5 Kuliner Madiun Paling Populer dan Bikin Ketagihan!

Selain terkenal dengan Kota Gadis juga terkenal dengan berbagai kuliner yang bisa kalian nikmatin lho sobat kuliner. Mulai dari makanan utama ...

Kota Madiun merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Jawa Timur. Kota Madiun ini terkenal dengan julukan Kota Gadis. Julukan ini bukan berarti mayoritas penduduk di Kota Madiun gadis-gadis loh ya, tetapi Kota Gadis merupakan akronim dari Perdagangan, Pendidikan dan Perindustrian dikarenakan beragamnya pusat industri, pendidikan dan perdagangan yang ada di Madiun.

Selain terkenal dengan Kota Gadis juga terkenal dengan berbagai kuliner yang bisa kalian nikmatin lho sobat kuliner. Mulai dari makanan utama hingga camilan yang sangat lezat dengan harga yang tentunya ramah di kantong lho sobat kuliner.

5 Kuliner Madiun Paling Populer dan Bikin Ketagihan!

Apa aja sih makanan dan minuman yang wajib kamu coba jika berkunjung ke Madiun? Dijamin nagih sih! Kalian pasti penasaran bukan? Yuk simak uraian kuliner berikut:

1. Nasi Pecel Madiun Mbok Darmi

Makanan pertama yang perlu kalian cicipi adalah Nasi Pecel Mbok Darmi. Nasi Pecel ini berlokasi di Jalan Ahmad Yani Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun yang terletak di seberang RSUD Caruban.

Penyajian Nasi Pecel ini menggunakan daun pisang kemudian disajikan dengan kembang turi, sedikit kulupan sayur, serta kerupuk di atasnya. Selain itu juga bisa menikmati nasi pecel dengan berbagai lauk seperti ayam, tahu, tempe, telur, babat, rolade, dan sebagainya.

Nasi Pecel Madiun Mbok Darmi

Nasi Pecel Mbok Darmi Madiun berbeda dari nasi pecel lainnya karena cita rasa dari sambel pecel tersebut yang berbeda. Sambel pecelnya dibumbui dengan petis yang membuat rasanya nikmat. Tak heran jika Nasi Pecel menjadi makanan yang favorit di Madiun. Wah, pasti sangat menarik ya sobat kuliner.

Harga dari Nasi Pecel Mbok Darmi ini sangat terjangkau, untuk nasi pecel biasa tanpa lauk seharga Rp5.000,00 sedangkan menggunakan lauk berkisar Rp10.000. Untuk kamu yang mencari makanan sehat dan ramah di kantong sangat cocok mencicipi nasi pecel ini.

2. Rujak Petis Caruban

Makanan yang wajib kamu coba selanjutnya yaitu Rujak Petis. Rujak Petis ini terletak di Jalan Anggur Kecamatan Wonoasri Madiun terletak di seberang masjid komplek perumahan warga. Bumbu spesial dari Rujak Petis ini tentunya petis itu sendiri.

Rujak Petis Caruban

Rujak Petis ini berisikan lontong, tempe kering yang setengah matang atau mendoan, tahu, kangkung, tauge yang sudah direbus kemudian ada timun yang membuat rujak ini sangat segar apabila kamu menyantapnya. Yang membedakan Rujak Petis Caruban ini ada di campurannya yaitu kikil yang mungkin jarang bagi penjual lainnya menambahkan menu kikil lho sobat kuliner.

Untuk membeli Rujak Petis ini tidak perlu mengeluarkan uang yang mahal, dengan harga Rp10.000,00 saja sudah bisa membeli rujak petis ini. Rujak Petis Caruban ini buka mulai pukul 09.00-16.00 WIB.

3. Bluder Cokro

Bluder Cokro adalah makanan yang sangat populer, biasanya makanan ini dijadikan buah tangan atau oleh-oleh dari Madiun. Awal mulanya roti ini didirikan oleh Susana Seka pada 19 agustus 1998. Pusat penjualannya terletak di Jalan Hayam Wuruk Kecamatan Mangunharjo Kota Madiun berdekatan dengan Hotel Aston.

Bluder Cokro

Cita rasa roti bluder cokro ini sangatlah lembut dengan berbagai varian rasa yang diberikan seperti varian coklat, keju, kacang, abon dan yang paling disukai varian kismis.

Untuk harga per/biji Rp9.000,00, namun ada juga yang per/box berisikan 10 biji Rp90.000,00. Untuk harganya lumayan mahal ya sobat kuliner karena bahan yang dibuat juga dengan kualitas bagus dan rotinya juga berkualitas, enak dan lembut.

4. Dawet Suronatan

Tak kalah dengan makanan khas, Kota Madiun juga mempunyai minuman khas yaitu Dawet Suronatan. Dawet Suronatan merupakan minuman yang paling wajib kalian coba lho sobat kuliner.

Terletak di Jalan Merbabu Nomor 10, Pangongangan, Manguharjo, Kota Madiun. Lokasinya berdekatan dengan Alun-Alun Kota Madiun dan Masjid Agung Baitul Hakim Kota Madiun.

Dawet Suronatan

Sajian Dawet Suronatan terdiri dari cendol, bubur, ketan hitam, bubur sumsum, dan tapai. Bumbu dari kuahnya sendiri berasal dari santan kelapa dan gula aren serta di kasih es batu. Biasanya warga Madiun menyantap minuman satu ini saat cuaca sedang panas. Menu yang disajikan di dalam mangkuk kecil ini memiliki sensasi yang berbeda saat dinikmati lho sobat kuliner.

Harganya tergolong merakyat yaitu Rp8.000,00 yang sangat murah dan bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Dawet Suronatan ini mempunyai rasa yang sangat gurih dan manis. Penasaran dengan rasa Dawet Suronatan yang melegenda ini? Nah, penjualannya buka pukul 08.00-16.00 WIB.

5. Madumongso

Yang terakhir yaitu ada Madumongso. Madumongso merupakan salah satu jajanan khas yang sangat populer dan banyak digemari berbagai kalangan.

Makanan ini terbuat dari bahan dasar ketan hitam yang diolah hingga menjadi tape dengan melalui proses fermentasi. Selanjutnya, dimasak dicampur dengan gula dan santan sampai menyerupai dodol. Pengemasannya pun unik, biasanya dibungkus dengan kertas warna-warni.

Madumongso

Biasanya madumongso ini dijual di Toko Pusat Oleh-Oleh terdekat untuk buah tangan. Tak hanya sebagai buah tangan, Madumongso ini juga sering disajikan waktu lebaran untuk menjamu para tamu yang hadir.

Nah, itulah sobat kuliner informasi tentang makanan dan minuman yang bikin wajib kamu coba jika berkunjung ke Madiun. Dari lima kuliner di atas, kamu tertarik yang mana saja?

Biodata Penulis:

Hanika Diba Rahmawati asal dari Madiun, Jawa Timur, saat ini sedang menempuh pendidikan di Universitas Sebelas Maret Program Studi S1 Pendidikan Kimia tahun 2022.

© Sepenuhnya. All rights reserved.