Pengklasifikasian pembelajar Bahasa Inggris sendiri sudah dimulai jauh sejak kajian keilmuan mengenai pembelajaran bahasa kedua/asing mulai tumbuh secara pesat. Hal ini disebabkan sebuah metode yang cocok untuk suatu jenjang kecakapan ataupun umur, belum tentu bisa diterapkan pada jenjang yang lain. 

Kursus Bahasa Inggris Online

English for young learner, untuk anak-anak?

Untuk meningkatkan efektivitas dari pembelajaran yang ada, maka itulah diperlukan spesifikasi yang difokuskan untuk masing-masing jenjang secara tersendiri. Dengan begitu, proses belajar mengajar yang dilakukan pun bisa memenuhi tujuannya.

Tentu pembahasan yang ada akan begitu luas jika materi kali ini harus turut membahas semuanya secara keseluruhan. Atas dasar hal tersebut, bahasan kali ini hanya akan difokuskan pada pengklasifikasian menurut jenjang umur saja, yang mana itu pun tidak akan dibahas semua jenjangnya sekaligus. Artikel kali ini fokus membahas mengenai pembelajaran Bahasa Inggris pada jenjang anak-anak serta pembelajar dini. 


Conversation For Kids – Ekspresi Percakapan Untuk Anak-anak.

Yap, selamat datang pada artikel English Program, para pembelajar Bahasa Inggris! Kali ini kita akan membahas tema ‘Conversation For Kids’ yang cukup simpel untuk dibahas berkenaan dengan kemampuan komunikasi untuk si kecil, yaitu: Ekspresi Percakapan Untuk Anak-anak. Dalam mempelajari bahasa, khususnya Bahasa Inggris, jenis pendekatan yang digunakan amat bergantung dari pribadi sang pembelajar sendiri: apakah sang pembelajar masih berada pada jenjang anak-anak, remaja ataupun dewasa.

Pendekatan yang ada akan sangat berbeda sekali untuk masing-masing jenjang, dimana itu sangatlah menentukan keberhasilan dari proses pembelajaran. Maka jika sebelumnya telah dibahas mengenai perbincangan untuk orang dewasa, pada artikel kali ini, materi yang ada akan menekankan pada perbincangan untuk anak-anak guna memudahkan para pembelajar di jenjang tersebut.


Pembelajaran Bahasa Inggris untuk orang dewasa dan anak-anak? Apa bedanya?

Dalam mempelajari kemampuan berkomunikasi, khususnya bagi anak-anak, ranah yang ada tentu saja akan sangat berbeda bagi para pembelajar yang sudah lebih dewasa. Pelajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak merupakan ‘ranting’ keilmuan tersendiri yang dinamakan sebagai Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak-anak atau yang juga dikenal dengan nama English for Young Learners (EYL). EYL sendiri merupakan bagian dari cabang ilmu yang lebih besar, dinamakan dengan Pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Kedua/Asing atau dikenal sebagai English as Second/Foreign Language (ESL/EFL).

Amat sangat masuk akal jika ranah ini memiliki bidang keilmuannya sendiri, dikarenakan spesifikasi yang diperlukannya juga memiliki tuntutan-tuntutan yang dianggap sangat krusial. Dikarenakan kemampuan berpikir anak-anak yang khas, materi-materi yang ada tidak bisa diberikan secara sembarangan. Perlu sebuah perencanaan yang matang mengenai bagaimana upaya-upaya yang diberikan dapat terserap secara maksimal oleh mereka.

Salah satu teknik yang bisa digunakan adalah dengan menghindari adanya penumpukan materi. Pembelajar anak-anak memiliki batasan kejenuhan yang lebih rendah ketimbang pembelajar lain yang sudah lebih dewasa. Karena itu materi yang ada perlu untuk dikemas seringkas mungkin agar para pembelajar muda itu dapat mengikuti proses pembelajaran dengan lebih mudah. Selain itu materi-materi tersebut juga perlu untuk dikemas semenarik mungkin. Itu disebabkan karena pembelajar anak-anak umumnya merupakan pembelajar pemula – mereka cenderung melibatkan unsur afeksi pada diri agar proses akuisisi kognisi dapat terjadi.


Pembelajaran Bahasa Inggris untuk remaja (conversation for teens).

Pembelajaran Bahasa Inggris untuk remaja akan sedikit berbeda dengan pembelajaran untuk anak-anak. Jika pada artikel sebelumnya kita sudah sedikit membahas mengenai perbedaan penyampaian materi Bahasa Inggris untuk anak-anak dan pembelajar yang lebih matang, maka kali ini kita masih akan berkutat dengan cara materi yang kurang lebih sama. Meskipun penyampaian materi pada jenjang ini tidak terlalu memiliki perbedaan dengan cara penyampaian materi kepada pembelajar yang lebih muda, namun kajian dari materi-materi pembelajaran dari Bahasa Inggris untuk jenjang ini sudah diluar dari kajian ilmu tersebut.

Pembelajaran Bahasa Inggris untuk remaja sudah termasuk kedalam cabang keilmuan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Kedua/Asing atau yang disebut juga sebagai English as Second/Foreign Language (ESL/EFL). Pada pengklasifikasiaannya, pembelajaran untuk remaja tidak dibedakan dengan pembelajaran pada orang dewasa, meskipun secara penyampaiannya lebih cenderung seperti halnya pada anak-anak. Atas dasar itulah mengapa model pembelajaran ini dianggap peralihan: mengadopsi kedua elemen bentuk model-model pembelajaran tersebut.

Letak persamaan yang diadopsi oleh model pembelajaran Bahasa Inggris untuk remaja terhadap model bagi pembelajar yang lebih muda, terletak pada tingkat kepadatan materi yang masih perlu di jaga agar tidak terlalu padat. Meski begitu, beberapa ahli berpendapat bahwa pembelajar jenjang remaja sudah dirasa memungkinkan untuk pengajaran keilmuan secara eksplisit (explicit learning) – yang mana berbeda dengan pembelajaran pada anak-anak yang menggunakan pendekatan implisit (implicit learning).

Post A Comment:

0 comments: