buah segar yang baik untuk ibu hamil dan juga janinnya. Kamu bisa menyiapkan semua buah ini karena memang sangat mudah didapatkan. Dengan khasiat yang manjur untuk mendukung kesehatan dan perkembangan janin, sepertinya memang buah ini selalu dikonsumsi selama kehamilan.

1. Jeruk
Jeruk memiliki kandungan vitamin C, folat, dan serat yang sangat tinggi.Hampir 90% kandungan jeruk adalah air yang sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh ibu hamil. Sedangkan kandungan folat pada jeruk dapat membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin. Buah ini cukup populer dan hampir selalu dikonsumsi oleh ibu hamil sebagai makanan sehat untuk ibu hamil.

2. Mangga
Kandungan kalium, vitamin C, dan vitamin A yang tinggi pada mangga menjadikannya salah satu buah yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Diketahui jika Kalium dapat membantu menjaga tekanan darah dan cairan dalam tubuh ibu hamil. Vitamin C menjadi antioksi dan yang mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh, dan vitamin A pada jeruk berfungsi membantu sistem kekebalan tubuh, penglihatan, dan juga sistem saraf pada bayi. 

3. Alpukat
buah yang satu ini sangat baik dijadikan makanan sehat untuk ibu hamil. Kandungan vitamin B, vitamin C, asam folat, serta kalium tentunya akan terserap sempurna untuk kebutuhan perkembangan janin. Alpukat juga bisa membantu mengurangi morning sickness, serta merangsang perkembangan otak dan sistem saraf bayi.

Buah Segar yang Baik untuk Ibu Hamil


4. Pisang
Pisang memiliki kandungan kalium serta asupan kalori yang cepat menjadi energi untuk mencegah kelelahan pada ibu hamil yang rentan. Fungsi lain Kalium yaitu membantu menjaga tekanan darah dalam tubuh. Selain itu pisang juga mengandung zat besi yang sangat berguna untuk mencegah anemia pada ibu hamil.Anemia seringkali mengintai ibu hamil karena memang ada banyak darah yang terserap saat proses kehamilan. Pisang ini termasuk ke dalam makanan sehat untuk ibu hamil yang mudah dicerna, sehingga bisa dijadikan makanan alternatif ibu hamil saat mual dan muntah.

5. Blueberry
Buahberry ini mengandung kalium, folat, dan vitamin C yang tinggi dan sangat baik sebagai makanan sehat untuk ibu hamil. Kandungan Kalium mampu menjaga tekanan darah, dan menjaga keseimbangan cairan tubuh, transmisi saraf, dan kontraksi otot. Selain itu ada kandungan Asam Folat dan vitamin C yang membantu mencegah anemia pada ibu hamil.

Buah ini bisa dikonsumsi setiap hari dengan takaran satu atau dua kali konsumsi pagi dan sore. Dengan kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat sebagai makanan sehat untuk ibu hamil, tentunya kesegaran buah-buah ini akan membuat ibu hamil lebih nyaman untuk menjadikannya makanan pendamping saat mual dan pusing. Apalagi saat kondisi tubuh tidak nyaman dengan pergerakan janin di dala kandungan, mengkonsumi buah-buahan ini juga bisa dijadikan kegiatan pelepas stress.

Hal yang perlu dipahami adalah tidak berlebihan dalam mengkonsumsi buah tersebut meskipun diketahui khasiatnya bagi tubuh sangat baik. Namun terlalu berlebihan akan membuat tubuh tak mampu menyerap keseluruhan nutrisi yang ada pada buah-buahan yang dikonsumsi dan mengakibatkan peradangan dan masalah pencernaan lainnya.

Post A Comment:

0 comments: