Puisi: Khayalan untuk Nenekku (Karya Nersalya Renata)

Puisi "Khayalan untuk Nenekku" adalah sebuah ungkapan cinta, perhatian, dan harapan untuk memberikan yang terbaik bagi nenek. Puisi ini ...
Khayalan untuk Nenekku (1)


selembar uang plastik
: cukup untuk membayar tagihan telepon. listrik,
dan belanja-belanji 30 tahun kedepan.


Khayalan untuk Nenekku (2)


robot untuk membersihkan rumah, halaman,
memasak, mencuci, menyeterika, menyiram bunga.


Khayalan untuk Nenekku (3)


buku-buku tentang obat-obatan tradisional,
tanaman hias, dan agama


Khayalan untuk Nenekku (4)



dokter pribadi yang selalu siap dan sabar
mendengarkan keluhan-keluhannya.


Khayalan untuk Nenekku (5)



tetangga-tetangga yang sangat ramah, baik, dan
tak pernah bikin ulah.


Khayalan untuk Nenekku (6)


menang undian mi instan: liburan ke bali
selama 7 hari untuk 2 orang, plus uang saku.


Jakarta, 2009

Analisis Puisi:
Puisi "Khayalan untuk Nenekku" karya Nersalya Renata adalah sebuah karya yang menggambarkan khayalan dan impian seseorang untuk memberikan yang terbaik bagi neneknya. Puisi ini mengeksplorasi harapan dan keinginan untuk memenuhi kebutuhan dan kenyamanan nenek dalam sebuah khayalan yang indah.

Puisi ini dimulai dengan gambaran selembar uang plastik yang cukup untuk membayar tagihan telepon, listrik, dan kebutuhan belanja selama 30 tahun ke depan. Hal ini mencerminkan keinginan untuk memberikan keuangan yang cukup agar nenek dapat hidup dengan tenang dan tanpa kekhawatiran.

Selanjutnya, puisi ini menggambarkan adanya robot yang dapat membantu nenek dalam melakukan tugas-tugas rumah tangga seperti membersihkan rumah, halaman, memasak, mencuci, menyeterika, dan menyiram bunga. Hal ini mencerminkan keinginan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Puisi ini juga mencantumkan keinginan untuk memberikan buku-buku tentang obat-obatan tradisional, tanaman hias, dan agama kepada nenek. Hal ini menunjukkan keinginan untuk memberikan pengetahuan dan kegiatan yang bermanfaat bagi nenek, sehingga dapat terus belajar dan mengembangkan diri.

Selanjutnya, puisi ini mencerminkan keinginan untuk memiliki dokter pribadi yang selalu siap dan sabar mendengarkan keluhan nenek. Ini mencerminkan keinginan untuk memberikan perhatian kesehatan yang lebih personal dan mendalam kepada nenek.

Puisi ini juga mencantumkan keinginan akan tetangga-tetangga yang ramah, baik, dan tidak pernah membuat ulah. Hal ini mencerminkan keinginan untuk memberikan lingkungan sosial yang nyaman dan saling mendukung bagi nenek.

Pada akhir puisi, terdapat khayalan tentang memenangkan undian mi instan dan mendapatkan liburan ke Bali selama 7 hari untuk 2 orang, beserta uang saku. Hal ini mencerminkan keinginan untuk memberikan kesenangan dan momen liburan yang menyenangkan bagi nenek.

Puisi "Khayalan untuk Nenekku" adalah sebuah ungkapan cinta, perhatian, dan harapan untuk memberikan yang terbaik bagi nenek. Puisi ini menggambarkan khayalan dan impian yang muncul sebagai bentuk apresiasi dan upaya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan nenek dengan cara yang indah.

Puisi: Khayalan untuk Nenekku
Puisi: Khayalan untuk Nenekku
Karya: Nersalya Renata
© Sepenuhnya. All rights reserved.