Memiliki ID card sangat penting bagi seseorang yang mempunyai pekerjaan, kegiatan dan bisnis. ID card bisa menjadi bukti bahwa seseorang bekerja di sebuah instansi atau lembaga tertentu.

Berbagai Fungsi dan Manfaat ID Card

Di sisi lain, ID card bisa menjadi alat yang bisa meningkatkan tingkat kepercayaan terhadap pemiliknya. Di dalam sebuah ID card seorang karyawan misalnya, terdapat informasi yang berkaitan dengan pemiliknya seperti nama lengkap, jabatan, dan foto. ID card banyak macam dan jenisnya, sehingga bisa saja seseorang memiliki lebih dari 1 ID card.

ID card bisa memberikan fungsi, beberapa di antaranya sebagai berikut :

1. Identifikasi
ID card yang dimiliki oleh seseorang bisa berfungsi sebagai identitas atas dirinya. Saat seseorang memiliki ID card, barang tersebut bisa digunakan untuk verifikasi atas pemiliknya sebagaimana apa yang tertera pada ID card.

Meskipun data atau informasi yang ada di ID card sangat ringkas, namun, hal tersebut bisa menjadi penghubung pada data yang lebih lengkap terhadap pemiliknya. Data tersebut bisa meliputi jenis kelamin, kewarganegaraan,  tanggal lahir, alamat, nomor telepon dan lain sebagainya.

Kepemilikan ID card tentu tidak diproduksi sembarangan. Kartu tersebut dikeluarkan oleh lembaga atau instansi resmi. Beberapa contoh ID card yang dikeluarkan oleh lembaga pemerintah seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM), dll. Pada kartu tersebut biasanya juga menyertakan foto dari pemilik. Sehingga wajah asli dengan foto yang ada di ID card bisa dicocokkan apabila secara tidak sengaja terjadi kehilangan. 

2. Verifikasi Pembayaran
Di era serba digital dan elektronik seperti saat ini, pembayaran mayoritas dilakukan tanpa uang tunai (cashless) atau bisa juga dengan uang elektronik (e-money). Tentu, hanya di beberapa tempat saja yang menyediakan pembayaran dengan cara ini seperti di mall, supermarket, tol, dan tempat yang menyediakan pembayaran non-tunai.

Di sisi lain, dibutuhkan pengetahuan yang baik sebelum seseorang bisa melakukan transaksi non-tunai seperti ini. Ketika Anda menjadi pebisnis dan ada seseorang yang ingin membayar secara non-tunai, Anda bisa menanyakan ID card orang tersebut sebagai identitas asli yang bisa digunakan sebagai verifikasi pembayaran. Misalnya, Anda bisa menanyakan KTP orang tersebut sehingga Anda bisa mempercayai dirinya. Contoh lainnya yaitu saat seseorang ingin mendaftarkan dirinya sebagai nasabah bank, ID card adalah barang penting yang akan ditanyakan seperti KTP. Karena dari KTP itulah menjadi bukti bahwa orang tersebut adalah warga Indonesia beserta informasi penting yang tertera. 

3. Alat Untuk Mengakses
ID card yang dimiliki seseorang bisa digunakan sebagai alat yang bisa mengakses berbagai hak, dan fasilitas. Sebuah perusahaan yang mengeluarkan ID card bisa digunakan untuk mengontrol akses seorang individu. ID card seorang karyawan bisa digunakan sebagai pintu gerbang untuk mengakses area karyawan dan area lainnya yang dibatasi untuk karyawan. Hanya dengan menggesekkan ID card pada mesin atau pemindai, maka secara otomatis mesin akan membaca foto diri karyawan tersebut. Sehingga, apabila tidak digunakan dengan baik, ID card ini bisa disalahgunakan.

4. Layanan Pelacakan
ID card bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan layanan dan respon pelanggan apabila dipakai untuk mengatur dan mengakses informasi pelanggan. Sebagai contoh, apabila Anda memiliki sebuah bisnis  berbasis bisnis medis, basis data pelanggan bisa berupa informasi asuransi kesehatan, obat – obatan, kondisi medis, latar belakang kesehatan, dan perawatan saat ini.

Saat pelanggan tersebut datang untuk konsultasi, ID card milik pelanggan bisa digunakan untuk mengakses informasi yang sudah tersimpan di database. Sehingga, tidak dibutuhkan waktu yang lama untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan kondisi kesehatan pelanggan tersebut.


Nah, bagi Anda yang sedang membutuhkan layanan cetak ID card, Anda tidak perlu bingung lagi. PT. Smart Identification Solutions adalah perusahaan yang menyediakan printer dan kebutuhan di bidang ini. Dengan layanan yang inovatif dan cepat, Anda bisa mendapatkan ID card sesuai permintaan dan kebutuhan desain kustomisasi.

Post A Comment:

0 comments: