Ayam Lodho Sego Gurih, Makanan Khas Tulungagung yang Enaknya Tak Nanggung

Ayam Lodho Sego Gurih, Makanan Khas Tulungagung yang Enaknya Tak Nanggung | Mungkin banyak sekali makanan khas di beberapa daerah yang menggunakan ...
Mungkin banyak sekali makanan khas di beberapa daerah yang menggunakan bahan baku atau bahan utama dari daging ayam. Namun dari masing-masing makanan khas tersebut tentu memiliki beragam keunikan dan kelebihan sendiri-sendiri. Salah satu makanan khas yang unik dan disukai banyak orang adalah Sego Lodho atau Nasi Lodho dari Tulungagung Jawa Timur. Tulungagung adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang berada di pesisir selatan Pulau Jawa.

Ayam Lodho Sego Gurih

Nasi Lodho atau sering juga disebut dengan Ayam Lodho merupakan makanan tradisional asal Tulungagung. Namun ada beberapa yang menyebut Nasi Lodho adalah makanan khas Trenggalek. Ya mungkin saja kedua Kabupaten ini sama-sama memilikinya karena memang letak keduanya sangat berdekatan.

Oke, kembali ke Nasi Lodho. Nasi Lodho ini adalah makanan tradisional dari Tulungagung yang pada mulanya tidak setiap hari bisa dikonsumsi. Nasi Lodho ini dibuat hanya pada momen tertentu atau ketika mengadakan selamatan.

Namun seiring semakin banyak peminat dari Nasi Lodho ini, semakin ke sini semakin banyak warung yang menyediakan Nasi Lodho sebagai menu utamanya. Apalagi dengan makin gencarnya yang mengulas Nasi Lodho ini, maka semakin membuat banyak orang ang tertarik untuk menikmatinya sehingga warung Sego Lodho pun juga semakin banyak.

Cita rasa dari Ayam Lodho ini biasanya disajikan dengan rasa pedas dan kuah yang kental. Sebelum dimasak dengan bumbu khusus (lodho) biasanya ayam dipanggang terlebih dahulu. Baru kemudian setelah matang ayam akan dimasak di dalam bumbu lodho yang kental dan pedas. Penyajian Ayam Lodho ini biasanya dipadukan dengan Nasi Gurih. Pembuatan nasi gurih ini pun juga membutuhkan keahlian khusus.

Nasi gurih ini adalah nasi dengan cita rasa khusus yang gurih dan sedikit asin. Asinnya bukan dari garam namun dari santan kelapa. Nah Ayam Lodho Sego Gurih ini menjadi makanan andalan kebanyakan warga yang berkunjung ke Tulungagung.

Selain itu, ketika ada momen penting, biasanya tak ketinggalan menu yang satu ini. Syukuran, merayakan Lebaran, selamatan membangun rumah, dan beberapa ritual lainnya biasanya selalu ada Lodho Sego Gurihnya. Warga sekitar kawasan Tulungagung Trenggalek sendiri menyebut makanan khas ini dengan sebutan Lodho Sego Gurih.

Penasaran dengan Lodho Sego Gurih, ayo dong berkunjung ke Tulungagung. Selain enak kulinernya, di Tulungagung juga banyak loh tempat wisatanya yang keren-keren.

Sebenarnya bukan hanya Lodho Sego Gurih saja loh kuliner kasnya Tulungagung. Ada banyak sekali makanan khas Tulungagung yang sangat memanjakan lidah pecinta kuliner nusantara. Untuk kali ini Lodho Sego Gurih dulu ya yang dibahas, Insyaallah nanti akan kami sampaikan kuliner khas lainnya.
© Sepenuhnya. All rights reserved.