Begini Cara Membedakan Kamera CCTV yang Aktif atau Tidak

Untuk membedakan CCTV yang aktif dan tidak bisa Anda tempuh dengan menggunakan ponsel Android. Apalagi jika Anda sedang berada jauh dari lokasi .....

AI camera merupakan kamera yang dilengkapi dengan Artificial Intelligence. Dalam bahasa Indonesia AI memiliki makna kecerdasan buatan. AI adalah teknologi canggih yang saat ini sangat berpengaruh dan memiliki manfaat yang besar di semua bidang. Termasuk dalam hal ini kamera CCTV.

Kamera CCTV adalah perangkat yang berfungsi untuk membantu menjaga keamanan. Cara kerjanya hampir mirip dengan kamera video yaitu merekam kejadian di suatu tempat. Pada kamera CCTV gambar dan suara yang direkam akan muncul di monitor. Selain di monitor, Anda pun dapat menyimpan rekaman dengan bantuan DVR yaitu perekam video digital.

Kamera CCTV

Nah, ada kalanya Anda harus memastikan apakah CCTV tersebut masih aktif atau sudah off. Oleh karena itu Anda harus memahami bagaimana cara yang mudah guna mengetahui hal tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak ini hingga akhir.

Cara Membedakan CCTV Aktif dan Nonaktif

Kamera CCTV adalah kamera keamanan yang berfungsi untuk merekam kejadian pada suatu tempat dalam waktu tertentu. Kamera ini bekerja secara otomatis dan nonstop. Oleh sebab itu biasanya pengguna akan sedikit kesulitan untuk mengetahui apakah kamera masih aktif atau tidak. Ini juga berlaku untuk kamera CCTV berteknologi AI.

Anda mungkin bertanya-tanya, apa itu AI camera? Sebenarnya, kamera dengan teknologi AI merupakan perangkat keamanan yang canggih dan cerdas. Kamera jenis ini memiliki banyak keunggulan sehingga sangat cocok untuk Anda pasang di rumah atau di lingkungan tempat kerja.

Seperti yang telah tertera di atas, Anda mungkin akan sedikit bingung untuk mengetahui kamera CCTV dalam posisi aktif atau nonaktif. Lantas, bagaimana cara untuk membedakan CCTV yang masih aktif dan tidak tersebut?

Membedakan Kamera CCTV yang Aktif dan Nonaktif dengan Menggunakan Internet

Guna membedakan kamera CCTV yang aktif dan nonaktif, Anda bisa menggunakan metode melalui jaringan internet. Anda bisa melakukan metode ini dengan cara menghubungkan laptop pada wifi atau internet dengan bantuan software tertentu. Software ini biasanya merupakan bawaan dari perangkat yang sudah Anda install sebelumnya.

Dari sinilah Anda bisa melihat bagaimana status AI camera CCTV yang Anda miliki. Masih aktif dan berfungsi normal atau malah telah off.

Memperhatikan Lampu Infrared dan Pergerakan pada Kamera

Cara membedakan kamera CCTV apakah masih aktif atau tidak juga bisa Anda deteksi dengan memperhatikan lampu infrared pada kamera. Jika lampu masih berkedip, ini mengindikasikan jika kamera pengawas tersebut masih dalam kondisi aktif.

Pergerakan kamera mengikuti arah objek yang bergerak juga merupakan tanda kalau CCTV masih aktif. Dengan demikian Anda tak perlu lagi melakukan pengecekan menggunakan cara lainnya.

Melakukan Pengecekan Menggunakan Ponsel Android

Untuk membedakan CCTV yang aktif dan tidak bisa Anda tempuh dengan menggunakan ponsel Android. Apalagi jika Anda sedang berada jauh dari lokasi pemasangan kamera pengawas tersebut. Untuk menggunakan cara ini, Anda membutuhkan bantuan aplikasi tertentu. Aplikasi ini bisa Anda unduh dan berguna untuk mengontrol kamera CCTV.

Mengecek Material dan Kabel yang Mengcover CCTV

Cara lain yang bisa juga Anda lakukan adalah dengan mengecek material serta kabel yang mengcover CCTV. Bukan tak mungkin Anda telah memasang CCTV palsu yang materialnya plastik dan mudah rusak. Indikasi CCTV palsu juga bisa Anda cek dari warna lampu infrared yang warnanya merah terang dan selalu berkedip.

CCTV

Hikvision ColorVu, Solusi Terbaik untuk Mendukung Sistem Keamanan 

Anda ingin memasang kamera CCTV yang cerdas, berkualitas dan berteknologi tinggi? Pertimbangkan untuk memanfaatkan AI camera dari Hikvision dengan teknologi ColorVu. Kamera pengawas ini merupakan solusi terbaik yang akan mendukung sistem keamanan di rumah Anda atau di tempat lainnya. 

Hal ini tak lain karena Hikvision ColorVu adalah kamera pengawas dengan perangkat keras yang canggih. Perangkat canggih ini sangat bisa diandalkan sebab mampu memproses gambar berteknologi ISP serta penyelarasan aktif. Dengan kecanggihan tersebut, otomatis kamera pengawas ini menghadirkan beberapa keunggulan, di antaranya:

  • Merekam berbagai momen dengan warna terang;
  • Menciptakan warna cerah saat melakukan zoom;
  • Resolusi kamera hingga 4K;
  • Kecerdasan dalam Hikvision ColorVu.

Kamera CCTV dengan teknologi ColorVu adalah kamera dengan kecerdasan buatan atau AI. Anda tentunya sudah tahu apa itu AI camera dari uraian di atas. Sebagai kamera CCTV pintar, Hikvision ColorVu mempunyai kecerdasan gabungan dari perpaduan ColorVu dan AcuSense.

Selain itu, kamera dengan teknologi ColorVu memudahkan dalam penelusuran rekaman gambar yang sedang Anda cari. Juga, Anda dapat memanfaatkan Live Guard, satu fitur yang gunanya mencegah penyusup dengan cara menggunakan alert visual atau pendengaran.

Keunggulan pada kamera Hikvision ColorVu ini tentunya sudah terbukti dengan jelas. Anda tak perlu ragu untuk menggunakannya. Di samping itu, Anda juga tak perlu khawatir jika ingin memastikan apakah CCTV dalam posisi aktif atau tidak. Pasalnya CCTV ini merupakan kamera pengawas cerdas sehingga tak akan sulit untuk mengeceknya.

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lengkap mengenai AI camera Hikvision ColorVu, silakan cek di sini.

© Sepenuhnya. All rights reserved.