Hal-Hal yang Perlu Anda Pertimbangkan Saat Membuat Blog

Untuk menjadi seorang blogger yang sukses, anda tidak perlu ahli dalam topik (di dalam dunia blog sering disebut niche) yang anda bicarakan .....
Ada satu hal yang sangat sering dipikirkan oleh pemula dalam mempertimbangkan untuk membuat blog, yaitu mereka mengira bahwa mereka harus menjadi penulis hebat dulu, baru bisa memiliki blog.

Itu tidak sepenuhnya benar, karena kenyataannya, orang-orang membaca blog untuk mendapatkan perspektif pribadi tentang berbagai hal dari berbagai pendapat, sehingga sebagian besar blogger menulis dengan gaya yang sangat informal.

Untuk menjadi seorang blogger yang sukses, anda tidak perlu ahli dalam topik (di dalam dunia blog sering disebut niche) yang anda bicarakan.

Keahlian memang memiliki nilai tambah tersendiri, namun bukan sebuah keharusan. Pembaca blog adalah orang-orang yang ingin mengetahui pengalaman anda, hal-hal yang anda lakukan dan juga kesalahan anda, sehingga mereka bisa belajar dari sana.

Hal-hal yang Perlu Anda Pertimbangkan Saat Membuat Blog

Dan memang, saat mempertimbangkan untuk membangun sebuah blog, tidak butuh waktu lama untuk mengetahui bahwa ada banyak pertimbangan di sana. Anda harus memutuskan nama untuk blog, jenis hosting, belum lagi segala macam mengenai tata cara mengelola blog.

Jika anda adalah orang yang ingin memulai atau baru saja menjalankan sebuah blog, halaman ini akan sedikit membantu anda untuk mengarahkan anda pada hal-hal yang seharusnya anda lakukan.

Hal-Hal yang Perlu Anda Pertimbangkan Saat Membuat Blog

1. Memilih Nama untuk Blog

Sebelum anda memutuskan sebuah nama untuk blog anda, sebaiknya anda pertimbangkan dahulu topik untuk blog anda. Jika anda memilih nama blog yang berlawanan dengan topik yang anda bicarakan, ini akan sangat membingungkan pembaca. Jadi, anda harus mempertimbangkan ini dengan baik.

Nama blog yang baik haruslah deskriptif, sehingga pembaca bisa langsung mengetahui apa yang anda bicarakan hanya dengan melihat nama blog anda. Anda harus mempertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan pilihan nama blog, memilih, mencari, menemukan dan membeli domain murah Indonesia.

Jika nama blog yang anda inginkan sudah ada, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan:
  • Gunakan ekstensi domain lain. Jika versi .com sudah terdaftar, anda masih bisa menggunakan versi .net atau .org untuk nama blog anda.
  • Anda tidak bisa menggunakan spasi, jadi silahkan tambahkan tanda hubung untuk memisahkan kata-kata di dalam nama blog.

2. Memilih Web Hosting

Web Hosting adalah tempat menyimpan semua file untuk blog anda dan mengirimkannya kepada pembaca saat mereka membaca blog anda. Tentu kita berharap bisa menemukan penawaran terbaik, semisal tempat beli hosting murah.

Setelah memilih nama blog, inilah saatnya untuk membuat blog anda online. Memilih Hosting gratis di Blogger atau di WordPress atau di platform lainnya bukanlah pilihan yang bijaksana. Kita tidak bisa bergantung pada mereka, mereka bisa saja menghapus file (dokumen) kita kapan saja semau mereka.

Setelah menulis dan membagikan banyak hal, namun dihilangkan dalam sekejap (atau juga sering disebut dibanned) ini sering dialami oleh blogger terdahulu. Anda harus mempertimbangkan ini dengan baik jika tidak ingin mengalaminya.

Untuk memilih Web Hosting, anda harus mempertimbangkan fitur, kecepatan, keamanan data, dan rekam jejak pengalaman mereka.

3. Memilih Desain atau Tampilan Blog

Anda bisa memilih Desain atau Tampilan Blog (di dunia blog lebih populer dengan sebutan Template atau Tema) gratis yang semakin hari semakin banyak menyebar. Tapi sekali lagi, memilih yang gratis selalu ada konsekuensi tersendiri.

Ada banyak Template Premium yang bisa anda pilih dengan kualitas dan harga yang beragam. Perihal fitur dan responsif harus anda pertimbangkan dengan baik di sini, karena ini juga akan mempengaruhi nilai profesional blog anda.

4. Menyiapkan Halaman Penting

Sebelum membuat dan membagikan postingan pertama dan selanjutnya, ada beberapa halaman yang harus anda persiapkan. Halaman tersebut adalah Halaman About, Halaman Privacy Policy, Halaman Disclaimer, Halaman Kontak, dan Halaman Sitemap.
  • Halaman About merupakan halaman yang perlu anda isi dengan visi keberadaan blog anda, memperkenalkan identitas pengelola blog, sejarah asal mula blog dibangun, dan hal-hal semacam itu.
  • Halaman Privacy Policy merupakan halaman yang perlu anda isi dengan kebijakan (atau tata tertib) yang harus dilakukan oleh pengunjung saat membaca (atau mengunjungi) blog anda.
  • Halaman Disclaimer merupakan halaman yang perlu anda isi dengan pernyataan (penyangkalan) tentang tanggung jawab anda sebagai pemilik blog.
  • Halaman Kontak merupakan halaman yang perlu anda isi dengan kontak yang bisa dihubungi oleh pengunjung. Bisa berupa nomor telepon, email, dan lain segala macam.
  • Halaman Sitemap merupakan halaman yang juga cocok disebut Daftar Isi Blog (untuk Mesin Pencarian dan juga untuk pengunjung).

Dengan menyiapkan 4 hal di atas, itu artinya blog anda sudah siap dijalankan. Hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah membagikan postingan pertama. Setelah memutuskan untuk membuat blog, tentu saja anda sudah memiliki hal-hal yang ingin anda bagikan, bukan? Selamat menikmati aktivitas di dunia blog!

Anda tidak perlu khawatir apakah orang-orang akan menyukai tulisan anda atau tidak, karena setiap tulisan memiliki pasar pembacanya sendiri-sendiri.
© Sepenuhnya. All rights reserved.