Puisi: Rencong (Karya Fikar W. Eda)

Puisi "Rencong" menggambarkan sikap terbuka, penerimaan, dan penghormatan yang diberikan oleh komunitas kepada siapa pun yang datang, namun juga ...
Rencong


Siapa saja yang datang
kami sambut dengan tarian
dan syair perjamuan
pertanda kemuliaan

Siapa saja yang datang
kami kalungi bunga
salam sepuluh jari
menjadi sebelas dengan kepala

Siapa saja yang datang
kami hadiahi gelar
sebagai saudara
dan penghormatan

Berbilah-bilah rencong
dengan sarung dan tangkai berkilap
tak lupa kami selipkan
pertanda martabat
dan keagungan

Betapa pedih hati kami
dari Jakarta
kalian hujamkan mata rencong itu
tepat di jantung kami!


Jakarta, 1998

Sumber: Rencong (2005)

Analisis Puisi:
Puisi "Rencong" karya Fikar W. Eda mengungkapkan perasaan kesetiaan, kehormatan, dan juga pengkhianatan yang dialami oleh sebuah komunitas atau kelompok tertentu. Puisi ini merujuk pada lambang atau simbol kehormatan dan kemuliaan, seperti rencong, serta ungkapan kesetiaan, dan perasaan terluka.

Penghormatan dan Kehormatan: Puisi ini mulai dengan ungkapan kesediaan kelompok untuk menyambut siapa pun yang datang dengan tarian, syair, dan simbol-simbol kehormatan, menunjukkan sikap terbuka dan penuh kehangatan terhadap orang lain yang memasuki lingkungan atau komunitas mereka.

Pengkhianatan: Namun, di tengah rasa kehormatan tersebut, terdapat ketidakadilan yang dirasakan. Puisi menggambarkan bahwa meskipun mereka bersedia memberikan penghormatan, kehormatan, dan kehangatan kepada siapa pun yang datang, mereka juga pernah disakiti. Jakarta, melalui metafora "mata rencong", menghujamkan mereka tepat di hati, menandakan pengkhianatan atau luka yang mereka rasakan dari orang-orang yang seharusnya mereka hargai dan hormati.

Simbol Rencong: Rencong, sebagai simbol kemuliaan dan martabat, menjadi metafora yang kuat dalam puisi ini. Puisi tersebut menunjukkan bahwa simbol-simbol kehormatan, meskipun memberikan identitas, dapat digunakan untuk melukai dan menyakiti hati.

Puisi "Rencong" menggambarkan sikap terbuka, penerimaan, dan penghormatan yang diberikan oleh komunitas kepada siapa pun yang datang, namun juga menyampaikan perasaan pengkhianatan atau luka yang dialami dari orang-orang yang seharusnya dihormati. Ini adalah suatu refleksi dari realitas kompleks dalam hubungan antar komunitas yang terdiri dari kehangatan dan kehormatan, tetapi juga memiliki potensi pengkhianatan dan luka.

Fikar W. Eda
Puisi: Rencong
Karya: Fikar W. Eda

Biodata Fikar W. Eda:
  • Fikar W. Eda lahir pada tanggal 8 Mei 1966 di Takengon, Indonesia.
© Sepenuhnya. All rights reserved.