Niki Zefanya: Bukan Hanya Muda, Tetapi Mendunia

Niki Zefanya adalah musisi internasional yang tidak pernah melupakan asalnya. Terbukti saat HUT Kemerdekaan Indonesia, NIKI mengumandangkan lagu ...

Niki Zefanya atau lebih dikenal dengan nama panggung NIKI berprofesi sebagai seorang penyanyi, penulis lagu, dan produser yang berasal dari Indonesia.

Niki Zefanya

Awal Karir Niki Zefanya

NIKI memulai karirnya pada tahun 2012 di Indonesia. Dia menulis single berjudul "Suka Kamu". NIKI akhirnya memantapkan diri untuk mulai berfokus pada industri musik pada tahun 2014. Pada tahun 2014 ia berkesempatan menjadi penyanyi pembuka pada konser Taylor Swift di Jakarta.

Pada saat masa kuliah, NIKI memutuskan untuk berkuliah di suatu Universitas di Amerika. Sambil berkuliah, NIKI kerap menyanyikan lagu yang diunggah di kanal YouTubenya. Lagu yang dibawakan kadang merupakan tulisannya sendiri maupun dari lagu penyanyi yang sudah terkenal.

Siapa sangka hal itu bisa menjadi pembuka jalan karirnya yang sukses di kancah internasional. NIKI kemudian bergabung di naungan agensi 88rising bersama Rich Brian seorang rapper yang juga berasal dari Indonesia. Single yang ditulis NIKI salah satunya berjudul "Lowkey" dan makin dikenal publik.

Suksesnya Nicole World Tour Jakarta

Kesuksesan NIKI dapat terlihat dari suksesnya World Tour yang dilaksanakannya. World Tour tersebut telah dimulai sejak 8 September 2022 sampai 10 Oktober 2023. Kebetulan, Jakarta merupakan salah satu kota yang dipilih NIKI dalam Nicole World Tournya. Nicole World Tour berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 26 dan 27 September 2023 kemarin.

Nicole World Tour Jakarta

Tidak disangka-sangka, tiket Nicole World Tour terjual habis hanya dalam waktu 10 menit saja. Hal tersebut merupakan hal yang sangat mengharukan dan membanggakan.

Acara yang dilangsungkan NIKI sangat mengambarkan antusiasme para penonton. Terbukti dari antrian opengate yang sudah ramai sejak pukul 4 sore, padahal acaranya dilangsungkan pukul 9 malam.

Perwakilan penggemar juga membagikan cendera mata bagi para penonton lainnya. Acara yang dilangsungkan NIKI pun dapat memukau 8000 orang.

Tiket Nicole World Tour

Nicole World Tour ini merupakan acara yang dirasa memiliki kesan tersendiri kepada para penggemarnya. Karena di acara ini, NIKI tidak hanya tampil menyanyikan lagu saja, tetapi ada unsur nostalgia tersendiri di kampung halamannya.

Hambatan Karir Seorang Niki Zefanya

Suksesnya NIKI dalam kancah internasional tidak semata-mata diterima secara instan. Banyak hambatan yang dilalui mengingat NIKI berkarir bukan di negara sendiri.

NIKI mengungkap tantangan terbesarnya saat mencoba berkarir di industri musik Amerika adalah bagaimana NIKI tetap menjadi dirinya sendiri dengan karyanya, dan tetap menyampaikan pesan yang jelas pada setiap karyanya.

Dan untungnya hambatan tersebut dapat teratasi. NIKI memiliki naungan agensi yang tepat yaitu 88rising. Di agensi tersebut NIKI terdorong untuk lebih berani dalam mengekspresikan dirinya melalui karyanya. Dan yang paling penting, di 88rising adalah NIKI dapat tetap mempertahankan serta mengenalkan budaya Asia kepada kancah internasional.

NIKI yang Selalu Bangga Terhadap Indonesia

NIKI adalah musisi internasional yang tidak pernah melupakan asalnya. Terbukti saat HUT Kemerdekaan Indonesia, NIKI mengumandangkan lagu Indonesia Raya di La State Historic Park, Amerika Serikat.

Pada saat itu, NIKI sedang tampil untuk acara Head in The Clouds. NIKI dengan bangga menyanyikan lagu Indonesia Raya sambal menggunakan batik yang merupakan icon Indonesia.

Rekomendasi Beberapa Lagu NIKI 

Setelah mengetahui kesuksesan NIKI sebagai musisi internasional, saya akan merekomendasikan beberapa lagu NIKI. Untuk memudahkannya, saya mengategorikan berdasarkan suasana hati.

Berikut adalah lagu NIKI yang cocok didengarkan jika anda sedang patah hati:

1. Lose

Lose merupakan lagu NIKI yang dirilis tahun 2020. Lose bercerita mengenai suatu hubungan yang dihadapkan perpisahan. Pada saat saya menghadapi fase patah hati, saya sangat senang mendengarkan lagu ini. Karena pada fase patah hati, saya memilih untuk meluapkan isi hati saya melalui lagu.

2. Ocean & Engines

Lagu yang kedua yaitu Ocean & Engines yang memiliki makna orang menghadapi fase patah hati karena baru berpisah dengan seorang kekasih. Lagu ini dominan bercerita tentang kenangan dan seseorang yang belum ikhlas akan ditinggalkan kekasihnya. Alunan musiknya juga sangat menghanyutkan perasaan pada masa patah hati.

3. La La Lost You

Yang terakhir saya rekomendasikan dan merupakan lagu yang paling saya sukai adalah La La Lost You. Lagu ini bercerita tentang hubungan yang pernah dilalui bersama mantan kekasih. Saya sangat menyukai lagu ini karena dalam lagu ini menegaskan bahwa untuk move on sendiri memang tidak mudah, tetapi bukan berarti kita tidak bisa melakukannya. Masih banyak orang lain yang menyayangi kita di luar sana.

Berikut adalah rekomendasi lagu NIKI yang cocok pada suasana hati saat gembira;

1. Vintage

Vintage bercerita tentang kenangan NIKI dengan mantan kekasihnya. Meskipun begitu, pada lagu ini lebih ditonjolkan bahwa NIKI sendiri move on akan hubungannya. Alunan musiknya juga ceria. Sehingga pendengarnya dapat merasakan kegembiraan.

2. Every Sumertime

Lagu Every Summertime menceritakan tentang kecintaan NIKI kepada musim panas. Alunan musiknya juga ceria jadi sangat cocok didengarkan jika sedang ingin atau sedang mengalami suasana hati gembira.

3. Indigo

Indigo adalah lagu NIKI yang memiliki alunan musik bersemangat. Lagu ini cocok didengarkan bagi yang ingin bersemangat sebelum melakukan aktivitas sehari-hari.

Itu adalah beberapa hal yang bisa saya sampaikan tentang NIKI. Perlu diingat sukses bukan segalanya, selalu ingat akan asalnya adalah hal yang sangat penting bagi ke depannya.

Biodata Penulis:

Adara Wiritanaya saat ini aktif sebagai mahasiswa di Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

© Sepenuhnya. All rights reserved.