Dalam membangun rumah hunian, pemilihan cat dinding akan sangat menentukan keindahan interior ruangan maupun tampilan luar bangunan. Pemilihan cat rumah ternyata tidak sesederhana yang Anda bayangkan yaitu sekedar mengambil beberapa varian warna. Anda perlu mengerti tentang kualitas bahan yang digunakan dalam cat tersebut dan keunggulan lainnya. Hal itu akan berpengaruh pada daya tahan cat dan hasilnya. Asian Paints memberikan banyak variasi warna cat dengan kualitas unggulan yang dapat diandalkan.

"Tips Memilih Cat Rumah yang Tepat"

Trik  Memilih Cat Rumah dengan Mudah

Langkah pertama Anda memulai pencarian cat tembok bisa diawali dengan berkunjung ke website Asian Paint dengan mengakses asianpaints.co.id. Beberapa faktor  perlu masuk dalam pertimbangan sebelum membeli pewarna dinding diantaranya adalah menyesuaikan warna dengan tipe ruangan, menyerasikan dengan furniture sekitarnya, dan perpaduan warna yang serasi. Jika Anda baru pertama kali ingin membeli cat rumah, silahkan simak penjelasan setiap poinnya berikut ini.

1. Uji pada area kecil
Kadang kala warna yang Anda anggap bagus belum tentu cocok untuk diaplikasikan pada tembok hunian. Untuk mendapatkan keyakinan lebih, lakukan uji kecil-kecilan terlebih dahulu yaitu mencobanya pada ruangan dengan kategori kecil seperti kamar mandi, dinding yang akan diberi tambahan wallpaper, ataupun lorong. Pada intinya cat ini berfungsi untuk mempercantik dinding, jadi sebaiknya  berwarna dasar senada dengan hiasan dalam ruang tersebut. 

2. Sesuaikan dengan Fungsi Ruangan
Bayangkan suasana yang tepat untuk setiap ruangan dengan melihat fungsinya. Misalkan kondisi kamar istirahat tentu saja harus dibuat berbeda dengan ruang tamu. Cat rumah yang dapat menampilkan mood nyaman yaitu warna-warna kalem & lembut lebih baik dipilih untuk kamar tidur. Apabila Anda menginginkan ruangan terlihat lebih hangat, pilih cat dari Asian Paints dengan varian warna biru, hijau tua, dan warna netral.

3. Lihat Penerangan yang ada di Ruangan
Salah satu hal penting yang wajib diketahui saat memilih cat dinding terutama interior yaitu tata cahaya di dalam rumah. Berbeda dengan area eksterior yang langsung disinari cahaya matahari, suasana indoor akan terkena cahaya lebih sedikit dari luar. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam memilih cat rumah agar ruangan tidak nampak lebih gelap dari kondisi sebelum dicat. Perhatikan pula tatanan pencahayaan di malam hari seperti jenis lampu yang akan digunakan berasal dari lampu pendar atau pijar. Jadi, Anda harus benar-benar teliti melihat pengetesan warna di toko cat untuk mengetahui warna aslinya.

4. Mengenal Arti Setiap Warna Cat
Apabila Anda sudah mengenal setiap varian warna akan memudahkan pemilihan cat tembok. Ada terminologi untuk mempelajarinya yaitu untuk mengenali kecerahan & kegelapan warna. Lalu, bertanyalah pada diri sendiri atau anggota keluarga ingin menciptakan gradasi atau tidak. Menonjolkan satu warna maupun kombinasi beragam warna sama-sama akan mempercantik dinding tergantung pada selera dan kebutuhan masing-masing pemilik rumah.

Selain keempat tips yang sudah disebutkan, Anda bisa menambah kepercayaan diri dalam memilih warna cat rumah dengan menentukan tema desain. Hal itu akan membuat Anda lebih fokus terhadap warna-warna yang sesuai saja sehingga tidak perlu menganalisis semua warna untuk mencari yang cocok. Pertimbangkan paduan warna monokrom dan finishing cat berbeda. Kualitas yang ditawarkan produsen di setiap kaleng catnya bisa mempengaruhi hasil akhir desain sebuah rumah. Asian Paints akan menunjukkan pada Anda jenis-jenis cat sesuai dengan tekstur bidang yang akan diwarnai.

Post A Comment:

0 comments: