Ternyata Ini Lho 6 Fungsi Oli Mesin Mobil yang Masih Jarang Diketahui!
Kendaraan adalah salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh kebanyakan orang. Apalagi di negara Indonesia yang padat akan kendaraan pribadi baik beroda dua dan juga beroda empat. Memiliki kendaraan tentu Anda harus tahu bagaimana merawatnya, bukan? Salah satu yang harus diperhatikan dan membutuhkan perhatian yang serius adalah oli mesin.

Fungsi Oli Mesin Mobil

Bagi Anda yang memiliki mobil, ada baiknya untuk mengganti oli mesin mobil secara teratur. Hal ini bertujuan untuk menghindari beberapa kerusakan yang terjadi secara perlahan akibat terlambat dalam pergantian oli. Tentu Anda tidak ingin itu terjadi, bukan? Untuk itu penting dalam memerhatikan bagian tersebut karena masih banyak yang menyepelekan hal kecil tersebut.

Ternyata oli mesin memiliki beberapa fungsi yang masih jarang diketahui baik oli mesin mobil atau pun oli mesin motor. Apa saja itu? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Sebagai Pelumas
Fungsi utama dari oli mesin adalah sebagai pelumas. Banyak yang hanya tahu sebagai pelumas saja tapi tidak mengerti maksudnya. Maksudnya adalah memudahkan komponen yang terdapat dalam mobil atau motor agar menjadi licin dan mudah bergerak.

2. Pelindung dari Karat
Fungsi oli yang kedua adalah sebagai pelindung dari karat. Oli memiliki zat yang bisa mencegah terjadinya karat pada komponen mesin kendaraan. Oli juga bisa mereduksi kimia yang bisa menimbulkan karat. Dalam artian, oli memiliki peran sebagai pembersih karat kendaraan dengan sangat baik.

3. Pembersih Mesin
Oli juga memiliki fungsi sebagai pembersih mesin dengan melarutkan kotoran yang terdapat dalam mesin kendaraan Anda. Kotoran tersebut biasanya timbul dari berbagai debu yang kemudian masuk pada seal dan  juga bisa terjadi akibat gesekan antara komponen yang satu dengan komponen lainnya dalam mesin. Itulah mengapa mengganti oli kendaraan sangat penting. Selain menjaga dan merawat kendaraan juga memperpanjang usianya.

4. Mendinginkan Mesin
Siapa sangka jika oli memiliki banyak fungsi lainnya yaitu mampu mendinginkan mesin. Komponen dalam kendaraan yang kemudian membawa panas akan dibawa oli ke dinding mesin. Tujuannya adalah agar bisa tersalurkan keluar dengan cara konduksi agar mesin tetap dalam keadaan dingin.

5. Menghemat Bahan Bakar
Ternyata oli juga bisa berfungsi untuk menghemat bahan bakar. Untuk itu penting memilih oli yang terbaik agar bisa menghemat bahan bakar pada mesin. Adanya oli membuat gesekan pada mobil menjadi berkurang sehingga secara tidak langsung juga bisa mengurangi jumlah pemakaian bahan bakar. Untuk menghemat bahan bakar Anda bisa menggunakan oli sebagai solusinya.

6. Memperpanjang Usia Komponen
Adanya oli juga bisa berfungsi untuk memperpanjang usia Hal yang terdapat dalam kendaraan. Oli memiliki zat kimia yang akan berfungsi untuk mengurangi korosi yang terjadi pada mesin. Berbeda dengan pelumasan oli yang berfungsi sebagai pengurangan terhadap gesekan antara komponen satu dengan yang lainnya. Fungsi keduanya tentu akan sangat berpengaruh dalam usia komponen kendaraan. Hal ini berlaku jika Anda merawat dan menjaganya dengan rutin dan teratur.

Selain 6 fungsi di atas, oli juga berfungsi untuk meningkatkan performa pada mesin dan bisa membantu Anda untuk menghemat pengeluaran. Hal ini dikarenakan dengan adanya oli bisa membuat komponen kendaraan menjadi lebih awet sehingga Anda tidak perlu melakukan pemeriksaan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Nah, setelah mengetahui fungsi oli mesin, tentu Anda bisa menentukan oli mana yang terbaik untuk kendaraan Anda. Jika ingin memesan oli terbaik menurut para ahli, Anda bisa memesannya di mobil.co.id.
Loading...

Post A Comment:

0 comments: