ajaib'

Sedang Musim Hujan? Coba Cek 4 Hal pada Ban Berikut Ini

Hal yang harus dicek pada ban mobil ketika sudah mulai memasuki musim hujan. Jangan sampai mobil mengalami kebanjiran karena akan ....

Saat musim hujan tiba menandakan bahwa kondisi jalan akan sering basah dibanding kering sehingga akan berpengaruh terhadap cara mengemudi. Tentunya saat kondisi basah maka akan mudah terjadi slip pada ban sehingga pengemudi harus lebih hati-hati dalam menjalankan mobil Avanza.

Belum lagi saat hujan sedang berada di jalan tol yang memang banyak mobil dengan kecepatan yang cukup tinggi sehingga jaga jarak dengan kendaraan lain adalah hal yang mesti dilakukan para pengendara.

Jangan sampai mengabaikan jaga jarak karena proses pengereman saat hujan secara mendadak akan membuat ban menjadi slip dan kurang bisa dikendalikan oleh pengemudi.


Ban Mobil


Selain itu, saat datang musim hujan tentunya ada beberapa bagian yang memang mesti dicek khususnya pada area ban agar mobil tetap dapat prima saat melaju di bawah hujan deras.

Berikut ini setidaknya ada 4 hal yang mesti dicek pada ban Toyota Avanza.

1. Telapak Ban

Bagian pertama yang wajib dicek adalah telapak pada masing-masing ban untuk mengetahui kondisi pasti apakah masih layak digunakan ketika hujan atau harus diganti.

Jika keadaan alur di telapak ban sudah sejajar dengan permukaan, maka menunjukkan bahwa kondisi ban sudah tipis dan akan membuat mobil mudah tergelincir ketika jalanan sedang basah.

Jika tidak ingin khawatir dan tetap merasa aman, maka sebaiknya ganti ban yang tipis dengan yang baru.

2. Tekanan Angin

Setiap pemilik tentunya harus mengecek tekanan angin dengan rutin bukan hanya saat musim hujan saja. Tetapi mengingat pentingnya tekanan angin yang harus diperhatikan ketika jalanan sedang licin maka harus segera dicek tekanan pada setiap ban.

Tekanan yang berlebihan ataupun kekurangan tentunya akan mengganggu kerja dari ban. Ada baiknya untuk tetap mengikuti standar tekanan angin yang khusus untuk mobil Avanza.

3. Lakukan Rotasi

Biasanya setiap ban kendaraan ada yang masih bagus tetapi ada juga yang sudah mulai menurun kualitasnya, maka itu bisa dilakukan rotasi ban.

Dengan melakukan cara ini, maka bisa membuat kinerja semua ban menjadi seimbang. Perlu juga dilakukan ketika spooring serta balancing agar pergerakan pada ban menjadi stabil dan mudah dikendalikan pengemudi.

4. Perhatikan Permukaan Jalan

Saat terjadi hujan, biasanya ada genangan air yang ada di jalan sehingga membuat pengemudi harus memperhatikan setiap permukaan jalan.

Apalagi genangan yang ada membuat lubang di jalan menjadi tidak terlihat sehingga harus lebih hati-hati dalam mengemudi. Jika tidak hati-hati dan ban menghantam beberapa lubang maka bisa saja membuat ban jadi rusak.


Ban Mobil Avanza


Itulah 4 hal yang harus dicek pada ban Toyota Avanza ketika sudah mulai memasuki musim hujan. Jangan sampai mobil mengalami kebanjiran karena akan merusak mesin dan harga jadi turun. Hal ini membuat setiap orang yang akan beli kendaraan Avanza bekas untuk lebih waspada sehingga sekarang lebih memilih bergabung dengan mobbi. Apalagi di mobbi yang dulunya mo88i menjamin setiap kendaraan yang dijual bebas banjir yang berarti tidak pernah kebanjiran. Mulai sekarang percayakan semuanya hanya di mobbi yang sudah terbukti melayani semua penjualan dan pembelian mobil bekas dengan aman.

© Sepenuhnya. All rights reserved.