Pentingnya Mengikuti Volunteer: Membangun Karakter dan Keterampilan

Apa yang kalian pikirkan tentang volunteer? Pasti tentang kesukarelaan, hanya bikin capek, tidak dibayar pula, dan lain sebagainya. Tapi tunggu ...

Apa yang kalian pikirkan tentang volunteer-an? Pasti tentang kesukarelaan, hanya bikin capek, tidak dibayar pula, dan lain sebagainya. Eitss, tunggu dulu, mari kita telisik lebih dalam lagi.

Tidak semua orang berpikir tentang uang, merekalah para relawan. Pernah mendengar kata-kata tersebut sebelumnya? Pasti kalian yang daftar volunteer-an tidak berpikir tentang uang, tetapi butuh pengalaman dan relasi yang bisa didapatkan dari kegiatan tersebut.

Pentingnya Mengikuti Volunteer

Berdasarkan pengalaman penulis, ternyata mengikuti volunteer itu bermanfaat banget loh. Selain kita dapat capek dan tidak dibayar, nyatanya banyak hal positif di balik itu semua. Apa saja contohnya? mari kita bahas.

1. Pengalaman

Penulis pernah mendengar kata-kata “pengalaman tidak bisa dibeli dan didelegasikan”. Pengalaman itu kita yang menciptakan, jika kalian mempunyai banyak pengalaman, maka sudut pandang kalian terhadap kehidupan di dunia akan lebih bervariasi.

2. Relasi

Sebenarnya hal ini sudah umum, hal ini juga bisa dicapai jika kalian dalam volunteer bisa berkomunikasi dengan baik. Sebenarnya ini juga melatih keterampilan kalian dalam bersosial loh.

3. Membuat kita menjadi lebih peka

Kok bisa? Tentu saja bisa, alasan utamanya adalah dengan mengikuti kegiatan volunteer-an kita akan dapat melihat permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar, dan jika hal ini dilakukan secara berulang, kepekaan kita terhadap suatu hal akan ter-upgrade dengan sendirinya ke tingkat yang lebih tinggi.

4. Mengembangkan kemampuan kerja sama tim

Ini salah satu poin penting yang dicari oleh HRD manapun, kadang mereka menerima pegawai tidak dilihat dari nilai saja, tetapi pernah ikut organisasi atau kepanitiaan apa dan pengalaman apa yang kamu punya.

Hal tersebut dilakukan untuk menilai apakah kalian bisa bekerja sama dalam sebuah tim, karena pada dasarnya dalam dunia kerja saat ini yang penting adalah kolaborasi antar pegawai.

5. Mengembangkan keterampilan

Mengikuti suatu volunteer, sudah pasti akan mendapat jobdesk masing-masing. Dari jobdesk ini, kita akan belajar sesuatu yang baru atau meningkatkan keterampilan yang kita punya sebelumnya.

Sebenarnya mengikuti kegiatan volunteer adalah salah satu cara kita untuk mensyukuri nikmat yang Tuhan berikan. Tidak akan rugi satu hal pun jika kita mengikuti kegiatan seperti itu, yang ada malah kita mendapat berbagai benefit yang bisa kita optimalkan.

Volunteer

Setelah kalian membaca artikel di atas, bagaimana? Apakah sudah mendapat penguatan untuk mengikuti volunteer-an? Jika masih belum setidaknya kalian mendapat sedikit motivasi dari apa yang penulis tulis dari pengalaman pribadinya.

Panjang umur untuk segala hal baik.

Biodata Penulis:

Muhammad Bobby Syahrani lahir pada tanggal 14 Desember 2002 di Batu. Saat ini ia sedang menempuh pendidikan S-1 Bimbingan dan Konseling di Universitas Sebelas Maret Surakarta.

© Sepenuhnya. All rights reserved.