Meski banyak dari ibu yang memberikan susu formula sebagai pendamping ASI untuk anaknya, namun tidak semua dari ibu paham mengenai kandungan gizi yang terdapat di dalam susu formula. Kandungan nilai gizi atau nutrition fact sebenarnya dapat dilihat dari kemasan susu, hanya saja beberapa ibu merasa tidak perlu repot membaca dan hanya mencukupkan diri dengan memberikan anak susu formula.

Ibu, Ayo Pahami Label Gizi Pada Susu Formula Bayi


Padahal, untuk dapat memilih susu formula terbaik untuk bayi, anda perlu memahami kandungan gizi pada susu formula tersebut. Untuk itu di bawah ini adalah langkah untuk memahami nutrisi pada label gizi susu formula.

Cara mengetahui kandungan gizi susu formula

1. Memahami penulisan kalori
Dalam setiap label gizi susu formula, tentu terdapat keterangan mengenai jumlah total kalori yang terdapat dalam setiap satu kali penyajian. Kalori total yang tertulis pada kemasan adalah jumlah energi yang akan diperoleh oleh bayi setiap kali meminum susu formula. Patut dipahami, bahwa jumlah kalori total ini biasanya tidak termasuk kalori dari lemak. Oleh karena itu, apabila pada kemasan tertulis kalori total 200 ml dan kalori lemak 100 ml, artinya setiap minum satu gelas, bayi anda memperoleh 200 ml kalori total ditambah kalori lemak 100 ml.

2. Angka Kecukupan Gizi (AKG)
Angka Kecukupan Gizi (AKG) biasanya juga tertulis sebagai daily values (DV) adalah informasi mengenai kebutuhan energi harian bagi bayi. Angka Kecukupan Gizi (AKG) menunjukkan kadar nutrisi yang dibutuhkan baik mineral, vitamin, protein dan karbohidrat harian dalam satuan gram ataupun prosentase. Kebutuhan gizi harian dianggap mencakup apabila sudah mencapai prosentase 100%.

3. Gizi yang harus dibatasi
Tidak semua nutrisi harus diberikan dalam jumlah banyak pada bayi. Ada beberapa nutrisi yang juga harus dibatasi agar tidak berlebihan seperti gula, garam dan lemak jenuh. Nutrisi ini dibutuhkan, namun tidak boleh berlebihan. Apabila berlebihan dikhawatirkan dapat memicu penyakit lain seperti diabetes. Pilihlah susu  formula terbaik untuk bayi dengan kadar nutrisi tersebut kurang dari 5% AKG.

4. Gizi yang harus terpenuhi
Selain gizi yang harus dibatasi, adapula jenis gizi yang harus terpenuhi yaitu mineral, protein dan vitamin. Kandungan ini berfungsi untuk mendukung tumbuh kembang bayi. Oleh karena itu, pastikan ibu memilih produk susu formula terbaik untuk bayi yang memiliki kecukupan gizi seimbang.

Susu formula terbaik 
Berikut beberapa rekomendasi susu terbaik yang dapat dijadikan sebagai pilihan, antara lain:

1. Morinaga Chil Kid Platinum
Morinaga Chil Kid Platinum merupakan susu pertumbuhan yang diformulasikan khusus untuk anak usia 1 sampai 3 tahun. Susu pertumbuhan ini dirancang dengan formula platinum yang memiliki dua keunggulan berupa Body Defense dan Brain Care. Formula Brain Care baik untuk meningkatkan kemampuan otak anak dalam berpikir dan mengingat. Sementara Body Defense bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh anak.

2. Morinaga BMT P-HP MoriCare
Produk susu dari Morinaga ini memiliki keunggulan berupa protein yang telah diolah secara enzimatik sehingga menghindarkan bayi dari alergi susu sapi. Morinaga BMT P-HP MoriCare dihasilkan berkat kerjasama dengan Morinaga Nutrition Research Center Jepang. Hasilnya adalah produk susu formula terbaik untuk bayi yang tidak hanya ramah untuk bayi yang alergi susu sapi, namun juga mengandung nutrisi tambahan Brain Care dan Body Defense yang bermanfaat mendukung kecerdasan otak anak. 

3. Morinaga Chil Kid Soya
Morinaga Chil Kid Soya dibuat dengan bahan dasar isolat protein dari kedelai yang diformulasikan khusus untuk mereka yang alergi terhadap susu sapi. Morinaga Chil Kid Soya ditujukan untuk anak usia 1 sampai 3 tahun. 

Post A Comment:

0 comments: