Budaya Jerman - Apa sih yang unik dari budaya Jerman? Budaya Jerman meliputi filsafat, musik, sastra, film, seni, bahasa, arsitektur, masakan, desain, olahraga, agama, dan kebiasaan orang Jerman.

Budaya Jerman yang Harus DiPahami

Wawasan tentang budaya Jerman sangat penting  untuk menambah pengetahuan kamu dan akan bermanfaat untuk kamu terutama jika kamu akan pergi ke Jerman.

Memahami budaya Jerman dapat menghindarkan kamu dari miskomunikasi dan kesalahpahaman yang sering terjadi ketika pendatang baru melakukan kontak dengan budaya baru.

6 Budaya Jerman yang Harus Kamu Pahami Agar Tidak Mengalami Culture Shock

Selain itu, bagi kamu yang ingin kuliah di Jerman, menambah wawasan kamu terhadap budaya Jerman dapat meminimalisir terjadinya culture shock.

1. Salah Satu Prinsip Inti Kehidupan di Jerman Adalah Organisasi
Orang Jerman dikenal sangat terorganisir baik dalam kehidupan profesional dan pribadi mereka, serta dalam menjaga keseimbangan antara keduanya. Satu hal yang sering menarik perhatian para pengunjung asing yang berada di Jerman adalah aturan tentang jay-walk. Aturan ini sering diberlakukan secara ketat dan bisa mengakibatkan denda di tempat jika kamu menyeberang jalan di tempat lain selain di persimpangan pejalan kaki yang ditunjuk.

2. Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi Umumnya Terpisah
Orang Jerman cenderung memilah-milah kehidupan pribadi dan pekerjaan. Hal ini ditunjukkan di banyak daerah di Jerman. 

Misalnya, hubungan kerja dipisahkan dari hubungan sosial. Oleh karena itu, jika kamu diundang untuk makan malam atau pertemuan sosial dengan rekan kerja, sebaiknya kamu tidak menggunakan kesempatan itu untuk mendiskusikan bisnis.

3. Tepat Waktu
Orang-orang Jerman selalu menghargai waktu. Jika di AS waktu adalah uang, berbeda dengan di Jerman. Di Jerman orang diharapkan tepat waktu karena ini menunjukkan rasa hormat kepada orang lain.

Jika seseorang tidak bisa tepat waktu, maka mereka tidak dapat diandalkan.

Jika kamu diundang untuk makan, maka pastikan untuk datang tepat waktu. Ini karena ketepatan waktu menunjukkan rasa hormat dan organisir yang baik.

4. Rasa 'Tanggung Jawab' Merupakan Aspek Kunci Dari Budaya Jerman
Orang-orang Jerman menekankan rasa tanggung jawab pada setiap hal. Bahkan anak-anak sering diminta untuk 'mengambil tanggung jawab'. Jika ada yang tidak beres atau seseorang terlambat, akan ada banyak diskusi analitis tentang mengapa hal tersebut bisa terjadi.

5. Saling Menjaga Satu Sama Lain
Salah satu sifat terbaik dari orang-orang Jerman adalah mereka suka menjaga satu sama lain.

Contoh yang bisa kamu temukan di Jerman salah satunya yaitu barang yang hilang akan digantung di pohon. Jika kamu sedang berada di sebuah taman di Jerman atau berada di dekat pohon dan melihat sesuatu tergantung di cabang terendahnya, maka itu adalah benda yang hilang.

Menggantung sesuatu yang hilang di pohon dilakukan untuk memudahkan pemiliknya menemukan barangnya yang hilang.

6. Tidak ada area abu-abu di Jerman
Jerman adalah negara yang bersih dan tertib. Bagi siapa pun yang pindah ke Jerman, mereka harus tahu bahwa penekanan besar diberikan pada mematuhi 'aturan' dan ini dapat membuat Jerman tempat yang nyaman untuk tinggal.

Di Jerman, situasi dipandang benar atau salah dan nuansa abu-abu dihindari. Bagi sebagian orang yang tidak siap dengan budaya Jerman ini, mereka mungkin menganggap hal ini sedikit membatasi mereka.

Namun, dengan memahami wawasan tentang budaya Jerman sebelum kamu berada di Jerman bisa membuat kamu mengerti dan dapat hidup dengan nyaman di Jerman.
Loading...

Post A Comment:

0 comments: