Memahami Apa Itu IoT, Konsep, dan Pentingnya untuk Bisnis

Secara sederhana, IoT atau Internet of Things adalah teknologi yang dapat membuat semua perangkat terhubung satu sama lain yang tersemat ke ....

Era perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini diikuti dengan semakin banyaknya alat canggih berbasis internet yang mampu menyederhanakan aktivitas manusia. Perangkat seperti ini sangat dibutuhkan oleh pelaku bisnis karena memiliki dampak produktivitas yang besar.

Teknologi IoT atau Internet of Things hadir memberikan banyak peluang baru yang tidak terbatas hanya pada industri IT saja, namun untuk seluruh sektor bisnis.

Ingin tahu bagaimana IoT bisa bermanfaat untuk bisnis Anda? Mari cari tahu lebih detail!

Istilah Internet of Things (IoT)

Secara sederhana, Internet of Things adalah teknologi yang dapat membuat semua perangkat terhubung satu sama lain yang tersemat ke internet.

Teknologi IoT memiliki kemampuan untuk mengirimkan data dan transmisi dengan perangkat yang saling terhubung satu sama lain melalui sebuah jaringan konektivitas internet yang terus menerus.

Internet of Things mencakup semua hal dan perangkat baik yang menggunakan jaringan wireless maupun jaringan internet pada sistemnya.

Konsep Internet of Things (IoT)

Konsep IoT adalah bentuk dari komunikasi antar jaringan dan mesin yang bisa juga disebut dengan istilah M2M atau machine to machine.

Pada dasarnya, gagasan dari teknologi ini adalah seluruh perangkat elektronik dapat saling terkoneksi, berinteraksi, dan memberikan informasi kepada penggunanya setiap hari melalui internet tanpa disadari.

Contoh paling sederhana yang sehari-hari kita temui adalah smartwatch yang saling terhubung dengan smartphone, smart car yang bisa berjalan sendiri hingga peralatan rumah tangga dan alat-alat lainnya yang saling terhubung.

Ke depannya, akan ada semakin banyak alamat IP, perangkat, dan berbagai jenis sensor di seluruh perangkat elektronik yang digunakan dan terus-menerus berinteraksi dengan internet tanpa disadari.

Pentingnya Internet of Things (IoT) untuk Bisnis

Sensor kontrol menjadi fitur utama pada perangkat IoT yang berfungsi untuk membaca nilai sensor, mengirim dan menerima data dari dan ke media penyimpanan hingga bertindak berdasarkan data yang didapat secara real-time yang sebagian besar tanpa campur tangan manusia.

Konsep seperti ini tentunya menawarkan banyak solusi untuk proses keberlangsungan bisnis. Berikut beberapa keuntungan utama yang didapat dari penggunaan IoT dalam bisnis.

1. Monitoring Aktivitas Perusahaan yang Lebih Sederhana

Manfaat pertama dari IoT adalah dapat mengintegrasi seluruh perangkat ke dalam suatu sistem internet yang saling terhubung satu sama lain.

Hal ini membuat pelaku bisnis dapat monitor jarak jauh aktivitas operasional perusahaan secara bersamaan, menyeluruh, dan juga real-time.

Sebagai contoh, penggunaan IoT di berbagai sektor dapat digunakan untuk mengawasi keadaan di lapangan secara real-time, mengontrol suhu dan kelembaban di sebuah gudang, memantau suatu aktivitas agar sesuai SOP yang telah ditentukan, dan sebagainya.

2. Optimasi Pemanfaatan Sumber Daya Manusia

Solusi kedua yang ditawarkan dari penggunaan IoT adalah mengoptimasi kinerja sumber daya manusia dalam bisnis.

Dengan fungsi IoT yang dapat mengambil alih dan menyederhanakan aktivitas manusia yang bisa dilakukan oleh mesin, SDM yang ada bisa lebih fokus pada aktivitas manajerial bisnis seperti menganalisis, mengambil keputusan, dan mengembangkan kreativitas.

Hal ini tentunya dapat meningkatkan efisiensi kerja yang dapat mempercepat dalam mencapai target bisnis yang telah ditentukan.

3. Mengembangkan Bisnis Perusahaan yang Lebih Besar

Terakhir, perusahaan dapat melebarkan bisnisnya lebih luas dengan memanfaatkan database yang dikumpulkan dan dikelola oleh sistem IoT.

IoT mampu memfasilitasi berbagai data yang dibutuhkan perusahaan dalam jumlah yang besar dan spesifik.

Dengan ini, IoT memberikan peluang yang besar untuk bisnis semakin berkembang karena data tersebut dapat dianalisis dalam membuat keputusan perusahaan.


Internet of Things


Internet of Things membantu manusia bekerja lebih cerdas dan memberikan kendali penuh yang sangat penting untuk bisnis. IoT menawarkan pandangan real-time tentang bagaimana suatu sistem bekerja hingga memberikan insight prosesnya dari hulu ke hilir dengan sistem yang terhubung satu sama lain.

Pada akhirnya, IoT memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan proses dan mengurangi biaya tenaga kerja.

Telkom Indonesia pun menyadari betapa besarnya potensi dari teknologi IoT untuk membuat bisnis tetap kompetitif. Yuk, kembangkan bisnis Anda lebih jauh dengan IoT Platform dari Telkom Indonesia. 

© Sepenuhnya. All rights reserved.