Blog Kesehatan

Blog Kesehatan adalah blog khusus yang membahas atau membagikan informasi mengenai kesehatan. Secara luas bisa membahas beragam masalah terkait, seperti analisis kesehatan, kebugaran, nutrisi, diet, berat badan, masalah penyakit, penelitian kesehatan, bahkan bisnis kesehatan.

Blog Kesehatan

Kemungkinan besar blog seputar kesehatan akan memiliki pengaruh jangka panjang yang cukup besar karena hal-hal menyangkut kesehatan juga berkembang setiap tahun dan minat terhadap kesehatan yang tidak bisa disepelekan.

Blog telah meningkatkan komunikasi masyarakat dan secara bertahap telah memungkin informasi menjadi lebih mudah untuk diakses, disajikan, dianalisis, dan digunakan. Dan di saat yang bersamaan, blog kesehatan telah memungkinkan pemangku kepentingan perawatan kesehatan untuk menciptakan kekayaan; terutama dari segi penyebaran informasi.

Karena ditulis dengan alasan dan tujuan yang berbeda-beda; juga karena begitu banyak tema blog kesehatan yang bisa dibahas, blog kesehatan dapat dibagi ke dalam banyak sub-kategori. Berikut beberapa di antaranya:

1. Blog Tips Kesehatan

Blog Tips Kesehatan membahas tips kesehatan sehari-hari secara random, tidak berfokus pada topik khusus tapi tidak keluar dari lingkup kesehatan; terkadang bisa berupa panduan, literasi kesehatan atau tanya jawab.

2. Blog Makanan dan Nutrisi

Blog Makanan dan Nutrisi fokus membahas informasi mengenai makanan, nutrisi, suplemen, dan masalah terkait pola makan sehat; menyangkut jenis-jenis makanan, menu makanan sehat, dan sebagainya.

3. Blog Diet

Blog Diet fokus membahas informasi program diet atau cara menurunkan berat badan yang ditulis oleh seseorang; dengan tujuan agar pembaca mendapatkan pengetahuan, wawasan, bimbingan dan rekomendasi mengenai program diet yang bisa dicoba.

4. Blog Penyakit dan Gangguan Kesehatan

Blog Penyakit dan Gangguan Kesehatan biasanya ditulis oleh dokter atau orang yang profesional. Jenis blog ini didedikasikan untuk membuat pembaca memahami mengenai penyakit, kondisi kesehatan, dan obat-obat yang direkomendasikan.

Blog kategori ini sangat tidak disarankan untuk dikelola oleh orang-orang yang tidak memiliki pengetahuan cukup, karena bisa berdampak buruk bagi para pembaca. Pembaca harus memilih blog kesehatan terpercaya dengan sangat hati-hati.

5. Blog Hidup Sehat

Blog Hidup Sehat fokus membahas informasi yang berkaitan dengan aspek hidup sehat seperti kebugaran. Bisa berupa penelitian, opini, dan semacamnya. Juga membahas mengenai pola makan, olahraga, dan hal-hal yang menyangkut kehidupan sehari-hari.

6. Blog Pelatihan

Blog Pelatihan fokus membahas informasi tertarget mengenai satu (dan atau lebih dari satu) jenis pelatihan fisik atau kebugaran serta memberikan panduan tentang tata cara pelatihan terkait. Blog ini biasanya dikelola oleh seseorang yang ahli atau oleh suatu kelompok yang memiliki pengetahuan yang cukup dalam bidang pelatihan tersebut.

7. Blog Lari

Blog Lari biasanya ditulis oleh pelari yang mempublikasikan pengalaman, pelatihan, dan masalah terkait lari. Pembaca dari blog ini adalah orang-orang yang terlibat dalam dunia lari atau yang memiliki minat terhadap dunia lari.

8. Blog Self Help

Blog Self Help ditulis oleh orang-orang yang berkomitmen untuk mengubah gaya hidup, biasanya diawali pada awal tahun. Tujuan dari Blog Self Help adalah demi kepuasan diri dan kebahagiaan pribadi. Blog kategori ini biasanya membagikan informasi (semacam jurnal pribadi/diary) seseorang yang mencoba berhenti merokok, menurunkan berat badan atau mengurangi konsumsi alkohol.

Blogger
Disqus
Komentar

Tidak ada komentar