Properti merupakan salah satu investasi yang nilainya tidak akan pernah turun sampai kapapun. Selama kebutuhan akan tempat tinggal masih menjadi kebutuhan utama bagi manusia, maka selama itu jugalah bisnis properti akan selalu ada.

Malah dari tahun ke tahun harga properti di seluruh wilayah di Indonesia kian meningkat dengan permintaan yang juga tak kalah banyaknya. Hal ini yang kemudian mendorong banyaknya masyarakat memilih berbisnis properti sebagai sumber penghasilannya.

Namun, dalam memulai bisnis properti kita terkadang dihadapkan dengan satu masalah, yaitu modal yang besar. Banyak orang merasa sulit untuk melakukan bisnis ini karena alasan keterbatasan modal yang ia miliki.

Cara Bisnis Properti Secara Mudah dan Menguntungkan
Cara Bisnis Properti Secara Mudah dan Menguntungkan

Lantas, apakah bisnis property hanya ditujukan untuk orang-orang yang memiliki modal besar saja?Bisakah para pemain baru bisnis property yang memiliki modal sedikit berkembang dalam menjalankan bisnis ini?

Untuk itu saya akan memberikan beberapa cara bisnis properti secara mudah dan menguntungkan untuk pemula, yang dapat Anda terapkan sebagai langkah awal dalam memulai bisnis tersebut.

1. Menjadi makelar properti

Menjadi makelar properti
Menjadi makelar properti

Jangan remehkan pekerjaan sebagai makelar, apabila Anda lihai dalam melakukan marketing properti yang Anda jual, maka untung besar akan menanti Anda.

Modal pertama yang Anda butuhkan untuk menjadi makelar properti adalah kemampuan komunikasi yang baik. Asah kemampuan komunikasi Anda sampai pada level Anda dapat mempengaruhi pilihan orang lain dengan hanya berbicara.

Jangan lupa juga untuk bekali diri Anda dengan pengetahuan tentang properti sebanyak mungkin, agar dalam melakukan pemasaran kepada calon pembeli Anda terlihat profesional dan meyakinkan. Ketika kemampuan ini sudah Anda kuasai, mulailah tahap awal Anda sebagai makelar properti dengan mencari info mengenai properti yang dijual sebanyak-banyaknya.

Pada tahap awal, utamakan dulu properti-properti yang ada di sekitar Anda dan belum diiklankan. Gali informasi mengenai properti yang sedang dijual dari keluarga, teman, dan orang terdekat lainnya. Hal ini dimaksudkan agar Anda tidak sulit untuk membangun kepercayaan dengan calon penjual, dan Anda dapat dengan mudah mendapatkan segala informasi yang dibutuhkan untuk memasarkan properti tersebut.

Setelah mengetahui informasi tersebut, mulailah menghubungi si pemilik properti untuk menjalin kerjasama. Tawarkan jasa agen makelar properti Anda kepada si pemilik rumah tersebut.

Apabila penawaran Anda disetujui, pasarkan properti tersebut melalui iklan di koran atau banner. Bila Anda tidak memiliki modal yang cukup melakukan hal tersebut, buatlah iklan di internet melalui media sosial dan situs jual-beli properti.

Salah situs jual-beli properti yang dapat Anda gunakan adalah 99.co/id. Sebagai situs jual-beli properti dengan pengguna terbanyak di Indonesia, 99.co/id dapat membantu Anda memasarkan secara tepat properti yang Anda jual.

Jangan lupa juga untuk cantumkan nama Anda sebagai kontak person di iklan tersebut. Jangan langsung menghubungkan pembeli dengan penjual, karena nanti Anda tidak akan bisa mengambil keuntungan sebagai makelar properti tersebut.

2. Bergabung dengan agen properti resmi

agen properti resmi
agen properti resmi

Jika Anda merasa sulit untuk mencari sendiri properti yang akan Anda pasarkan, bergabunglah dengan agen properti resmi yang ada di Indonesia.

Keuntungan dari bergabung menjadi agen properti adalah Anda akan memperoleh pelatihan untuk menjadi agen properti yang profesional.

Selain itu, Anda akan memperoleh info terbaru mengenai properti yang bisa dijual beserta dengan potential client yang dapat Anda tawarkan perihal properti yang sedang Anda jual.

Selain itu, banyak masyarakat yang memanfaatkan jasa agen properti untuk memasarkan rumahnya, sehingga Anda hanya perlu mencari pembeli atas rumah tersebut.

Meski demikian, dalam beberapa kasus Anda harus secara mandiri mencari calon penjual yang akan menggunakan jasa Anda beserta calon pembelinya.

Bukan Cuma itu, Anda juga bisa memperoleh komisi dari setiap properti yang Anda jual. Meski komisi tersebut akan dipotong oleh pihak kantor, namun rasanya lumayan sebagai permulaan dan lahan belajar untuk Anda memulai bisnis properti sendiri di masa depan.

3. Berbisnis Homestay/Rumah Kost

bisnis Rumah Kost
bisnis Rumah Kost

Cara bisnis properti yang satu ini mungkin bisa dibilang gampang-gampang susah. Pasalnya, tidak perlu uang banyak dalam melakukan hal ini, yang harus Anda lakukan adalah mencari lokasi properti yang strategis dan juga memasarkannya.

Jika Anda memiliki rumah yang tidak terpakai, atau dalam kondisi yang tidak terawat, ada baiknya Anda menjadikan rumah tersebut sebagai homestay untuk para wisatawan, atau rumah kost untuk pelajar dan mahasiswa.

Bahkan, apabila Anda tidak memiliki sebuah rumah kosong, Anda dapat memanfaatkan kamar-kamar kosong yang ada di rumah Anda untuk disewakan sebagai homestay atau kost-kost-an.

Jangan khawatir, bila Anda tidak memiliki rumah dan juga kamar untuk disewakan, Anda dapat mencari kerabat, teman, atau saudara Anda yang memiliki rumah kosong dan tidak terawat untuk Anda kelola menjadi sebuah homestay atau rumah kost.

Dengan modal yang minim, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari hasil menyewa rumah tersebut, bukan?

Namun, pastikan rumah yang akan Anda jadikan homestay atau rumah kost tersebut berada di kawasan strategis seperti kawasan bisnis/industri atau kawasan pendidikan.

Karena apabila rumah tersebut jauh dari tempat-tempat strategis, maka akan sangat sulit untuk mencari calon penyewa rumah Anda tersebut.

4. Meminjam uang

pinjaman untuk bisnis properti
pinjaman untuk bisnis properti

Cara bisnis properti terakhir yang saya akan sampaikan mungkin menjadi cara yang paling terakhir yang harus Anda lakukan dalam melakukan bisnis apapun, tidak terkecuali properti.

Sebagai peminjam uang tentu Anda berkewajiban untuk mengembalikan uang tersebut sesuai dengan kesepakatan yang Anda. Namun, dalam menjalankan bisnis, Anda harus sadar bahwa adanya risiko kegagalan yang mungkin Anda alami di masa depan. Untuk itu, apabila Anda ingin mencoba cara yang satu ini, pastikan Anda telah memperhitungkan matang-matang tentang bisnis yang Anda kerjakan, dan pastikan semuanya akan berjalan dengan baik sesuai rencana Anda.

Cara yang paling aman untuk meminjam uang tentu melalui keluarga atau orang-orang terdekat Anda, karena biasanya orang-orang terdekat memiliki kepercayaan yang lebih tinggi terhadap Anda. Anda juga bisa bernegosiasi dengan lebih gampang terkait persenan pengembalian uang apabila bisnis ini telah selesai.

Apabila Anda tidak memiliki rekanan atau orang terdekat yang bisa meminjamkan Anda sejumlah uang, maka cara terakhir adalah dengan mengajukan kredit ke bank seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Dengan KTA, Anda bisa memperoleh pinjaman dana cukup besar dan proses pencairannya cukup cepat. Anda bisa memperoleh hingga Rp 500 juta tergantung pada riwayat kredit Anda. Namun ingatlah untuk menghitung untung ruginya dengan mencari suku bunga yang masuk akal. Dengan demikian Anda masih bisa memperoleh keuntungan.

Itu tadi empat cara bisnis properti yang bisa Anda terapkan untuk memulai bisnis Anda. Ingat bahwa segala cara di atas hanya bisa berjalan dengan baik apabila Anda terus berusaha dan tidak pernah menyerah dalam menjalankan bisnis Anda. Selalu perhitungkan segala langkah yang Anda ambil untuk menjamin kelancaran bisnis Anda. Selamat berbisnis properti!
Loading...

Post A Comment:

1 comments: