5 Tips Memilih Laptop, Notebook dan Netbook

Memilih Laptop, Notebook, dan Netbook untuk memenuhi kebutuhan Anda, tidak hanya dilihat dari harganya saja, melainkan ada beberapa faktor yang harus dilihat dan dipertimbangkan agar mendapatkan Laptop, Notebook, atau Netbook yang baik, berkualitas dan sesuai kebutuhan Anda.

Tips Memilih Laptop, Notebook dan Netbook

Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook

Penyebutan Laptop, Notebook, Netbook itu mengacu pada ukuran layar komputer tersebut. Sudah tahu perbedaannya? Jika belum tahu, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Laptop atau Notebook memiliki ukuran layar 13,1-18 inci, processor yang cukup memadai, kapasitas penyimpanan harddisk besar, ada DVD ROM player (terkadang ada yang tidak memakainya karena tipis notebooknya), dan spesifikasi hampir sama dengan PC biasa. Sedangkan Netbook hanya memiliki ukuran layar 6-13 inci, processornya menengah ke bawah, tidak ada DVD ROM.

Tips Memilih Laptop, Notebook dan Netbook

Bagaimana sih cara memilih laptop yang berkualitas dan sesuai kebutuhan? Yuk, simak tipsnya di sini.

1. Tentukan Kebutuhan Laptop untuk Apa

Setiap laptop memiliki banyak spesifikasi yang sudah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan tertentu, misalnya untuk kantor, main game, design grafis, dan lainnya. Tentukan kebutuhanmu dan cari spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhanmu.

2. Cek Brand atau Merek Laptop

Pilihlah brand atau merek yang sudah terbukti kualitasnya dan keunggulan apa yang diusung oleh brand tersebut.

3. Cek Spesifikasi Laptop dan Netbook

Cek terlebih dahulu spesifikasi laptop / netbook yang akan dibeli, apakah sesuai kebutuhanmu.

4. Pilih Harga Sesuai Budget

Pilihlah laptop atau netbook yang memiliki harga sesuai dengan budget agar tidak terlalu menguras uangmu. Perhatikan juga harga dengan spesifikasi yang akan didapatkan.

5. Cek Garansi dan Service yang Akan Didapatkan

Salah satu hal penting untuk dicermati yaitu adanya garansi dan service yang ditawarkan oleh brand atau merek laptop atau netbook yang ingin dibeli. Pilih garansi yang menarik untukmu dan cek lokasi service centernya, apakah dekat dengan tempat tinggalmu agar lebih mudah jika nanti ada kendala atau masalah.

Tips Memilih Laptop, Notebook dan Netbook


Beberapa tips memilih laptop atau notebook dan netbook di atas semoga dapat bermanfaat untuk kamu ketika akan membeli sebuah laptop, notebook atau netbook. Satu hal lagi yang perlu kamu cermati yaitu cek seluruh bagian laptop atau netbook sebelum meninggalkan toko jika membeli secara offline, agar produk yang didapatkan benar-benar baik.

© Sepenuhnya. All rights reserved.