Pengertian, Sejarah, dan Manfaat Internet UMKM

Bisnis UMKM di era digital sekarang ini tidak hanya terbatas pada transaksi jual-beli. Internet UMKM juga bisa dimanfaatkan untuk menjalin ....

Kehidupan manusia di zaman sekarang sama sekali tidak bisa dilepaskan dari internet. Bahkan teknologi jaringan yang satu berdampak terhadap semua aspek, termasuk internet UMKM.

Sebenarnya, bagaimana peran dan manfaat internet untuk bisnis UMKM? Inilah yang akan dikupas pada artikel ini. Langsung saja scroll ke bawah untuk mendapatkan penjelasan lebih lengkapnya.

Pengertian Internet

Sebelum membahas lebih jauh, sebaiknya pahami dulu pengertian dari internet. Istilah ini bisa diartikan sebagai jaringan komputer yang berbentuk interkoneksi sehingga mampu memberikan layanan informasi dan data dalam sajian lengkap.

Lebih sederhananya, internet adalah kumpulan perangkat dari seluruh dunia yang terhubung satu dengan lainnya pada sebuah jaringan tertentu.

Sejarah Internet

Internet bisa menjadi sebesar sekarang setelah melalui sejarah yang panjang. Berikut ini adalah sejarah perkembangan internet sejak awal sampai hari ini.

  • 1960: ARPANET menghubungkan UCLA dan Stanford;
  • 1971: email pertama kali ditemukan oleh Ray Tomlinson;
  • 1973: ARPANET menggunakan 75% email;
  • 1979: Usenet membuat social network yang pertama;
  • 1983: ARPANET menggunakan protokol TCP/IP;
  • 1991: laman web pertama muncul;
  • 1993: browser berbasis grafis muncul (Mosaic);
  • 1994: internet mulai masuk dan digunakan di Indonesia;
  • 1998: berita online muncul pertama kali, Napster dibuat;
  • 2003: media sosial sudah mulai populer, saat itu MySpace yang paling banyak digunakan;
  • 2004: Facebook muncul;
  • 2007: mobile web diperkenalkan oleh iPhone;
  • 2019: UCLA Samueli School of Engineering merayakan anniversary internet yang ke-50;

Manfaat Internet UMKM

Setelah memahami pengertian dari internet dan sejarahnya, sekarang waktunya untuk memahami bagaimana manfaat internet UMKM yang bisa diperoleh untuk kemajuan usaha.

1. Media Promosi

Internet merupakan salah satu media promosi yang paling potensial saat ini. Bahkan promosi di internet sekarang jauh lebih efektif dibandingkan iklan televisi. Selain itu, biaya yang dibutuhkan untuk promosi di internet juga jauh lebih murah.

2. Media Berjualan Online

Saat ini ada banyak marketplace yang bisa dimanfaatkan untuk berjualan online. UMKM tidak harus memiliki outlet atau store untuk memulai bisnisnya. 

Tidak sedikit UMKM yang baru dirintis dan langsung berkembang pesat karena berjualan online. Tertarik untuk mengikuti jejaknya?

3. Platform untuk Berkomunikasi dan Menjalin Relasi

Bisnis UMKM di era digital sekarang ini tidak hanya terbatas pada transaksi jual-beli. Internet UMKM juga bisa dimanfaatkan untuk menjalin komunikasi dan relasi dengan para konsumen.

Para pebisnis bisa menjalin “kedekatan” dengan konsumennya. Misalnya melalui email marketing maupun social media marketing. 

Hal seperti ini memang wajib dilakukan karena konsumen tidak hanya memerlukan produk. Mereka juga mempertimbangkan bagaimana UMKM memperlakukan konsumennya.

4. Analisis Pasar

Teknologi internet yang ada saat ini jauh lebih memudahkan para pelaku usaha untuk melakukan analisis pasar. Pelaku UMKM tidak harus “terjun” langsung ke lapangan untuk mengetahui siapa target pasarnya, produk apa yang mereka butuhkan, dan bagaimana perilaku target pasar tersebut.

5. Menghemat Biaya

Berkat internet, membuka bisnis tidak harus menyewa toko atau ruko. Semuanya bisa dilakukan melalui toko online. Dengan begitu, biaya yang harus dikeluarkan oleh pelaku UMKM bisa lebih sedikit.

6. Memperluas Jangkauan Pasar

Internet berhasil menghubungkan orang-orang dari seluruh dunia. Artinya, para pelaku bisnis UMKM juga bisa memperluas jangkauan pasarnya berkat keberadaan internet ini. Dengan jaringan yang lebih luas, penjualan bisa ditingkatkan.


Internet UMKM


Internet UMKM memberikan perubahan yang besar. Kini menjalankan UMKM sudah semakin mudah berkat perkembangan teknologi internet. Meski begitu, persaingan juga semakin ketat sehingga para pelaku UMKM harus bisa menerapkan strategi bisnis yang tepat.

Posting Komentar