Cara Belajar Bahasa Inggris dari Nol

Cara Belajar Bahasa Inggris dari Nol || Memang banyak yang bertanya mengapa Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional terlepas dahulunya ...

Bahasa Inggris nampaknya telah memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan keseharian masyarakat kita. Bahkan saking eratnya, Bahasa Inggris telah diajarkan pada anak-anak sekolah usia dasar di Indonesia. Para siswa sekolah dasar mulai belajar tentang vocabulary dan beberapa kalimat sapaan hingga beberapa kontek cerita dalam bahas Inggris.

Cara Belajar Bahasa Inggris dari Nol

Mereka diajarkan Bahasa Inggris dengan alasan bahwa bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Kira-kira mengapa bahasa Inggris bisa menjadi bahasa internasional? Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang bahasa tersebut, simak terus artikel di bawah ini.

Memang banyak yang bertanya mengapa Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional terlepas dahulunya Inggris merupakan negara yang paling luas melakukan ekspansi wilayah. Ada beberapa alasan kenapa Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional.

Alasan yang pertama adalah karena bahas Inggris merupakan bahasa yang paling tua yang ada di muka bumi. Bahasa Inggris yang berasal dari daratan Britania itu sudah ada sejak abad ke-8 dan masih berkembang hingga saat ini. Hal ini menandakan bahwa bahasa Inggris sangat mudah untuk dikuasai.

Selain itu, Bahasa Inggris memiliki perkembangan kosakata yang sangat pesat. Menurut penelitian dari Harvard University, Bahasa Inggris mengalami penambahan kosa kata sebanyak 8000 kata setiap tahunnya. Kini jumlah kata yang ada di dalam bahasa Inggris telah mencapai lebih dari 1 juta kata, dan jauh lebih banyak daripada kata dari bahasa Indonesia.

Menurut Kemdikbud, perkembangan kata pada bahasa Indonesia termasuk yang terlemah karena dari 80 ribu kosa kata sebelumnya, kini hanya terdapat 90 ribu kosa kata dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Dalam era globalisasi Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan untuk berkomunikasi terutama dalam dunia bisnis internasional. Dalam berbisnis tentunya kamu harus memahami dan menggunakan Bahasa Inggris dengan baik.

Selain itu, Bahasa Inggris adalah bahasa yang mempersatukan negara-negara yang lainnya. Oleh sebab itu, untuk bisa bersaing dengan negara yang lainnya, para pengusaha atau businessman internasional wajib menguasai Bahasa Inggris.

Cara Belajar Bahasa Inggris dari Nol

Mungkin kamu termasuk salah satu orang yang tertarik dengan Bahasa Inggris dan ingin memulai untuk belajar Bahasa Inggris. Namun kamu tidak tahu cara belajar Bahasa Inggris yang mudah.

Ada beberapa hal yang harus kamu tahu sebelum belajar tentang Bahasa Inggris, tentunya dalam belajar bahasa asing yang paling kamu perlukan adalah kesabaran dan ketekunan. Mengapa? Karena kamu memulai semuanya dari nol, oleh sebab itu untuk bisa berbicara, menulis, dan menghafal semua kosa kata dalam bahasa Inggris, kamu memerlukan waktu.

Setelah kamu memahami cara yang pertama yaitu tentang kesabaran dan ketekunan, selanjutnya ada tiga cara mudah yang bisa kamu lakukan dan cara tersebut sudah terbukti efektif untuk berbagai kalangan. Cara yang pertama adalah fokus pada membaca, menulis, mendengar, dan kemudian praktekkan.

Bila kamu ingin cepat bisa belajar Bahasa Inggris, tentunya kamu harus bisa membaca dan menulis Bahasa Inggris. Mulailah dengan membaca beberapa artikel berbahasa Inggris dan membacanya sedikit demi sedikit.

Bila kamu menemukan kosa kata yang sulit, kamu bisa mencari arti kata tersebut di dalam kamus, dan lakukan hal tersebut berulang-ulang.

Membaca bisa sangat membosankan, oleh sebab itu pilihlah sumber bacaan yang menarik untukmu. Usahakan jangan membaca koran karena bahasa di dalam koran cenderung formal dan kaku. Bacalah artikel tentang gaya hidup yang bisa kamu temukan di internet maupun majalah anak muda.

Setelah kamu mulai terbiasa dengan membaca, lalu mulailah terbiasa dengan berbicara. Bahasa ibu kita jelas berbeda dengan bahasa Inggris, tentunya belajar berbicara akan sedikit menjengkelkan untukmu. Lakukanlah perlahan dan berulang-ulang hingga lidahmu tidak terasa kaku lagi.

Setelah membaca dan berbicara sudah biasa kamu lakukan, hal selanjutnya yang harus kamu kuasai adalah mendengarkan. Kamu bisa mendengarkan beberapa tutorial tentang bahasa Inggris yang ada di Youtube dengan perlahan.

Cara lain untuk belajar mendengarkan adalah menonton film, selain bisa mendengarkan, kamu juga bisa belajar cara melafalkan dan menemukan kosa kata baru. Tentunya belajar bahasa asing dimulai karena kesenangan.

Bila kamu melakukan semua hal tersebut dengan senang maka kamu akan cepat bisa. Hal yang terpenting adalah bisa karena terbiasa.


Memahami Kunci dalam Bahasa Inggris

Hal apa yang paling membuatmu gila dalam belajar Bahasa Inggris kalau bukan grammar? Ya, grammar.

Grammar adalah hal yang penting dalam Bahasa Inggris, namun jangan terus terpaku dengan grammar. Memang grammar penting, tetapi bila kamu terlalu kaku, maka Bahasa inggrismu hanya akan menjadi tidak jelas.

Yang perlu kamu tahu, orang asli Inggris sendiri pun banyak yang mengabaikan grammar pada saat berbicara dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, yang terpenting adalah memahami kunci dalam Bahasa Inggris sehingga kamu tahu maksud apa yang ingin kamu sampaikan.

Apakah kunci dalam memahami Bahasa Inggris? Kuncinya adalah Tenses.

Tenses memang tidak ada di dalam Bahasa Indonesia, namun di dalam Bahasa Inggris tenses memiliki peranan yang sangat penting untuk menjelaskan waktu.

Ada tiga rumus yang wajib kamu ketahui yaitu lampu, sekarang, dan yang akan datang. Bila kamu mampu memahami ketiga hal tersebut, kamu dapat belajar Bahasa Inggris dengan cepat dan mudah. Perhatikan setiap kosa kata yang ingin kamu sampaikan, apakah hal tersebut sudah pernah dilakukan, hal tersebut akan dilakukan, atau malah sedang dilakukan. Itu akan membantu kamu memahami dasar tentang Bahasa inggris.

Seperti contohnya, ada tiga rumus wajib dalam Bahasa Inggris, yaitu past, present, dan future.

Lalu kamu cukup mengetahui konsep dasarnya saja, misalnya past selalu menggunakan kata kerja bentuk kedua. Kemudian present selalu menggunakan kata kerja bentuk pertama dan terakhir future selalu menggunakan will dan selalu diikuti kata kerja bentuk pertama. Ketiga hal tersebut harus melekat dalam pikiranmu untuk memahami konsep Bahasa Inggris.

Kenapa kami lebih menitik beratkan kepada Tenses? Karena tahu tenses artinya sama dengan 50% menguasai kemampuan berbahasa Inggris. Sudah pasti karena dalam setiap bacaan dan tulisan akan selalu ada tenses. Jadi tanpa disadari kamu telah mempelajari bahasa Inggris dengan baik.

Dengan kata lain, bila kamu tahu tenses berarti kamu bisa menyusun kata dengan benar sehingga kamu bisa menyampaikan maksud apa yang ingin kamu sampaikan.

Dan yang terakhir, bila kamu memahami tenses maka perlahan kamu akan tahu grammar secara tidak sadar. Karena grammar pasti mengacu pada tenses, apakah susunan kata dalam kalimat tersebut benar atau tidak. Intinya, kalimat apapun yang akan kamu buat, harus pasti dan wajib tahu bentuk tenses-nya.

Bila kamu bisa menggunakan tenses dengan baik dan benar, otomatis kamu akan menggunakan grammar yang baik dan benar pula dalam Bahasa Inggris.

© Sepenuhnya. All rights reserved.