Mungkin secara tidak sadar ataupun sadar banyak sekali orang tua yang melihat anaknya pilek lalu menyalahkan, “makanya minum es terus”, “makanya banyak minum es”, ataupun perkataan lainnya. Sadarkah bunda jika pada dasarnya bukanlah makanan atau es yang dapat membuat si kecil mengalami masalah seperti pilek tetapi lebih dari itu akibat virus yang berbahaya. Jadi hal itu membuat hidung terus mengalami masalah seperti keluarnya ingus atau lendir secara terus menerus. Bukan hanya membuat tidak nyaman tetapi bisa saja membuat hidung tersumbat dan susah bernafas pada anak maupun orang dewasa.

Anak Pilek? Jangan Salahkan Es

Saat ini banyak sekali obat hidung tersumbat yang aman untuk anak dipasaran, tetapi tahukah Anda jika hal tersebut tidak memberikan efek yang langsung secara instan. Jadi obat tanpa resep itu bisa dikonsumsi oleh anak, tetapi umumnya hanya memberikan efek sementara dan akan berulang lagi jika tidak diatasi dari penyebab utamanya. Sebelumnya, orang tua perlu paham terlebih dahulu jika pilek itu bukan hanya disebabkan oleh es tetapi beberapa hal lain seperti:

1. Infeksi.
Ini merupakan salah satu hal yang dapat membuat hidung pilek, penyebabnya tentu saja karena virus yang menyebabkan infeksi hidung, tenggorokan sampai dengan sinus.

2. Alergi.
Setiap orang bisa saja mengalami pilek karena terpapar zat yang membuat alergi seperti debu, bulu binatang, serbuk ataupun yang lainnya. Ini bukan hanya terjadi pada orang dewasa tetapi anak juga mengalaminya.

3. Paparan udara dingin.
Es memang dingin, tetapi mengkonsumsi es tidak selalu berimbas pada pilek yang dialami oleh anak apalagi jika tidak dikonsumsi berlebihan.

Pada dasarnya banyak sekali hal yang menyebabkan anak akhirnya mengalami pilek sampai dengan berhari-hari. Yang dikhawatirkan pada saat anak tertidur pasti akan terganggu sekali karena dapat menyebabkan hidung tersumbat. Jika sudah seperti itu obat hidung mampet dan hidung meler menjadi solusi yang paling tepat. Tetapi sebagai orang tua, pastikan terlebih dahulu keamanan dari obat tersebut sebelum dikonsumsi. Mulai dari penggunaan, dosis, efek samping dan beberapa hal lainnya.
Loading...

Post A Comment:

0 comments: