Cegah Luka Operasi Lama Sembuh dengan Menghindari Beberapa Hal Berikut
Jika mau menjalani aktivitas secara normal setelah operasi, maka Anda perlu menunggu terlebih dahulu. Sebab, dibutuhkan proses pemulihan sampai luka bekas operasi bisa benar-benar sembuh dan tidak menimbulkan dampak panjang di kemudian hari. Selain itu, diperlukan obat-obatan yang bisa membantu mengatasi luka bekas operasi disamping obat hidung mampet dan hidung meler saat pasien menderita flu dengan beli di sini (goapotik). Seorang pasien juga perlu menghindari beberapa makanan yang berpotensi menghambat proses pemulihannya pasca menjalani operasi.

Cegah Luka Operasi Lama Sembuh dengan Menghindari Beberapa Hal Berikut

Apa sajakah hal tersebut? Berikut ini beberapa di antaranya.

Susu dan Olahannya
Selama ini kita mungkin mengenal susu sebagai salah satu minuman yang kaya manfaat bagi tubuh manusia. Ya, susu memang mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh kita seperti kalsium, protein hingga lemak. Konsumsi susu bahkan wajib untuk diberikan kepada anak-anak agar proses tumbuh kembangnya bisa terjaga. Tapi, jika Anda baru saja menjalani operasi, maka sebaiknya hindari terlebih dahulu konsumsi susu berikut olahannya.

Konsumsi susu dan olahannya perlu diwaspadai saat baru selesai operasi karena bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya sembelit. Sembelit bisa menghambat proses Anda saat mengejan ketika ingin melakukan buang air besar. Ketika Anda dipaksa untuk mengejan terlalu kuat, maka hal tersebut akan berdampak pada robeknya luka pasca operasi. Untuk mencegah sembelit, maka hindari susu atau imbangi dengan konsumsi sayuran yang bisa mencegah sembelit.

Minuman Berkarbonasi
Saat pesta atau berkumpul bersama, minuman berkarbonasi mungkin bisa menjadi minuman yang tepat. Rasanya yang menyegarkan dan manis menjadi alasan mengapa minuman yang satu ini disukai banyak orang. Meskipun demikian, minuman berkarbonasi bukanlah minuman yang bagus untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak. Terlebih bagi Anda yang baru melakukan operasi, minuman berkarbonasi bahkan jadi salah satu minuman yang perlu dihindari.

Salah satu alasan mengapa minuman berkarbonasi dilarang yakni karena kadar gula yang cukup tinggi. Minuman berkarbonasi dapat memicu meningkatnya kadar gula dalam darah yang berujung pada semakin lamanya proses pengeringan luka. Selain itu, minuman berkarbonasi juga mengandung kafein yang bisa menghambat proses penyerapan nutrisi setelah operasi. Jadi, hindari minuman berkarbonasi setelah operasi agar luka bekas operasi bisa lebih cepat sembuh.

Post A Comment:

0 comments: