Internet berperan penting dalam mendorong kegiatan bisnis di Indonesia. Tak dapat dipungkiri bahwa internet berkontribusi mengenalkan produk-produk dalam negeri ke dunia internasional. Maka tak heran apabila sejak tahun 2017 angka aktivitas ekspor terus meningkat. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat adanya peningkatan sebesar 6,65% nilai ekspor dari tahun 2017 ke tahun 2018. Itu baru sektor migas, sedangkan untuk ekspor non-migasnya mencapai $162,65 miliar atau naik 6,25% dari tahun sebelumnya.

Remittance Indonesia

Peningkatan tersebut adalah sebuah prestasi yang patut diapresiasi. Artinya, wirausaha Indonesia mulai mampu bersaing di dunia perdagangan internasional. Terlebih kini mulai banyak lahir wirausaha-wirausaha muda. Mayoritas dari mereka bergerak di bidang non-migas, secara mayoritas di bidang kreatif, misalnya seperti fashion. Sehingga jika dikaitkan lebih jauh, ini lah salah satu penyebab lahirnya banyak e-commerce dan toko online di Indonesia.

Namun euforia ini perlu diantisipasi, karena bagaimana pun ada tantangan lebih besar di depan yang harus dihadapi dan dicarikan solusinya bersama. Misalnya, pada tahun 2015, secara mengejutkan negara Cina melakukan devaluasi terhadap dollar Amerika Serikat. Tentu saja ini berdampak pada nilai tukar mata uang dunia, termasuk Indonesia. Akibatnya, pada semester kedua tahun 2015 hingga awal 2016, nilai rupiah melemah secara signifikan.

Kejadian di atas merupakan salah satu tantangan dalam dunia perdagangan internasional. Karena kalau dollar Amerika menjadi mahal, maka transaksi akan terhambat bahkan gagal. Pembeli akan menunggu nilai tukar rupiah menjadi terjangkau sehingga perdagangan menjadi tertunda. Hal ini memperlambat aktivitas perdagangan ekspor dan impor. Bisa-bisa target peningkatan yang diset sebelumnya malah menunjukkan grafik sebaliknya, yaitu penurunan.

Suku bunga yang baik dan kompetitif mampu menjadi salah satu solusi terbaik untuk permasalahan di atas. Karena transaksi dengan valas tidak akan terasa berat dan membebani pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. Untuk mendapatkan FX Rate yang kompetitif sehingga transfer valuta asing menjadi ringan, dapat dinikmati melalui aplikasi digibank by DBS. Dalam aplikasi tersebut terdapat fitur digibank transfer valas yang membuat semuanya menjadi mudah dan cepat.

aplikasi digibank by DBS

Kemudahan lainnya dalam transaksi valuta asing adalah fleksibilitas waktu pengiriman. Orang yang mengirim maupun menerima uang tidak harus pergi ke kantor cabang karena transaksi ini bisa dilakukan secara 24/7 melalui aplikasi. Uang yang dikirim dan diterima pun diproses pada hari yang sama selama dalam batas waktu yang ditentukan.

Negara yang kerap bertransaksi dengan Indonesia bukan hanya Cina dan Amerika Serikat, namun daratan Eropa dan negara-negara Asia lainnya. Bahkan kini pemerintah mulai memfokuskan untuk menggarap pasar di benua Australia. Maka, semakin mudah remittance Indonesia terhadap negara-negara tersebut, perdagangan ekspor dan impor pun dapat berjalan lancar. digibank memberikan kenyamanan bagi nasabahnya untuk bertransaksi ke lebih dari 20 negara di dunia berupa gratis biaya transfer. Selama mata uang yang dipilih adalah USD, SGD, AUD, HKG, CAD, EUR, atau GBP, maka tidak akan dikenakan biaya transfer.

Kelancaran transaksi bisnis internasional tidak hanya memberikan keuntungan bagi Indonesia. Namun ini bisa menjaga kestabilan roda perekonomian dunia, baik negara berkembang maupun negara maju. Tanpa adanya transaksi antar negara, maka kemungkinan suatu negara akan mengalami ketidakseimbangan. Karena satu negara pasti membutuhkan produk lain yang tidak diproduksi oleh negara tersebut.

Untuk mendapatkan kelancaran transaksi dengan menggunakan valuta asing bisa mengunduh aplikasi digibank by DBS melalui App Store atau Google Play Store. Masuk ke dalam aplikasi tersebut untuk melakukan proses transfer. Pilih "Transfer" lalu "Transfer Valas", kemudian ikuti instruksi selanjutnya. Klik "Tambah Penerima" kemudian pilih negara tujuan dan mata uang yang akan digunakan. Pada menu selanjutnya, pilih bank tujuan serta isi detail penerima uang. Lalu, isi nominal uang yang akan ditransfer. Klik "Lanjut" untuk menyelesaikan transaksi. Jika sudah, pengiriman uang akan diproses saat itu juga sejumlah hasil konversi mata uang yang telah dipilih.
Loading...

Post A Comment:

0 comments: