Sepenuhnya, tidak setengah-setengah.

Ketahui Jenis-Jenis Jangkar Kapal Berikut Ini

|

Di industri perkapalan, ada banyak sekali alat yang perlu diketahui. Salah satu contoh dari alat tersebut adalah jangkar kapal atau anchor.


Jangkar Kapal


Pada dasarnya, fungsi utama dari alat ini adalah agar kapal tidak berubah posisi ketika sedang berada di suatu titik. Beban akan terfokus ke arah bawah sehingga kapal akan tetap pada tempatnya meskipun terkena angin serta arus air.

Pada kali ini akan dibahas mengenai alat tersebut, mulai dari jenis-jenis, fungsi, hingga rekomendasi tempat untuk memesan. Hal tersebut perlu dipahami mengingat perannya yang sangat vital.

Jangan sampai hanya karena salah memilih penyedia, Anda malah mendapatkan kualitas pas-pasan serta tidak berfungsi secara maksimal. Tentu saja hal tersebut tidak ingin Anda alami bukan?

Jenis Jangkar Kapal Berdasarkan Peletakannya

1. Stockless Anchor

Jenis pertama adalah stockless anchor atau beberapa juga kerap menyebutnya jangkar utama. Fungsinya hampir sama seperti pada umumnya, yakni menahan kapal agar tetap stabil di tempatnya.

Biasanya stockless akan diletakkan pada bagian samping kanan kiri kapal. Kedua sisi harus dalam keadaan seimbang agar tidak berat sebelah.

2. Danforth stock anchor

Dibandingkan jenis di poin pertama, jenis ini memiliki keunggulan yaitu mempunyai daya cengkeram lebih baik. Hal tersebut dikarenakan terdapat tongkat sedemikian sehingga akan menancap lebih kuat ke dasar laut.

Di bidang industri perkapalan, Danforth stock memang cukup terkenal. Bagaimana tidak, selain cengkeramannya kuat, jangkar juga bisa diaplikasikan pada lumpur meskipun kinerjanya tak terlalu maksimal.

3. Mushroom Anchor

Terakhir adalah tipe mushroom. Sesuai namanya, ciri utama jenis ini adalah bentuknya yang menyerupai jamur.

Biasanya kapal-kapal kecil akan menggunakannya mengingat ukuran dari jangkar juga kecil. Karena bentuknya seperti mangkuk, tipe ini kerap dipakai pada daerah berlumpur.

Jenis Berdasarkan Bentuk serta Fungsinya

1. Kapal Spek

Jenis spek mempunyai bentuk seperti piring tertutup. Biasanya penerapannya adalah di kapal pengangkut maupun komersil.

2. Hall

Secara bentuk, sebenarnya kapal hall hampir mirip dengan jenis spek. Jika sebelumnya berbentuk seperti piring tertutup, maka jenis ini berbentuk seperti piring terbuka. Kemudian, di bagian atas berbentuk menyerupai trisula.

3. Kapal Stevin

Tipe Stevin mempunyai kelebihan bisa beroperasi secara baik di daerah offshore. Hal tersebut karena sifatnya mampu menahan beban tinggi sehingga bisa dibilang masih termasuk golongan high holding power anchor.

4. Danforth

Seperti Spek, jenis Danforth juga sering digunakan pada kapal komersil dan sesekali pada boat. Agar bisa mendapatkan cengkeraman lebih baik, pada biasanya penambat dari bahan baja akan ditambahkan. Dengan begitu, kinerjanya akan menjadi lebih baik.

5. Scream Anchor

Terakhir adalah jangkar scream. Pada umumnya, terdapat berbagai macam ukuran. Fungsinya adalah membantu jangkar haluan ketika menghadapi arus kuat. Biasanya jenis ini akan dilengkapi juga dengan jangkar arus.

Perlengkapan-Perlengkapan Tambahan

Selain mengetahui hal di atas, sepertinya Anda juga perlu mengetahui beberapa perlengkapan tambahan pada alat ini. Beberapa di antaranya adalah rantai jangkar, hawse pipe, chain pipe, chain controller, dan juga chain stopper. Semua elemen tersebut harus saling mendukung satu sama lain. Jadi, kualitas masing-masing harus benar-benar baik.

Jadi, mulai saat ini Anda sudah bisa memahami berbagai jenis jangkar kapal beserta fungsinya. Dengan demikian, akan jauh lebih mudah jika suatu saat ingin membelinya. Sebagai referensi, Anda bisa mendapatkan jangkar berkualitas di asmarines.com. Tak hanya berkualitas, namun produk yang disediakan sangat lengkap terkait industri perkapalan maupun konstruksi.

Bacaan Menarik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar