Puisi: Aku Ingin Menangkap Ikan dari Ide yang Kering (Karya Nanang Suryadi)

Puisi: Aku Ingin Menangkap Ikan dari Ide yang Kering Karya: Nanang Suryadi
Aku Ingin Menangkap Ikan dari Ide yang Kering


seekor ikan melompat ke  kolam, saat banjir tiba. kolam itu kering di musim kemarau. seekor ikan berenang di jalanan beraspal dan berdebu, sekering ide dalam kepalaku. perhatikan ranggas pohon itu, daun-daunnya yang kuning, serupa rambutku yang mulai rontok. siapa itu yang berteriak: jangan tertawa, langit masih tak ingin menyelesaikan hujannya. kalimat sudah pernah aku tuliskan, dimana? mungkin di dalam mimpimu saat membaca bukuku yang tak pernah diterbitkan. bagi kalimat yang tak pernah sempat dituliskan tak akan ada yang menangisimu, katanya sambil menghapus matanya yang sembab. ya, ya, karena puisi hanya permainan kanak yang tak mau segera dewasa. 

hei, kemana ikan yang aku tangkap tadi? seekor ikan menggelepar gelepar di tanganmu, serupa kata-kata menggelepar, di kolam kering. siapa itu yang berteriak: hei, kemana ikan yang menggelepar tadi? dia melompat ke dalam kepalamu yang penuh air terjun. 

aku akan kembali, memungut remah dari kata-kata yang tak pernah dihabiskan. di mana alamatmu? seekor ikan melotot dan melompat ke apartemen yang belum jadi. siripku, sayap yang pernah patah di kelopak bunga, kata ikan itu, menceritakan dirinya yang pernah menjadi kupu-kupu. ciumlah aku, kata bunga itu, kupu-kupu gemetar dan sayapnya patah, saat itu. 

sudah, sudah, tak ada yang lebih sampah dari segala muntah, kata seekor ikan yang menggelepar di dalam kepalaku. aku ingin tidur, terpejam dan melupakan dunia yang teramat gaduh. 

seekor ikan terbang ke langit, mencari kolam yang penuh air terjun, sungai-sungai yang bening

Malang, 17 Oktober 2011
Puisi Aku Ingin Menangkap Ikan dari Ide yang Kering
Puisi: Aku Ingin Menangkap Ikan dari Ide yang Kering
Karya: Nanang Suryadi
© Sepenuhnya. All rights reserved.