loading...
Menulis adalah pelajaran yang sudah sangat dekat dengan manusia modern dan pun sudah menjadi hal yang penting untuk jaman sekarang ini. Bahkan dari Sekolah Dasar kita sudah diwajibkan untuk belajar menulis. Namun sekarang kita tidak sedang bicara tentang menulis tangan, jadi coret dulu 2 kalimat pertama dari paragraf pertama. Kita sesuaikan dulu isi konten dengan Judul Artikel. Isi dari tulisan ini adalah:

Cara Mengetik 10 Jari

Sedikit Kisah ketika saya belajar mengetik 10 jari
Tahun 2012 saya dibelikan laptop oleh orang tua saya, berdasarkan permintaan saya untuk memudahkan saya dalam hal mengerjakan tugas kuliah saya. Nah, dari sanalah niat saya menulis 10 jari bermula. Dan berhubung saya dianugerahkan pemikiran orang modern, saya langsung bertanya kepada google.

Jadi, berdasarkan pengalaman saya belajar dari internet, saya berani jamin kepada anda bahwa semua tutorial itu ada benarnya, dan bahkan sangat benar. Namun yang saya simpulkan setelah saya bisa mengetik 10 jari adalah, anda hanya memerlukan niat dan praktek untuk mengetik 10 jari. Garis besar lainnya adalah, anda harus giat dan menjadikan kegiatan tersebut menjadi sesuatu yang saya sebut kebiasaan.

Berapa Lamakah saya belajar menulis?
Sebagai seorang yang bodoh, karena menerapkan semua tutorial yang saya dapat di google. Saya baru bisa mengetik 10 jari dalam jangka waktu setidaknya satu tahun. Namun berdasarkan pengalaman saya tersebut, saya bisa mengatakan kepada anda, "seharusnya saya bisa lebih cepat dari itu".

Apakah penting mengetik 10 Jari?
Saya tidak akan mengatakan itu penting, saya hanya akan mengatakan bahwa "menulis cepat adalah penting". Jadi kesimpulan saya, anda boleh dan bisa saja menulis 2 jari atau 4 jari asalkan anda melakukannya dengan cepat. Bahkan saya sendiri mengetik dengan 8 jari.

Mengapa saya mengetik dengan 8 jari?
Yang membuat saya mengetik dengan 8 jari adalah kebiasaan. Itu yang dari tadi saya katakan di atas. Kebiasaan macam apakah itu?

Pertama: ketika saya belajar mengetik, kuku jari telunjuk kanan saya terlalu panjang (kebiasaan yang harus anda jauhi), otomatis saya tidak bisa menggunakan jari tersebut untuk menulis. Pelajaran yang bisa anda dapat di sini adalah, manfaat buruk memanjangkan kuku? Anda tidak akan bisa mengetik 10 jari.

Kedua: Ketika saya belajar mengetik, saya tidak pernah menggunakan jempol jari kiri saya. Alasannya sederhana, tidak ada tombol yang mudah dijangkau oleh jari jempol tangan kiri. Kenapa? karena jika saya fokuskan jari tersebut untuk menekan tombol SPASI dan ALT, maka jari jempol tangan kanan saya tidak akan punya fungsi, itu akan sama saja pada akhirnya. Jadi, tetap saja satu jempol tidak akan bisa saya fungsikan. Saya berani menjamin bahwa banyak orang yang mengetik 10 jari tidak menggunakan salah satu jempol dari tangan mereka. Saya sudah banyak menemukan fakta tersebut dari teman-teman saya. Dan saya rasa, pada akhirnya artikel ini harus saya ganti judul lagi menjadi: CARA MENGETIK 9 JARI.

Apapun itu, sekarang mari kita masuk ke poin penting yang (mungkin) harus kita ketahui.

POIN Penting Mengetik 10 Jari
  1. Selain niat yang kuat, anda juga harus berani membiasakan diri untuk mengetik 10 Jari. Paksakan diri sedikit untuk tidak hanya menggunakan dua jari.
  2. Jangan terlalu menuntut diri untuk mengetik 10 jari, tapi ajari tangan anda untuk mengetik dengan cepat. Namun jangan sampai dengan 2 jari, karena dengan menggunakan 2 jari kecepatan tangan lain tidak optimal, dan itu bisa membuktikan bahwa dengan mengetik 10 jari kecepatan menulis anda lebih terjamin, karena semua jari berfungsi untuk mengejar kecepatan.
  3. Jangan jadi seperti saya, yang hanya mengetik dengan 8 jari (walaupun saya sangat bangga dengan hal ini). Saya harap keunikan ini tidak menjadi inspirasi anda dalam mulai belajar mengetik.
  4. Biasakan menaruh telunjuk kiri anda pada huruf F dan telunjuk kanan anda pada huruf J ketika sedang menulis. Jika anda biasakan hal ini, maka suatu saat anda tidak akan perlu lagi melihat ketika mengetik, karena pada huruf F dan Huruf J ada sebuah tanda seperti tanda strep bawah ( _ ), silahkan periksa laptop anda.
  5. Sesuaikan warna kuku dengan warna tombol seperti gambar di bawah ini untuk mengoptimalkan jari tangan anda:
"Cara mengetik 10 jari"
Gambar dari: sulaidihasibuan.com

Kita yang harus anda lakukan adalah:
  • Hari pertama, mulailah mengetik setidaknya satu lembar halaman. Anda bisa menggunakan tulisan apa saja (jangan memberatkan diri). Lakukan hal tersebut sampai satu minggu dengan  mengetik lembar tulisan yang berbeda-beda.
  • Kemudian minggu selanjutnya tambahkan jumlah lembar tulisan anda menjadi 2 halaman, lakukan sampai tangan anda merasa ringan dalam mengetik.
  • Kemudian jika anda sudah merasa terbiasa, tambahkan lagi jumlah lembar halamannya, selanjutnya, dan selanjutnya.
  • Titik beratnya adalah Kebiasaan.
  • Selanjutnya saya serahkan kepada anda dalam menerapkannya.
  • Selesai.

Post a Comment

  1. saya dulu pernah pakai aplikasi untuk belajar ketik 10 jari. Jadi belajar lebih cepat gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga pernah belajar disana gan, kemudian bukan lagi menjadi ajang belajar, malah menjadi ajang mainan saya sama kawan2 saya. tapi rekomendasi agan keren, salut saya, thanks untuk masukannya...

      Delete
  2. Saya sih dulu pas di TK sudah diajarkan mengetik dengan 10 jari

    ReplyDelete
  3. mantab gan saya mau belajar mengetik cepat ini hhe

    ReplyDelete
  4. wah bagus juga nih bisa buat artiker dengan cepat :D thanks infonya

    ReplyDelete
  5. Betul mas dengan 10 jari jarang bisa dilakukan karena itu perlu disyukuri.

    ReplyDelete
  6. wah mesti lebih banyak latihan lagi nih biar bisa mengetik 10 jari.. makasih tipsnya gan (y)

    ReplyDelete
  7. Haduuh.. Berarti saya amatiran... Saya cuma bisa dengan 11 jari.. Telunjuk sama telunjuk. HahaHaha :>)

    ReplyDelete
  8. kelihatannya mudah tapi pas dicoba x_x susah banget, thx artikelnya bro (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, itu semua tentang keyakinan dan kebiasaan (y)

      Delete
  9. Wah jadi pengen menguasai teknik ini gan ,nulis pasti jadi super cepat.thinkyou :)

    ReplyDelete
  10. lama juga ya belajar mengetik 10 jari, sampe 10 tahun,
    mending pake 1 jari, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan 10 tahun, tapi sepuluh jari ndan :D

      Delete
  11. informasinya sgat berguna gan.
    triknya sgat lengkap dan jelas..
    nice info gan..

    ReplyDelete
  12. Infonya bermanfaat sampai sekarang Saya malah belum menerapkan 10 jari. ijin Bookmark dulu

    ReplyDelete
  13. Ane aja yang pake 2 jari udah cepetnya minta ampun apa lagi 10 jari

    ReplyDelete
  14. Terima kasih mas, dulu saya belajar mengetik 10 jari cuma 2 minggu , sudah lancar ,
    Sekarang saya dapat menulis tanpa melihat keyboard , kadang nulis sambil merem juga bisa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dalam gelap pun lancar asal nyalain lilin :D

      Delete
  15. Infonya sangat bermanfaat gan, btw saya udah bisa 10 jari hehe

    ReplyDelete
  16. Pernah juga belajar ngetik 10 jari tapi ngetik beberapa jari saja sudah dibilang kaya ngetiknya cepet, tp tetep penasaran gmn caranya supaya bisa ngetik 10jari. Nice Share!

    ReplyDelete
  17. gan aplikasi buat belajar ngetik 10 jari apaan dah ya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak ndan, silahkan gunakan search google saja :) banyak

      Delete
  18. nice share gan. ane mah 11 jari aja.. haha

    Mari saling mengunjungi Blog..

    --> www.catatantraveling.web.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap mas, tunggu saya di blog kesayangan mas (y)

      Delete
  19. wah bagus banget gan artikel tentang rahasia mengetik 10 jari. semoga banyak manfaat untuk yang lainnya

    ReplyDelete
  20. kalau di sekolahan saya anak tkj harus bisa ngetik 10 jari nih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kalau semua sekolah semacam itu, pasti maju dah negeri ini :D

      Delete
  21. Thanks gan, ane mulai belajar ngetik 10jari nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap, semoga artikel ini bisa sedikit membantu :)

      Delete
  22. Kalau letak posisi huruf-hurufnya sih hafal tapi gak bisa mainkan dengan sepuluh jari. semoga nih artikel bisa membantu :)

    ReplyDelete
  23. Y setuju 10 jari belum tentu semua bekerja seperi jelpol-kan y mungkin karena di bilang orang 10 jari pertamanya, jadi kebiasan orang bilng begitu...

    ReplyDelete
  24. ane make aplikasi tux typing buat di Linux gan, jadi lebih enak belajar ngetik 10 jari

    ReplyDelete
  25. Saya malah blm bisa ngetik 10 jari gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua itu bergantung pada kebiasaan, jadi biasakan menulis 10 jari, jika memang berkeinginan :)

      Delete
  26. ane mah biasaya 11 jari gan , btw thx infonya :D

    ReplyDelete
  27. masih 6 jari nih gan . huahaha. gatau pokoknya acak aja ngetiknya.. btw akan saya coba latih lagi . :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap mas, kunci besarnya memang pada kebiasaan dan keinginan (y)

      Delete
  28. thanks infonya gan hahaha jadi inget dulu ngetik cuman pake 1 jari kwkw

    ReplyDelete
  29. kalo ane knp yah pasti jari kelinkingnya yg gk mw aktif :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah di biasakan mungkin, dan saya pun tidak bisa menggunakan jari telunjuk kanan, karena memang sudah tidak bisa (dan tidak ingin) saya biasakan lagi :D

      Delete
  30. mantapgan infonya tapi kalo saya pake 10 jari enggak bisa gan jari saya besar-besar nice info gan

    ReplyDelete
  31. Ohh begitu ya hehe :-), tapi sayangnya aku masih 6 jari :-(

    ReplyDelete
  32. sangat bermanfaat.. sy ngetik sudah pakai 10 jari.. :D

    ReplyDelete
  33. waw makasih infonya om. sanat membantu

    ReplyDelete
  34. Banyak Juga Rahasianya Gan , THanks It

    ReplyDelete
    Replies
    1. simple-nya cuma terletak pada keinginan dan kebiasaan...

      Delete
  35. ane belajar bginian wktu smk ,,. sekarang uda agak terbiasa.. emang btuh jam terbang,,. hehe

    ReplyDelete
  36. intinya butuh kebiasaan, saya aja tiap hari ngelayanin rental pengetikan jadi tutup mata aja udah hafal hurufnya

    ReplyDelete
  37. saya sudah ada perkembangan dengan menerapkan cara yang agan kasih . alhamdulillah

    ReplyDelete
  38. keren gan..
    Blognya selalu update..
    Tutorialnya menarik juga nih..
    ijin bookmark dulu ya

    ReplyDelete
  39. saya semua jari saya gunakan untuk mengetik ,, entah kenapa tangan saya hebatan ngetik daripada menulis disaat belajar --"

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua itu hanya tentang kebiasaan dan keinginan :D

      Delete
  40. Agak sulit mungkin karena ane tidak terbiasa

    ReplyDelete
  41. Replies
    1. biasain aja, awalnya emang gitu... #keepSpirit jangan cepat nyerah :D

      Delete
  42. kelingking susah gan T_T meleset mulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti yang sering saya katakan, kebiasaan adalah kuncinya, jadi cobalah untuk di biasakan...
      Karena pun tidak ada yang lebih mudah dari kebiasaan :)

      Delete
  43. ya gan...dah lama ane gak latih tangan dengan sepuluh jari tapi karena ane blogger juga mesti ngerasain nih makasih infonya

    ReplyDelete
  44. saya cuma bisa pake 11 jari. haha.

    ReplyDelete
  45. Asal Jangan Mengetik pakai sarung tinju aj :D
    bener gan,saya juga juma menggunakan 9 Jari... Jempol kiri gak berfungsi... diambil alih sama jempol kanan... dari pada berantem tuh jempol. kadang gantian :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. akhirnya ada juga yang satu kegilaan :D

      Delete
  46. ga pernah ngitung berapa jari , kayaknya sih 6-8 . kalau ane mah 10 jari belakangan pokoknya cepet gitu aja :D
    #KunjunganPartner

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya intinya memang cepat, bukan 10 atau 20 Jari :D

      Delete
  47. nice info selama ini cuma ngetik dengan 6 jari ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok bisa? bagaimana ceritanya tuh "mengetik 6 jari" ? :D

      Delete
  48. perlu dibiasakan mas., hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang itulah rahasia besarnya (o)

      Delete

loading...
 
Top