Sepenuhnya, tidak setengah-setengah.

5 Tips Memilih Popok Bayi Menurut Para Ahli

|

Menurut penelitian, banyak orang tua yang masih salah memilih popok bayi. Alih-alih agar lebih praktis dalam menghemat pakaian malah berakibat pada iritasi kulit pada bayi. Tidak hanya dengan melihat harga popok bayi saja, memilih popok bayi juga perlu ketelitian. Anda bisa mendapatkan informasi lainnya seputar pertumbuhan dan tips-tips merawat bayi dalam merries.co.id. Untuk itu bunda bisa simak tips berikut dalam memilih popok bayi.

Tips Memilih Popok Bayi

Tips Memilih Popok Bayi Menurut Para Ahli


1. Pilih Lapisan Berpori

Popok sekali pakai umumnya disusun menjadi 3 lapisan: lapisan dalam, lapisan inti, dan lapisan luar.

Menurut IDAI, sebaiknya Mama memilih popok yang lapisan dalamnya berpori, untuk mengurangi gesekan kulit. Ini juga membantu sirkulasi udara lebih baik, sehingga kulit bayi tidak lembap hingga bisa mengakibatkan ruam popok.


2. Tambahan Formula Khusus

Tidak hanya lapisan dalam yang berpori, IDAI juga menyarankan untuk memilih lapisan dalam yang sudah ditambah dengan formula khusus, seperti zinc oxide, aloe vera, dan petroleum. Ini semua tepat untuk menjaga kulit bayi tetap kering, sehingga bayi tetap nyaman selama memakai popok.


3. Menyerap dengan Baik

Jika Mama mau popok yang daya serapnya kuat, Mama bisa memilih popok sekali pakai yang lapisan intinya terbuat dari AGM. Apa itu AGM? ini adalah absorbent gelling material atau dikenal juga sebagai superabsorbent, yang terbuat dari sodium poliakrilat.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), AGM memiliki keunggulan dapat memisahkan cairan urine dari feses dengan cepat, menahan cairan di matriksnya, dan menjaga kestabilan pH.


4. Popok dengan ‘Alarm’ Perubahan Warna

IDAI menyarankan untuk selalu mengganti popok setiap anak selesai berkemih atau buang air besar. Disarankan juga untuk mengganti popok sesering mungkin, sekitar 2 sampai 3 jam sekali.

Maka, Mama juga perlu memilih popok yang memiliki sistem ‘alarm, yaitu menunjukkan perubahan warna pada bagian luar popok bila terkena urine.


5. Bahan Luar Berpori, bukan Waterproof

Beberapa merek popok sekali pakai sering mengunggulkan teknologi bagian luar waterproof atau tahan air. Ada juga yang mengunggulkan bahan luar berpori, tetapi tidak waterproof.

Mana yang lebih baik? IDAI mengatakan untuk memilih bahan luar yang berpori daripada yang waterproof, karena lebih aman dan nyaman bagi kulit bayi yang sensitif.

Tips Memilih Popok Bayi Menurut Para Ahli


Memilih popok bayi yang cocok untuk kulit bayi yang sensitif, menurut IDI banyak yang perlu diperhatikan. Salah satunya yaitu sistem penyerapan dan bahan yang digunakan pada popok bayi. Menurut survey yang dilakukan salah satu popok terbaik yang biasa digunakan para orang tua di Indonesia yaitu popok merries.

Bacaan Menarik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar