Bagi para ibu maupun calon ibu sangat diperlukan untuk mengetahui apa-apa yang harus dipersiapkan maupun diperhatikan bagi si buah hati nantinya. Ilmu parenting atau ilmu yang berhubungan dengan tata cara menjadi orang tua yang baik dan merawat buah hati dengan baik memang sangat diperlukan. Hal ini tentunya harus dipelajari demi kepentingan keluarga kita nantinya. Ilmu ini tentunya sangat berguna bagi orang tua maupun si kecil.

Yuk Mengulik Imunisasi Lebih Dalam Lagi

Ada banyak yang harus diperhatikan oleh para ibu maupun calon ibu. Misalnya, pasca menikah biasanya beberapa orang akan menyelenggarakan program kehamilan. Dalam program ini si ibu tentunya harus menjaga pola makan juga aktivitas yang tidak boleh terlalu berlebihan. Setelah sukses dengan program kehamilan, maka si ibu juga harus dituntut untuk menjaga kandungannya. Nah, ketika usia kandungan mulai tua maka si ibu disarankan untuk melakukan senam hamil atau rajin berjalan santai guna memudahkan proses melahirkan. Tidak sampai di sana, setelah melahirkan pun si ibu diharuskan untuk memperhatikan apa-apa yang diperlukan oleh si kecil.

Imunisasi ialah salah satu hal yang dibutuhkan oleh si kecil guna menjaga kesehatannya. Sebagai orang tua tentunya kita menginginkan yang terbaik untuk buah hati kita. Sebagian dari kita kadang merasa kebingungan harus mengimunisasi bayi di mana, apakah harus memberikan imunisasi di Posyandu,  Puskesmas maupun di Bidan atau Dokter? Berikut penjelasannya.

Memberikan Imunisasi di Posyandu
Pos pelayanan terpadu atau kita lebih akrab dengan sebutan posyandu telah lebih baik dan memadai pelayanannya jika dibandingkan dahulu. Kita tidak perlu repot karena harus pergi ke rumah sakit dan mengantri panjang. Beberapa alasan yang tepat memberikan imunisasi di Posyandu ialah karena Posyandu sendiri ada di hampir setiap desa maupun pemukiman.

Biasanya Posyandu letaknya cenderung lebih dekat dengan tempat tinggal kita, khususnya bagi orang-orang yang tinggal di desa. Selain dekat, imunisasi yang diselenggarakan oleh Posyandu juga tidak memungut biaya sepeserpun tanpa mengurangi manfaat yang diberikan.

Di Posyandu juga menyediakan jenis imunisasi utama, beberapa contohnya ialah imunisasi hepatitis B, BCG, Polio, DPT-HIB juga Campak. Akan tetapi, yang perlu diperhatikan ialah mengenai jadwal-jadwal yang akan diselenggarakan Posyandu untuk imunisasi ini.

Memberikan Imunisasi di Puskesmas
Pusat kesehatan masyarakat atau kita mengenalnya dengan sebutan Puskesmas ialah salah satu tempat yang dapat digunakan untuk melakukan imunisasi. Di puskesmas sendiri pelayanan maupun fasilitasnya cenderung lebih lengkap. Kegiatan ini juga bisa dilakukan kapan saja. Meskipun begitu, biasanya puskesmas melakukan kegiatan imunisasi pada waktu tertentu, misalnya pada hari senin dan selasa. Untuk biaya juga tergolong lebih terjangkau, biasanya kita hanya membayar biaya administrasi yang tidak terlalu besar, untuk yang lainnya, biasanya gratis.

Memberikan Imunisasi di Dokter atau Bidan
Bagi para Bunda yang ingin melakukan imunisasi secara lebih lengkap bisa mencobanya ke dokter atau bidan. Biasanya dokter menyediakan imunisasi influenza, varisela dan tifoid untuk si kecil. Selain itu, dokter atau bidan juga menyediakan kombinasi imunisasi penggabungan dua jenis imunisasi atau lebih dalam satu imunisasi. Hal ini tentu memudahkan kamu sebagai orang tua juga memberikan kemudahan bagi si kecil.

Sebagai orang tua, memilih hal terbaik untuk buah hati akan menjadi hal yang selalu dipertimbangkan. Terbaik dan tentunya tidak menyulitkan. Itulah tadi sedikit ulasan mengenai imunisasi yang sedikit lebih terperinci. Jadi, bagaimana Bunda? Sudah mempersiapkan semua dengan baik? Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!
Loading...

Post A Comment:

0 comments: