Cara Cek Tagihan dan Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan Online dengan Mudah

Cara mengecek tagihan BPJS Kesehatan juga bisa dilakukan melalui layanan SMS. Cara layanan SMS Gateway ini akan bisa memudahkan anda serta ....
Semua masyarakat di Indonesia tentunya akan sangat familiar dengan yang namanya BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial). Karena memang layanan kesehatan yang secara resmi dikeluarkan oleh pemerintah beberapa tahun yang lalu ini terbilang cukup populer dan banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan layanan kesehatan yang diberikan oleh BPJS menggunakan tarif yang jauh lebih murah dibandingkan dengan asuransi kesehatan yang dikeluarkan oleh perusahaan swasta.

Cara Cek Tagihan dan Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan Online dengan Mudah


Selain itu, pemerintah yang merupakan pihak penyelenggara program ini benar-benar memperhatikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses layanan yang diberikan oleh BPJS tersebut. Tentunya hal ini dilakukan supaya masyarakat bisa mendapatkan layanan kesehatan dengan biaya yang terjangkau serta prosesnya lebih cepat.

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan

Lalu bagaimana cara mengecek tagihan BPJS Kesehatan itu? Untuk itu mari kita simak ulasan berikut ini:

1. Melakukan Pengecekan Melalui Website Resmi BPJS

Ini merupakan cara mengecek tagihan BPJS Kesehatan online yang bisa anda lakukan dengan mudah dan cepat. Dalam hal ini anda cukup mengklik situs resmi BPJS Kesehatan, yaitu https:///bpjs-kesehatan.go.id. Untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkahnya:
  • Pertama klik menu “Cek Iuran BPJS Kesehatan” pada halaman utama sebelah kiri.
  • Setelah itu akan muncul halaman baru, disana anda akan diminta untuk mengisi 2 kolom yang terdiri dari Nomor Kartu dan Tanggal lahir anda sebagai pemegang kartu BPJS Kesehatan tersebut.
  • Kemudian setelah itu, anda harus memasukkan angka validasi yang tertera disana. Lalu klik “Cek”. Secara otomatis rincian pembayaran anda akan muncul pada layar. Rincian tersebut meliputi pembayaran yang sudah dilakukan dan tagihan yang belum dibayarkan.

2. Melakukan Pengecekan Melalui SMS Gateway

Cara mengecek tagihan BPJS Kesehatan juga bisa dilakukan melalui layanan SMS. Cara layanan SMS Gateway ini akan bisa memudahkan anda serta pengguna BPJS Kesehatan lainnya yang tidak atau jarang menggunakan layanan internet dalam kesehariannya. Layanan SMS Gateway ini bisa anda akses melalui jaringan seluler di nomor 08777-5500-400.

Dengan mengakses nomor tersebut, anda bisa mengetahui berbagai informasi mengenai layanan BPJS Kesehatan, termasuk jumlah tagihan yang anda bayarkan serta jumlah denda yang dikenakan jika anda melakukan penunggakan pada bulan-bulan sebelumnya. Perlu anda ketahui bahwa informasi mengenai tagihan anda tersebut bisa diakses dengan menggunakan salah satu kartu identitas diri anda, seperti Nomor Induk Pegawai, Nomor Kartu BPJS Kesehatan (NOKA), atau Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang anda miliki. Dalam hal ini, gunakan salah satu kartu identitas diri anda tersebut guna mengetahui jumlah tagihan iuran bulanan BPJS Kesehatan anda. Adapun caranya sebagai berikut:

Misalnya anda menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK)
Tagihan <spasi> Nomor Induk Kependudukan
Contoh: Tagihan 459877322990912, lalu kirim ke 08777 5500 400.

Melakukan Pengecekan Melalui Aplikasi Mobile JKN
Caranya adalah sebagai berikut:
  • Pertama unduh dan instal aplikasi mobile JKN di Google Play Store atau App Store dengan menggunakan smartphone anda
  • Lalu registrasi untuk membuat akun.
  • Lalu masuk ke akun mobile JKN anda.
  • Setelah itu pilih menu Tagihan, lalu premi.
  • Kemudian muncul informasi tagihan dan pembayaran iuran BPJS Kesehatan.
3. Melalui Channel Lain

Selain cara-cara yang di atas, anda juga bisa mengecek tagihan iuran BPJS Kesehatan lewat situs Blibli.com, atau Care Center di nomor telepon 1500 400, layanan BPJS Kesehatan Mobile Customer Service (MCS), dan di Mal Pelayanan Publik (MPP) yang sudah ada di DKI Jakarta, Bekasi, Denpasar, Banyuwangi, Surabaya, dan Batam.
© Sepenuhnya. All rights reserved.