Mengenal Perbedaan Pinjaman Multiguna dari Bank Konvensional dan Syariah

Tak hanya bank konvensional saja, nyatanya bank syariah juga turut meramaikan pasaran di Indonesia. Banyak di antara perusahaan keuangan syariah yang menawarkan produk-produk terbaiknya kepada masyarakat khususnya adalah umat muslim yang mungkin ingin menggunakan produk perbankan, namun yang tidak menyertakan keberadaan riba di dalamnya, maka ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik bagi Anda.

Perbedaan Pinjaman Multiguna dari Bank Konvensional dan Syariah

Sebenarnya produk keuangan yang ditawarkannya sendiri tidak jauh-jauh dari bank konvensional, termasuk untuk pinjaman, mereka juga memiliki multiguna syariah, pinjaman yang dapat digunakan untuk menunjang berbagai macam kebutuhan Anda. Lalu apa perbedaan pinjaman multiguna yang ditawarkan bank syariah dan konvensional ini? berikut diantaranya yang harus Anda ketahui:
  1. Akadnya, produk keuangan syariah semuanya menggunakan akad sesuai dengan konsep ekonomi islam, seperti diantaranya adalah jual beli, kemudian juga sewa menyewa sampai dengan akad capital sharing, berbeda halnya dengan produk keuangan dari bank konvensional, termasuk diantaranya adalah pinjaman ini yang menyertakan keberadaan suku bunga. Sehingga bagi beberapa muslim agak enggan karena disertai dengan riba.
  2. Resiko yang harus ditanggung, jika seandainya nasabah yang mengambil pinjaman multiguna dari bank konvensional mengalami kerugian, maka mau tidak mau tetap harus mengembalikan uang yang sudah dipinjamnya tersebut sesuai ketentuan. Berbeda halnya dengan bank syariah. Karena memang jika ada resiko maka kerugian tetap harus ditanggung bersama.
  3. Jenis produknya, dimana multiguna dari bank syariah memang lebih fleksibel dan juga bervariatif jika dibandingkan dengan kredit multiguna dari bank konvensional, karena memang ada banyak sekali syarat-syarat yang harus dipenuhi jika seandainya ingin mendapatkan pinjaman dari bank konvensional tersebut.

Anda bisa mengambil produk pinjaman syariah tersebut dari bank yang sudah terpercaya seperti di antaranya adalah Bank Bukopin Syariah maupun yang lainnya. Tak hanya produk pinjaman saja, melainkan juga ada produk tabungan yang ditawarkan di sini, termasuk juga tabungan rencana, jika seandainya Anda ingin menabung untuk persiapan haji maupun yang lainnya, tentu bisa dijadikan sebagai pertimbangan.
Blogger
Disqus
Komentar

Tidak ada komentar