Puisi: Partai Jujur (Karya Toto ST Radik)

Puisi "Partai Jujur" menyoroti bagaimana partai politik cenderung lebih mementingkan kepentingan mereka sendiri daripada mengutamakan ...
Partai Jujur


Jangan pilih partai kami
Sebab kami sesungguhnya penipu
Janji kami ialah kursi kami, fulus kami
Sedangkan nasibmu urusanmu.


Serang, 2002

Analisis Puisi:
Puisi "Partai Jujur" karya Toto ST Radik mempertunjukkan ironi dan realitas tersembunyi di balik politik yang seringkali terjadi. Secara ironis, judul puisi ini menampilkan kesederhanaan dan kejujuran, tetapi isi dari puisi menyoroti keadaan politik yang sebenarnya.

Kritik Terhadap Politik dan Partai Politik: Puisi ini mencela keadaan politik di mana partai-partai sering kali membuat janji-janji yang tak terpenuhi. Penyair menyoroti ketidakjujuran partai politik yang berjanji banyak hal kepada publik tetapi sebenarnya lebih peduli dengan keuntungan pribadi mereka, seperti memperoleh kursi dan uang.

Kedangkalan Politik Partai: Puisi ini menekankan betapa partai-partai politik seringkali mengutamakan kepentingan mereka sendiri dan tidak memperhatikan kebutuhan atau kepentingan rakyat yang seharusnya mereka layani. Ini merupakan sebuah kritik terhadap politik yang terfokus pada kekuasaan dan keuntungan politik daripada pada pelayanan publik.

Puisi "Partai Jujur" secara sarkastis menyajikan gambaran ironi politik, di mana partai-partai politik seringkali tidak memenuhi janji-janji mereka kepada publik. Puisi ini menjadi kritik terhadap kedangkalan politik dan menyoroti bagaimana partai politik cenderung lebih mementingkan kepentingan mereka sendiri daripada mengutamakan kesejahteraan rakyat yang seharusnya mereka layani.

"Puisi Toto ST Radik"
Puisi: Partai Jujur
Karya: Toto ST Radik
© Sepenuhnya. All rights reserved.