Sulit Bangun di Pagi Hari, Membuat Tergesa-gesa Berangkat Kuliah

Rutinitas pagi bagi sebagian orang mungkin terasa sulit. Pasalnya untuk bangun dari tempat tidur saja terkadang masih kesulitan, apalagi untuk ...

Rutinitas pagi bagi sebagian orang mungkin terasa sulit. Pasalnya untuk bangun dari tempat tidur saja terkadang masih kesulitan, apalagi untuk rutinitas pagi, pasti sangat sulit dilakukan bagi sebagian besar orang.

Kenapa begitu? Mungkin beberapa orang bertanya tanya mengapa kita sangat sulit untuk bangun tidur di pagi hari, termasuk saya sendiri pun seringkali mempertanyakan hal tersebut. Kenapa ya aku ga bisa bangun pagi? Kenapa ya kalau mau bangun pagi itu rasanya berat banget? Mau angkat badan dari kasur aja kok susah ya? kok bisa sih?

Dari pengalaman saya sendiri kenapa kita sangat sulit bangun pagi, yaitu, karena begadang hingga larut malam, terlalu lama bermain dengan handphone juga menyebabkan kesulitan tidur, bisa juga karena pada waktu siangnya kita tidur cukup lama sehingga pada malam harinya menjadi sulit tidur, atau bisa juga karena terlalu banyak pikiran menyebabkan tidur tidak nyaman karena terlalu gelisah, badan terlalu lelah juga bisa menjadi penyebabnya. Dari permasalahan tersebut kita jadi kesulitan bangun pada pagi harinya.

***

Saya sendiri sebagai mahasiswa seringkali merasa kesulitan bangun pagi karena tidur terlalu malam. Terutama saat sudah memasuki perkuliahan. Di mana tugas yang diberikan oleh dosen kepada mahasiswa baru terlalu banyak, hal ini dikarenakan mahasiswa baru sedang menjalani masa transisi dari masa SMA ke dunia perkuliahan sehingga diperlukannya adaptasi.

Pada saat SMA tugas yang diberikan rasa rasanya masih bisa dikerjakan walau dalam tenggat waktu yang berdekatan, sedangkan di perkuliahan ini kita harus mengerjakan beberapa tugas dalam waktu yang singkat dengan tugas yang tidak sedikit serta tidak dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat.

Hal ini menyebabkan waktu tidur mahasiswa menjadi berkurang sehingga di pagi harinya menjadi sulit bangun karena masih sangat mengantuk.

Selain itu juga penyebab dari sering sulit tidur sehingga di pagi harinya bangun kesiangan adalah karena terlalu lama bermain handphone, bahkan mungkin bisa sampai hampir dua belas jam/hari. Apalagi pada saat libur panjang kemarin sebelum masuk kuliah, pasti banyak dari mahasiswa baru yang memiliki banyak luang, karena bosan tidak melakukan apapun bermain handphone hampir seharian menjadi rutinitas.

Hal-hal itu tadi yang menyebabkan seringkali bangun terlambat sehingga pada saat akan berangkat kuliah menjadi tergesa-gesa bahkan karena buru-buru berangkat kuliah sampai lupa membawa alat-alat yang diperlukan pada hari itu juga.

Apalagi kalau jam mata kuliah diadakan pagi hari, maka akan membutuhkan ekstra tenaga untuk berusaha bisa bangun di pagi hari agar tidak terlambat masuk kuliah.

Sulit Bangun di Pagi Hari

Untuk meminimalisir keterlambatan bangun pagi, salah satu caranya yaitu dengan memasang alarm secara berkala. Seperti contohnya jika ingin bagun di pukul 05.00 pagi, maka memasang alarm dipukul 03.00 pagi, selanjutnya memasang alarm dipukul 03.30 pagi, kemudian berlanjut memasang alarm dipukul 04.00 pagi, lalu memasang alarm pukul 04.30 pagi dan setelahnya memasang alarm dipukul 05.00 pagi.

Dengan memasang alarm secara berkala dapat meminimalisir bangun terlambat serta dapat bangun dengan waktu sesuai jam yang harapkan. Tujuan dari memasang alarm secara berkala adalah jika pada pemasangan alarm pertama tidak bisa terbangun masih ada alarm selanjutnya hingga terbangun. 

***

Perjuangan untuk bangun pagi memang sulit. Belum lagi melawan rasa malas untuk bangkit dari tempat tidur, lalu bagaimana solusinya? Ada beberapa cara untuk mengatasi agar dapat bangun pagi, yang pertama tentunya hindari begadang, karena jika hal tersebut dilakukan, waktu tidur kita akan berkurang yang idealnya 7 – 8 jam.

Kedua, letakkan alarm jauh dari jangkauan kita, mengapa? Karena jika meletakkan alarm di tempat yang dapat dijangkau maka usaha kita akan sia-sia, jika kita melakukan itu maka akan dengan mudah mengambil dan mematikannya  dan kemudian melanjutkan tidur.

Ketiga, jika sudah bangun selanjutnya bangkit dari tempat tidur serta membasuh muka dengan air untuk menyegarkan kita agar tidak mengantuk lagi.

***

Melakukan rutinitas bangun pagi merupakan suatu kebiasaan yang baik. Karena dengan bangun pagi kita dapat lebih siap dalam menjalani rutinitas selanjutnya tanpa terburu-buru.

Biodata Penulis:

Amalia Firdaus Madani lahir pada tanggal 29 Januari 2005 di Karanganyar. Saat ini ia aktif sebagai mahasiswa di Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

© Sepenuhnya. All rights reserved.