Apa itu VPS Hosting?

Ketika Lalu Lintas Situs Web anda meningkat melampaui kapasitas yang bisa ditampung Paket Shared Hosting (Hosting Berbagi), Situs Web anda akan mengalami masalah pemuatan atau bahkan down.

Di era yang menuntut kecepatan, keandalan dan keamanan, anda tidak boleh mengambil risiko mengelola Situs Web tanpa menyesuaikan standar yang diharapkan konsumen.

Hal ini bisa dihindari dengan beralih ke Dedicated Hosting (Hosting Khusus), yang tentunya dengan tambahan biaya. Namun di saat yang bersamaan, ini juga waktu yang tepat untuk beralih ke VPS Hosting (Hosting VPS).

Bahkan mungkin VPS Hosting adalah pilihan terbaik, untuk banyak alasan, salah satunya adalah h

arganya yang lebih murah jika dibandingkan dengan Dedicated Hosting. Inilah mengapa Hosting VPS semakin populer dalam beberapa tahun terakhir.

Dalam kasus menghemat anggaran, jika kinerja Situs Web anda tidak mengalami kendala apapun, anda tidak perlu beralih ke VPS Hosting, anda bisa mengandalkan Paket Hosting Murah.

Namun cepat atau lambat, Situs Web anda pasti akan mengalami perkembangan; yang pada nantinya akan mengharuskan anda untuk memutuskan pilihan lain. Pada artikel ini, kami akan membahas sedikit mengenai VPS Hosting untuk membantu anda mengenal lebih jauh sehingga anda bisa membuat keputusan yang tepat sesuai kebutuhan.


Apa itu VPS Hosting?

Jika anda menggunakan Shared Hosting, Situs Web anda akan berada di Server yang sama dengan Situs Web lain; artinya berbagi Server. Jika salah satu Situs Web menerima banyak Lalu Lintas, maka Situs Web anda akan ikut terkena dampak, begitu pula sebaliknya.

Dengan VPS Hosting, secara teknis masih berbagi Server dengan pengguna lain; artinya masih menggunakan Mesin Virtual yang sama. Namun, Situs Web anda akan dipartisi, sehingga anda tidak berbagi pemakaian dengan pengguna lain.

Saat anda menggunakan VPS Hosting, anda akan mendapatkan akses penuh sehingga anda bisa mengelola Situs Web anda dengan lebih efektif. Sesuai dengan namanya Virtual Private Server, Server Pribadi Virtual.


Kapan Waktu yang Tepat untuk Beralih ke VPS Hosting?

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, pertimbangan utama saat beralih ke VPS Hosting adalah saat Situs Web anda sudah bisa disebut berkembang, dalam artian: Lalu Lintas Situs Web terus bertambah, Rasio Pentalan (Bounce Rate) terus meningkat, Situs Web mulai terasa lambat untuk diakses.

Ada banyak faktor yang bisa memengaruhi kinerja Situs Web, juga tergantung Paket Hosting yang anda gunakan. Untungnya, cukup mudah untuk menemukan Paket Hosting VPS murah di Widehostmedia.com, sehingga anda bisa beralih kapanpun anda mau.


Hosting VPS

Dalam hal memilih jenis Paket Hosting yang tepat untuk Situs Web, anda akan memiliki banyak opsi berbeda yang harus anda pertimbangkan, sesuai dengan perkembangan Situs Web. Semakin banyak Lalu Lintas yang anda dapatkan, semakin banyak kapasitas yang anda butuhkan.

Harga Paket VPS Hosting agak sedikit lebih mahal daripada harga Paket Shared Hosting, ini adalah sesuatu yang wajar, selalu ada harga yang harus dibayar untuk berkembang, bukan? Lagipula ini hanya terasa mahal di awal saja, karena setelah merasakan fitur yang anda dapatkan, pada akhirnya, anda tidak akan lagi mempermasalahkan harga.

Selain masalah harga, anda juga memerlukan pengetahuan teknis untuk mengelola Hosting VPS. Ini mungkin sangat terasa di awal-awal, namun anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan masalah ini, karena biasanya akan dibantu oleh Penyedia Layanan. Seiring waktu, anda juga akan terbiasa.

Blogger
Disqus
Komentar

Tidak ada komentar