5 Cara Menghindari Aplikasi Belanja Online yang Menipu

Jika Anda hobi berbelanja, namun malas pergi keluar rumah dan panas-panasan, atau tidak memiliki waktu yang banyak, Anda bisa berbelanja secara online di aplikasi belanja online terbaik. Cara ini dinilai efisien, hemat biaya dan hemat tenaga karena Anda tidak perlu capek berkeliling ke pasar. Terlebih, jika Anda memilih aplikasi online yang menyediakan beragam jenis produk, sehingga dalam satu waktu, Anda bisa mendapatkan berbagai produk yang dibutuhkan dan diinginkan.

Cara Menghindari Aplikasi Belanja Online yang Menipu
sumber: finance.detik.com/moneter/d-5240532/kenali-ciri-ciri-penipuan-di-online-shop-pakai-oneklik


Namun belanja di aplikasi belanja online tidak selalu berjalan mulus, jika tidak cermat, Anda bisa tertipu. Apa lagi saat ini sudah banyak aplikasi belanja online bertebaran di internet. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui kriteria aplikasi belanja online terbaik agar tidak terjebak di aplikasi abal-abal.

5 Cara Menghindari Aplikasi Belanja Online yang Menipu

Tidak ada seorang pun yang ingin ditipu atau dirugikan orang lain, khususnya ketika berbelanja online. Anda mungkin tidak bisa mengecek satu persatu kredibilitas aplikasi tersebut, tetapi Anda bisa berhati-hati untuk menghindari aplikasi belanja online yang menipu. Adapun berikut ini merupakan 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari penipuan belanja online, di antaranya yaitu

1. Meminta Resi Pengiriman

Saat belanja di app belanja online, pastikan Anda memiliki resi pengiriman untuk mengecek progress pengiriman barang. Jika Anda menemukan suatu keanehan atau barang tidak kunjung sampai, Anda bisa langsung menghubungi penjual yang bersangkutan. 

Berbeda dengan penjual yang tidak ingin memberikan nomor pengiriman barang dengan berbagai macam alasan. Sebaiknya Anda tinggalkan saja, karena hal tersebut mencurigakan

2. Melakukan Transaksi Sesuai Prosedur

Saat belanja di aplikasi belanja online, tentu Anda akan melakukan transaksi jarak jauh, transaksi ini harus dilakukan sesuai prosedur agar tidak terjadi penipuan. Selama masih sesuai dengan prosedur yang berlaku, penipuan minim terjadi. Kalaupun terjadi, mungkin ada kesalahpahaman yang tidak diketahui.

Namun jika ingin lebih aman yang lagi, Anda bisa menggunakan aplikasi belanja online bayar di rumah. Sehingga Anda hanya akan membayar barang, ketika barang tersebut sudah sampai di rumah 

3. Simpan Berbagai Bukti dan Transaksi

Untuk menghindari aplikasi belanja online penipu, Anda bisa menyimpan bukti dan transaksi dengan baik seperti bukti percakapan saat membeli barang ataupun bukti transfer. Hal tersebut untuk berjaga-jaga jika Anda mengalami penipuan

4. COD

COD atau cash on delivery merupakan cara aman agar Anda tidak merasa tertipu ketika membeli barang. Anda bisa menggunakan aplikasi belanja online bayar ditempat untuk menghindari penipuan.

Baik membayar cash ataupun kredit, Anda tetap harus waspada, karena uang sangat sensitif. Jika ingin berbelanja secara kredit, Anda bisa memilih aplikasi belanja online kredit.

5. Tidak Tergiur Harga Murah

Siapa yang tak ingin mendapatkan harga murah ketika berbelanja di aplikasi belanja online? Tentu semuanya ingin. Namun, jangan hanya mementingkan harga, tetapi lihatlah produknya, Apakah berkualitas atau tidak. 

Percuma saja jika Anda mendapatkan penawaran harga murah, namun ternyata hanya penipuan, tentu sangat merugikan. Anda bisa berbelanja di aplikasi belanja online termurah, terpercaya dan berkualitas.

Itulah 5 cara menghindari aplikasi belanja online yang menipu yang bisa Anda lakukan. Ladara.id merupakan aplikasi belanja online terbaik dan terpercaya yang bisa Anda pilih. Di toko online tersebut, Anda bisa mendapatkan berbagai kebutuhan barang dengan harga terjangkau.


Referensi:

https://www.akseleran.co.id/blog/penipuan-online/amp/
https://www.cermati.com/artikel/amp/9-cara-menghindari-penipuan-toko-online
https://pandagila.com/menghindari-penipuan-belanja-online/?amp

Blogger
Disqus
Komentar

Tidak ada komentar