Aplikasi Silsilah Keluarga

Silsilah bisa digambarkan dalam bentuk suatu skema yang menunjukkan hubungan dalam sebuah keluarga berdasarkan keturunan yang disebabkan oleh ......

Trah adalah suatu kelompok individu yang memiliki kekerabatan satu sama lain dalam satu keturunan. Hal ini banyak kita jumpai di Indonesia dalam bentuk nama keluarga atau marga. Namun untuk mengetahui bagaimana keterkaitan satu sama lain perlu ditelusuri dengan membuat uraian silsilah.

Aplikasi Silsilah Keluarga

Silsilah bisa digambarkan dalam bentuk suatu skema yang menunjukkan hubungan dalam sebuah keluarga berdasarkan keturunan yang disebabkan oleh perkawinan. Ada beberapa formasi yang dapat digunakan untuk menampilkan silsilah dalam sebuah keluarga di antaranya yang paling umum atau paling sering digunakan adalah dengan menempatkan generasi yang lebih tua di bagian atas dan generasi yang lebih muda di bagian bawah. Silsilah atau genealogy berdasar garis nasab adalah penelusuran jalur keturunan sebuah keluarga dimulai dari leluhur hingga ke generasi terkini.

Mungkin Anda pernah membaca sekilas tentang orang-orang terkenal yang setelah dapat ditelusuri garis nasabnya ke atas, ternyata masih keturunan bangsawan, sejarawan, tokoh masyarakat, dan sebagainya. Tapi tahukah Anda bahwa Anda mungkin juga bisa menelusuri jejak leluhur Anda dan kekerabatannya, jika bisa mendapatkan data kekerabatan pada jalur ke atas seterusnya sehingga dapat ditampilkan dalam bagan silsilah. Apabila hal tersebut masih merupakan kesulitan dalam pencarian data, maka setidaknya, dengan menggunakan bagan silsilah, Anda bisa menelusuri dari generasi teratas yang Anda ketahui hingga kini dalam keluarga Anda, sehingga anak cucu keturunan Anda tidak akan kehilangan lacak dari para leluhurnya.

Silsilah Keluarga secara Konvensional

Oleh orang-orang tua kita dahulu, silsilah keluarga biasanya disampaikan dalam bentuk cerita pendek secara lisan atau dengan dongeng kepada para anak cucunya, atau pada saat ada pertemuan keluarga. Ada juga foto album keluarga atau lukisan yang mungkin bagi anak cucu belum tentu dapat mengenalnya semua. Ini menjadi ibarat potongan puzzle yang berserakan. Jika Anda ingin mengetahui silsilah sesungguhnya, Anda memerlukan waktu khusus untuk mengumpulkan semua potongan puzzle tersbut hingga membentuk sebuah rangkaian yang utuh. 

1. Cerita Pendek

Silsilah keluarga biasanya disampaikan dalam kisah pendek oleh orang tua, salah satunya tentang kehidupan salah satu kerabat yang terjadi di masa lalu. Di dalam kisah disisipkan keterangan tentang siapa yang merupakan keturunan dari siapa, melalui pernikahan dengan siapa. Dari situ Anda bisa mengetahui sedikit tentang bagian dari keluarga besar.

2. Foto

Foto foto lama memiliki kisah sendiri. Orang tua Anda mungkin pernah membuka album keluarga atau menunjuk foto dalam pigura seraya menjelaskan siapa orang yang ada di dalam foto tersebut. Seringkali foto lama merupakan generasi tua yang masih memiliki hubungan kekerabatan dengan Anda atau dengan orang tua Anda. 

3. Pohon Keluarga

Family tree atau pohon keluarga adalah bagan yang menampilkan hubungan antar sebuah keluarga dalam satu garis keturunan yang sama. Anggota keluarga sendiri dibagi menjadi 2 jenis yaitu nuclear family atau sering juga disebut core family, dan extended family. Nuclear family atau core family diterjemahkan sebagai keluarga inti, sedangkan extended family diterjemahkan sebagai keluarga besar. 

Anggota keluarga yang termasuk ke dalam keluarga inti yaitu ayah, ibu, suami, istri, anak perempuan/laki laki, saudara perempuan/laki-laki. Sedangkan anggota keluarga besar adalah keluarga lain yang memiliki hubungan darah karena keturunan atau pernikahan. Anggota dalam extended family yaitu kakek, nenek, paman, bibi, sepupu, keponakan laki-laki/perempuan.

4. Acara Keluarga

Pernahkah Anda mengalami ketika acara pertemuan keluarga besar, Anda bertemu dengan orang yang tidak pernah Anda lihat sebelumnya. Kemudian orang yang Anda kenal atau orang yang lebih tua akan memperkenalkan mereka sebagai keturunan dari salah satu kerabat. Tapi sayangnya Anda sulit mengingat semua penjelasan dengan baik karena hubungan kekerabatan yang sudah agak jauh.

Manfaat Mengenali Silsilah

Seberapa pentingkah mengenali silsilah keluarga? Ada banyak sekali manfaat mengenali silsilah keluarga. 

1. Pewaris Budaya

Dengan mengenali silsilah keluarga maka tradisi di dalamnya bisa terus dipertahankan maupun dilestarikan. Banyak orang yang tidak tahu bahwa mereka ternyata memiliki kekerabatan dengan trah sebuah budaya, misalnya keluarga keraton, keluarga bangsawan. Dengan mempelajari silsilah maka Anda bisa mempelajari nilai-nilai tradisional yang baik di dalamnya, melestarikan semangatnya dan meneruskan kepada anak cucu Anda. 

2. Mempererat Hubungan Kekeluargaan

Pengetahuan mengenai silsilah dapat mempererat hubungan kekeluargaan terutama keluarga yang memiliki kekerabatan dekat. Adakalanya terjadi bahwa saudara dekat yang tinggal dalam satu kota yang sama pun bahkan tidak saling mengenal karena ketidaktahuan soal silsilah. Dengan adanya catatan mengenai silsilah keluarga tentu akan lebih mudah untuk menelusuri keberadaan mereka.

3. Penetapan Ahli Waris

Pada kondisi tertentu dimana misalnya seseorang pasangan suami isteri tidak mempunyai keturunan langsung, penetapan hak sebagai ahli waris diperlukan bukti otentik hubungan silsilah keluarga yang terkait guna menetapkan siapa yang berhak menjadi pewaris.

Aplikasi Talinasab

Silsilah keluarga sering ditampilkan dalam bentuk bagan karena mudah dipahami, atau bisa juga dalam bentuk tulisan sebagai deskripsi. Akan tetapi bagaimanapun penggunaan bagan tentu akan lebih mudah dipahami dan dapat dibuat lebih detil.

Seiring dengan perkembangan teknologi terkini, sekarang sudah ada cara yang lebih mudah untuk menyusun catatan dalam bentuk bagan silsilah keluarga, di antaranya cara menyusun bagan silsilah keluarga yang dapat dilakukan dengan sangat mudah dan cepat adalah dengan menggunakan aplikasi android Talinasab yang bisa dibuka menggunakan smartphone. Untuk memulai menggunakan aplikasi ini, Anda bisa men-download pada Google Play Store atau klik link https://bit.ly/talinasab. Aplikasi ini gratis, tidak dikenakan biaya dan bisa dibuka dimana saja, kapan saja, selama Anda dapat terhubung dengan internet.

Menyusun sendiri silsilah keluarga secara manual merupakan hal yang tentu akan sangat menyita waktu dan tenaga, karena tentunya ada anggota keluarga yang Anda tidak tahu hubungannya dan siapa keturunannya. Untuk menambahkan catatan yang Anda tidak tahu, Anda bisa mengundang anggota keluarga yang lain untuk bergabung ke dalam aplikasi. Dengan demikian anggota keluarga yang diundang bisa menambahkan sendiri data profile-nya.

Dalam satu garis keturunan/nasab cukup satu orang saja yang pertama mendaftar. Setelah itu Anda bisa mengirimkan undangan kepada anggota lain untuk bergabung. Setelah anggota keluarga yang diundang sudah berhasil login, selanjutnya dapat menambahkan data baru sendiri ke dalam silsilah. Dengan cara ini maka seluruh keluarga dapat saling berpartisipasi. Bagan silsilah yang panjang dan rumit bisa terselesaikan dengan cepat dan mudah karena dapat dikerjakan secara bersama-sama.

Aplikasi Talinasab bisa digunakan oleh siapa saja. Anda bisa mulai menggunakan aplikasi lalu mengundang adik, kakak, sepupu, tante dan paman Anda. Melalui sepupu, Anda bisa mendapatkan banyak informasi baru. Daftar anggota keluarga dapat difilter berdasarkan key yang disediakan di dalam aplikasi, di antaranya misalnya Anda ingin mengetahui anggota keluarga dengan golongan darah A, maka daftar anggota keluarga dapat difilter berdasar golongan darah A. Filter semacam ini tentu sangat penting manakala ada anggota keluarga yang dengan segera memerlukan bantuan transfusi darah, meskipun hal semacam contoh ini diharapkan tidak akan terjadi.

Jadi, aplikasi ini bukan hanya sekedar untuk membuat bagan silsilah keluarga saja, akan tetapi juga berfungsi sebagai media sosial yang exclusive dalam satu keluarga besar, karena di samping sistem filtering dan sorting anggota keluarga, dalam aplikasi ini juga terdapat tambahan fitur-fitur unggulan lainnya seperti forum komunikasi,  foto album sebagai gallery bagi seluruh keluarga, membuat undangan acara tertentu yang terkonfirmasi, notifikasi ulang tahun kelahiran dan lain sebagainya.

Menurut informasi dari situsnya yaitu https://talinasab.com yang merefer dari sumber: https://ms.wikipedia.org/wiki/Nasab, dikatakan bahwa nasab secara etimologi memiliki arti al qorobah yaitu kerabat dimana kerabat dinamakan nasab karena terdapat hubungan dan keterkaitan. Nasab bisa dijelaskan sebagai pertalian kekeluargaan berdasarkan hubungan darah hasil dari sebuah perkawinan yang sah.  Oleh karena itu dalam aplikasi ini, Anda dapat memilih akan menyusun bagan silsilah trah dari nasab ayah atau nasab Ibu. Nasab dari dirinya sendiri ke atas atau nasab dari isterinya ke atas. Hanya saja oleh karena setiap pendaftar hanya dapat menggunakan satu trah (satu akun hanya dapat membuat satu trah), maka untuk membuat trah lainnya misal dari jalur nasab Ibu, harus kerjasama dengan saudara lainnya yang create silsilah dari nasab Ibu, kemudian dirinya sendiri minta di-invite (diundang) untuk gabung. Jadi meskipun setiap akun hanya bisa membuat satu trah, akan tetapi pada Dashboard Akun Anda akan berisi daftar beberapa trah, dimana satu trah paling atas adalah trah yang Anda buat sendiri, trah-trah lain di bawahnya, adalah trah hasil undang gabung dimana Anda join di dalamnya.


Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi Talinasab Ini?

Setelah Anda download aplikasi Talinasab, Anda bisa membuat akun untuk login. Panduan selengkapnya dapat dibaca melalui link https://www.talinasab.com/cara-kerja.html#readmore, atau dengan video tutorial berikut ini.

Nah, sekarang saudara Anda bisa bertambah lebih banyak dan bisa ditemukan dimana-mana. Jangan lupa, siapa tahu Anda masih keturunan bangsawan atau tokoh nasional di Indonesia bila anda dapat menemukan jalur ke atas dari bagan silsilah yang sudah dapat Anda gunakan dengan mudahnya. Tetapi yang lebih utama sesuai motto aplikasi ini “Menyatukan seluruh keluarga dimanapun berada”, maka mudah-mudahan dengan menggunakan aplikasi ini saudara dan kerabat Anda akan Kembali menjadi dalam satu rumah keluarga besar “talinasab”.

© Sepenuhnya. All rights reserved.