Cara Mengubah JPG ke PNG Gratis

Artikel ini menguraikan cara mengubah jpg ke png menggunakan Microsoft Paint, Photoshop, dan Pratinjau (macOS).

Artikel ini menguraikan cara mengubah JPG ke PNG menggunakan Microsoft Paint, Photoshop, dan Pratinjau (macOS). Ini juga membahas alternatif termasuk GIMP dan alat konversi online.


Cara Mengubah JPG ke PNG Gratis


Cara Termudah untuk Mengubah JPG ke PNG di Komputer Windows

Jika Anda menggunakan komputer Windows, Anda sudah memiliki alat bawaan untuk mengubah JPG ke PNG. Microsoft Paint sudah diinstal sebelumnya di komputer Windows dan dengan menggunakannya, Anda dapat dengan cepat mengonversikan file dari JPG ke PNG.

  • Buka file yang ingin Anda konversi dari JPG ke PNG di MS Paint lalu pilih File.
  • Di menu yang muncul, arahkan kursor ke opsi Simpan sebagai, lalu pilih PNG dari menu flyout yang muncul.
  • Di kotak dialog Simpan sebagai, pilih lokasi untuk menyimpan file dan ketik nama untuk file, lalu klik Simpan. Kemudian Anda akan melihat MS Paint mengonversikan file.


Cara Mengubah JPG ke PNG di Adobe Photoshop CC

Jika Anda tidak ingin menggunakan MS Paint di komputer Windows, atau jika Anda menggunakan Mac dan memiliki Photoshop, itu akan melakukan trik untuk mengubah JPG ke PNG juga. Ada beberapa cara untuk mengonversikan file JPG ke PNG di Photoshop.

Konversi File di Photoshop Menggunakan Menu Save As

Menu Save As adalah cara termudah untuk menyimpan file di Photoshop dalam format yang berbeda dari aslinya.

  • Buka file Anda di Photoshop dan pilih File.
  • Pilih Save As dari menu flyout yang muncul.
  • Di kotak dialog Simpan Sebagai yang muncul, pilih lokasi untuk menyimpan file, beri nama, lalu klik menu tarik-turun Simpan sebagai jenis.
  • Dari daftar jenis file yang tersedia yang muncul, temukan dan pilih PNG (*.PNG,*.PNG).
  • Klik Simpan dan file Anda akan disimpan dalam format baru.

Konversi JPG ke PNG di Photoshop Menggunakan Opsi Ekspor

Anda juga dapat mengonversikan File JPG ke PNG selama proses ekspor di Photoshop. Untuk melakukannya, pilih File > Ekspor > Ekspor Sebagai, dan di kotak dialog yang muncul, pilih PNG dari menu tarik-turun Format. Setelah Anda membuat pilihan, klik Ekspor.


Cara Mengubah JPG ke PNG di Komputer Mac

Sama seperti Windows, Mac memiliki alat konversi gambar bawaan sebagai bagian dari program Pratinjaunya. Itu berarti mengubah JPG ke PNG semudah beberapa klik.

  • Buka gambar Anda di Pratinjau lalu pilih File.
  • Di menu yang muncul, pilih Ekspor.
  • Di kotak dialog Ekspor Sebagai, tambahkan nama untuk gambar Anda, pilih tempat menyimpannya, lalu klik menu Format dan pilih PNG.
  • Setelah selesai membuat pilihan, klik Simpan dan file akan disimpan sebagai PNG.


Cara Membuat PNG dengan Perangkat Lunak Pengeditan Gambar Lainnya

Ada banyak aplikasi pengeditan gambar gratis lainnya yang tersedia yang juga akan mengubah JPG ke PNG jika Anda membutuhkannya. Misalnya, Anda dapat menggunakan GIMP, untuk mengonversikan gambar dengan cara yang sama seperti Anda menggunakan opsi Ekspor Sebagai di Photoshop. Anda akan memilih Ekspor Sebagai, pastikan jenis file yang benar (PNG, dalam hal ini) dipilih, lalu klik Simpan.

Hal yang sama berlaku untuk banyak program lainnya. Dalam kebanyakan kasus, Anda akan memiliki opsi Ekspor Sebagai atau Simpan Sebagai yang memungkinkan Anda mengubah jenis file gambar yang Anda simpan.


Menggunakan Mengubah JPG ke PNG Online

Jika Anda tidak tertarik untuk menggunakan perangkat lunak yang terpasang di komputer Anda, atau untuk mengunduh file pengeditan gambar, ada banyak layanan online yang memungkinkan Anda mengonversikan file JPG Anda ke PNG. Misalnya, mengubah JPG ke PNG adalah situs web yang memungkinkan Anda mengunggah file JPG Anda, itu akan mengonversikannya, lalu Anda dapat mengunduh file baru.

Satu catatan hati-hati jika Anda berencana untuk menggunakan konverter online. Berhati-hatilah dengan situs yang Anda pilih untuk mengonversikan file JPG Anda ke PNG. Beberapa situs jahat akan menggunakan konversi sebagai sarana untuk menyuntikkan malware ke dalam file yang Anda unduh dengan tujuan menginfeksi komputer Anda sehingga mereka dapat mengontrolnya atau menggunakannya untuk menyebarkan malware ke orang lain. Hanya gunakan alat konversi online dari sumber yang Anda percayai.


File Gambar Mengubah JPG Ke PNG

File PNG bersifat lossless, sehingga tidak kehilangan kualitas seiring waktu. Mereka juga dapat memiliki latar belakang transparan. File JPG bersifat lossy, yang berarti bahwa setiap kali gambar disimpan, Anda kehilangan sedikit kualitas. Jadi, terkadang format PNG lebih baik, tergantung bagaimana Anda akan menggunakan gambar tersebut.

© Sepenuhnya. All rights reserved.