Tumis Kangkung, Makanan Penambah Darah

Jangan anggap remeh jika anda menderita kurang darah atau anemia. Darah sebagai sarana pengangkut zat makanan dan oksigen, memegang peranan vital ...
Siapa yang tak kenal sayuran yang bernama kangkung. Tumbuhan merambat ini banyak ditemui di ladang basah atau sawah. Kangkung termasuk jenis makanan berserat yang baik untuk membantu pencernaan. Selama ini kangkung identik sebagai penyebab kantuk. Tidak keliru memang.

Tumis Kangkung

Salah satu kandungan zat aktifnya jika dicampur dalam kadar tertentu dengan seledri, jadi obat yang mujarab untuk yang menderita sulit tidur. Sebuah perusahaan herbal dari Jakarta membuat ramuan campuran kankung dan seledri, sebagai obat tidur. Namun, kalau anda menumisnya kemudian ditambah dengan udang, campuran masakan ini mampu menjadi makanan penambah darah.

Sayuran Penambah Darah

Jangan anggap remeh jika anda menderita kurang darah atau anemia. Darah sebagai sarana pengangkut zat makanan dan oksigen, memegang peranan vital untuk kesehatan seseorang. Dengan demikian apabila kekurang darah, pasokan oksigen akan juga berkurang.

Begitu pula zat makanan penting tak terangkut dengan baik. Tidak mengherankan apabila seseorang menderita anemia, gejala umumnya adalah lemah, lesu, letih, dan loyo. Lebih dari itu jika tidak cepat diatasi, seseorang yang menderita anemia, proses fisiologis dan biokimia dalam tubuh akan terganggu pula.

Manfaat Kangkung


Makanan yang kaya asam folat, vitamin B12 dan Vitamin C, jalan keluar yang bisa dijalankan untuk mengatasi anemia atau lebih dikenal sebagai penyakit kurang darah. Zat-zat tersebut terdapat dalam daging merah, kuning telur, hati, ikan teri, susu, juga terdapat dalam sayuran berwarna hijau seperti kangkung dan bayam.

Olahan makanan seperti tumis kangkung dicampur udang, bisa jadi alternatif terutama karena kedua makanan ini mengandung zat-zat penting yang bisa menambah kekurangan darah anda. Selain itu, makanan seperti jus tomat, madu murni juga bisa membantu mengatasi kekurangan darah.

Dengan mengkonsumsi makanan olahan yang banyak mengandung folat, vitamin C dan vitamin B12, sudah bisa mengatasi anemia sehingga tidak memerlukan obat atau supleman sebagai penambah darah. Bagaimana pun dengan mengkonsumsi makanan alami tanpa unsur kimia jauh lebih baik dibanding selalu mengandalkan pada obat kimia.

Sayuran yang Dilarang untuk Penderita Darah Tinggi


Dalam penelitian mutakhir banyak disebut bahwa salah satu kekurangan dari obat kimia adalah merusak lambung dan mematikan enzim yang justru diperlukan manusia.

Belum tahu bagaimana membuat masakan Tumis Kangkung Udang? Berikut resepnya. Dalam prakteknya bisa dikombinasikan dengan makanan lain agar menambah selera.

Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Tumis Kangkung

250 gram udang, bersihkan
250 gram kangkung, potong-potong
2 batang daun bawang, potong
1 buah tomat, potong-potong
3 buah cabe merah, potong serong
3 siung bawang putih, cincang
2 butir bawang merah, iris halus
3 sdm minyak goreng
Kecap asin/manis secukupnya
Garam dan gula secukupnya

Cara Memasak Tumis Kangkung

  • Panaskan minyak goreng, lalu tumis bawang merah, bawah putih dan cabe merah sampai tercium wangi. Kemudian setelah wangi, masukan udang dan oseng-oseng hingga udang berubah warna kekuningan
  • Lalu masukkan tomat, daun bawang, dan kangkung, aduk-aduk agar tumisan merata.
  • Setelah kangkung terlihat agak layu, tambahkan saus tiram, gula dan garam secukupnya. Aduk hingga merata.
  • Angkat jika kangkung dirasa sudah matang. Siap untuk disajikan.
© Sepenuhnya. All rights reserved.