5 Alasan Kenapa Lagu Dewa 19 Digemari oleh Berbagai Kalangan

Di Indonesia ada salah satu band legenda, yaitu Dewa 19. Siapa yang tidak kenal? Yap, pastinya dari kalian sudah tidak asing lagi, ...

Siapapun pasti suka mendengarkan musik, bukan? Musik adalah unsur dari seni yang di dalamnya terdapat bunyi, ritme, melodi, warna suara atau timbre, tempo, dinamika, dan harmoni yang bergabung menjadi satu sehingga terdengar begitu indah di telinga.

Seni musik merupakan suatu ungkapan rasa indah manusia dalam wujud nada atau suara yang mengandung makna.

Ada istilah genre musik, setiap genre musik pasti ada yang menyukainya. Hal ini dikarenakan selera musik tiap orang itu berbeda. Terdapat banyak macam genre, antara lain rock, jazz, pop, reggae, hip-hop, blues, soul, EDM, klasik, dan country.

Alasan Kenapa Lagu Dewa 19 Digemari oleh Berbagai Kalangan

Di Indonesia ada salah satu band legenda, yaitu Dewa 19. Siapa yang tidak kenal dengan Dewa 19? Yap, pastinya dari kalian sudah tidak asing lagi, Dewa 19 atau yang biasa disebut Dewa adalah sebuah grup musik bergenre pop rock asal Indonesia yang dibentuk pada tahun 1986 di Surabaya.

Grup band ini telah mengalami beberapa kali pergantian personil. Meskipun demikian, hal tersebut tidak mengurangi ketenaran dari Dewa 19. Bahkan sampai sekarang penikmat lagu Dewa 19 semakin bertambah banyak. Sehingga band satu ini karirnya malah semakin melejit.

Banyak orang beranggapan bahwa lagu Dewa 19 itu enak didengar. Apalagi generasi muda sekarang penikmat musik rock itu sedikit alias minoritas. Namun, dengan adanya Dewa 19 telah membuka pemikiran banyak generasi muda yang sebelumnya kurang suka lagu bergenre rock, malahan sekarang menjadi suka.

Hal ini dikarenakan karya dari Dewa 19 memiliki daya tarik tersendiri yang membuat seseorang suka. Seperti lirik di lagu Dewa 19 yang berjudul “Risalah Hati” liriknya yaitu “aku bisa membuatmu jatuh cinta kepadaku meski kau tak cinta.” Lirik tersebut sesuai dengan kenyataan bahwa awalnya banyak orang yang kurang menyukai bahkan tidak suka dengan lagu rock, tetapi setelah mendengarkan berbagai lagu Dewa 19 yang bergenre rock mereka jatuh cinta dan menjadi penggemar lagu rock. 

Karya lagu Dewa 19 hampir semuanya memiliki melodi dan instrumen yang keren. Kalau kata orang, sih band Dewa 19 ini musikalitasnya tinggi. Hal tersebut yang membuat band satu bisa menghasilkan karya-karya yang memiliki musik yang begitu dicintai banyak orang.

Selain itu, lirik di lagu Dewa 19 juga memiliki makna dan filosofi yang mendalam. Sehingga dalam pembuatan lirik lagu tidak asal-asalan, tetapi memiliki arti penting yang bisa dipahami oleh pendengar serta penikmat musik.

Inilah 5 alasan yang membuat lagu Dewa 19 digemari oleh banyak orang dari berbagai kalangan:

1. Melodi yang Indah

Karya lagu Dewa 19 memiliki melodi yang indah dan lugas. Hal ini membuat para pendengar merasa nyaman dan kagum dengan melodi yang dibuat.

2. Lirik yang Mempunyai Makna dan Filosofi Mendalam

Selain melodinya yang enak didengar, lagu-lagu Dewa 19 juga memiliki lirik yang sangat filosofi dan mudah dipahami. Ada beberapa lagu yang terdapat diksi serta kata-kata yang memiliki gaya Bahasa yang luar biasa keren.

3. Musikalitasnya Tinggi

Lagu yang diciptakan Dewa 19 itu memiliki kualitas yang tinggi dan chordnya pun mahal. Hal ini yang menjadi pembeda antara Dewa 19 dengan group band lain. Di mana lagu-lagu Dewa 19 tidak mudah tergantikan dan ciri khasnya masih membekas.

4. Salah satu group band legendaris Indonesia

Band ini sudah terbentuk begitu lama, tetapi eksistensinya sampai sekarang tidak berkurang sedikitpun. Inilah yang membuat band satu ini disebut sebagai salah satu group band legendaris di Indonesia. Banyak sekali penggemar Dewa 19, baik dari usia muda hingga tua.

5. Nostalgia

Dewa 19 mencapai puncak popularitasnya pada tahun 1990-an dan awal 2000-an. Lagu-lagu Dewa 19 yang penuh emosional dan lirik yang mendalam seringkali menyimpan memori khusus dari para pendengarnya.

Bisa dibilang dengan mendengarkan lagu Dewa 19 seseorang akan bernostalgia. Dengan melihat sekarang Dewa 19 sudah mulai aktif, kembali naik panggung, tentunya membawa atmosfer tersendiri yang ada di benak dan yang ada di larutan  memori penggemar Dewa 19. 

Nah, itu dia 5 alasan kenapa lagu Dewa 19 digemari oleh berbagai kalangan. Maka dari itu, karya musik dari Dewa 19 tidak hanya dianggap biasa saja, tetapi karyanya dihargai sebagai asset dan sejarah penting bagi musik di Indonesia. Musik itu seni yang dapat dinikmati oleh siapa saja tanpa batas usia, sehingga lagu Dewa 19 masih relate dan relevan untuk semua orang yang mendengarkan. 

Penulis: Lailli Brillianta Husna Raudhah
© Sepenuhnya. All rights reserved.