Sepenuhnya, tidak setengah-setengah.

5 Trik Jitu Mengatasi Internet yang Lambat

|

Ketika karyawan bekerja baik secara WFH atau WFO pastinya sangat membutuhkan internet yang lancar untuk memudahkan pekerjaan mereka. Namun, sangat disayangkan seringkali kinerja internet lambat di waktu yang tidak tepat.

Saat situasi ini terjadi pastinya akan menghambat pekerjaan. Pengalaman internet lambat pasti sangat tidak mengesankan apalagi saat waktu kerja masih berlangsung contohnya seperti online meeting.


Trik Jitu Mengatasi Internet yang Lambat


Di bawah ini terdapat beberapa trik yang mudah dilakukan ketika internet Anda sedang bermasalah, yaitu:


1. Segera restart Gadget atau Device Anda

Lakukan tindakan restart laptop anda secara berkala. Tindakan ini membutuhkan waktu sekitar 30 detik. Ini bisa menjadi salah satu cara termudah yang dapat Anda lakukan. 

Sebab, awal mula penyebab internet lambat bisa jadi dikarenakan oleh tab yang terlalu banyak, atau terlalu sering menggunakan laptop yang menyebabkan laptop Anda menjadi panas.


2. Memeriksa Jaringan yang Dimiliki

Ada baiknya jika Anda langsung memeriksa jaringan provider langganan yang Anda miliki. Jika jaringan masih bermasalah, Anda dapat langsung menelpon customer service dari penyedia layanan untuk menyampaikan keluhan yang Anda rasakan.

Kemungkinan gangguan tersebut datang karena adanya masalah internal dari provider internet tersebut.


3. Rutin Memeriksa Kuota Internet

Dengan rutin memeriksa kuota, Anda akan lebih cepat menemukan solusi dari permasalahan Anda yaitu jaringan internet yang lemot. Biasanya, pihak operator akan mengirimkan pesan mengenai jumlah kuota yang tersisa.

Jika Anda mengalami hal ini, jangan khawatir karena Anda dapat langsung membeli kuota atau Anda juga dapat tethering dengan rekan kerja Anda jika kondisi yang sudah darurat.


4. Menghapus Aplikasi yang Tidak Perlu

Dengan menggunakan aplikasi di dalam laptop dengan durasi yang lama, maka device bekerja semakin berat yang menyebabkan internet jadi lambat.

Dengan menutup aplikasi yang sedang tidak digunakan atau menghapus dapat membantu dalam membenahi jaringan yang bermasalah dan mengoptimalkan cara laptop bekerja.


5. Membersihkan Cache di Laptop Anda

Jika Cache di laptop Anda terlalu besar jumlahnya ini dapat membuat memori internal pada device Anda menjadi penuh. Bukan hanya itu, Cache juga dapat memperlambat kecepatan dari internet.

Jika Anda belum sempat untuk membersihkan cache, ada baiknya Anda meluangkan waktu sejenak untuk mencoba membersihkan Cache karena dapat mengurangi beban dari device Anda.


Lima cara di atas adalah tindakan yang dapat Anda praktekkan ketika internet Anda lambat secara tiba-tiba. Dengan memanfaatkan segudang manfaat dari SD-WAN, nantinya akan sangat membantu perusahaan Anda dalam bersaing di era yang sangat kompetitif.

Di sisi lain, SD-WAN dapat mengurangi beban kerja karyawan, khususnya engineer karena mereka dapat mengatur traffic internet, database, dan lainnya dengan lebih efisien. Mari segera lengkapi kebutuhan perusahaan Anda dengan menggunakan produk SD-WAN milik Telkom.

Bacaan Menarik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar