7 Anime yang Wajib Kamu Tonton: Nomor 4 Wajib Banget Masuk List Kamu!

Siapa yang tidak kenal dengan negara Jepang? Jika berbicara mengenai negara yang dijuluki dengan Negeri Sakura ini, maka tidak dapat terlepas dari movie atau series yang dikenal luas dengan nama anime. Anime merupakan seni animasi khas Jepang yang banyak diminati oleh seluruh orang di dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Anime selalu memiliki tempat di hati para penggemarnya. Karakternya yang unik, kisah-kisah yang memukau, dan dunia fantasi yang menakjubkan selalu menjadi daya tarik dari anime. Dari aksi lucu, romantis hingga menegangkan selalu berhasil memenangkan hati para penonton.

Nah, aku mau kasih tahu nih, 7 rekomendasi anime yang siapa tahu bisa menangin hati kamu. Anime seru dari berbagai genre yang dapat mengisi hari-harimu!

1. Weathering With You (Tenki no Ko)

Di urutan pertama, ada anime fantasi romantis yang berjudul Weathering With You yang liris pada tahun 2019, ditulis dan disutradarai oleh Makoto Shinkai. Anime ini bercerita tentang fenomena alam yang terjadi daerah Tokyo, Jepang.

Weathering With You (Tenki no Ko)

Mengisahkan dua orang tokoh yang bernama Hodaka dan Hina. Perjalanan dimulai ketika Hodaka yang merupakan seorang pekerja di sebuah kantor majalah kecil bertemu dengan Hina, gadis yang tampak seperti gadis pada umumnya tapi sebenarnya mempunyai kekuatan untuk mengendalikan cuaca.

Karena Hodaka mengetahui rahasia Hina, mereka berdua sepakat untuk bekerjasama menghasilkan uang dari kekuatan yang dimiliki oleh Hina.

2. A Silent Voice (Koe no Katachi)

Anime ini cocok buat kamu yang lagi ingin nangis, karena cerita yang disajikan sangat menyentuh hati. Bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Shouya Ishida yang suka membully teman kelasnya yaitu, seorang gadis tuli bernama Shouko Nishimiya.

A Silent Voice (Koe no Katachi)

Sebuah insiden terjadi pada Shouya sehingga dia berubah menjadi anak yang baik dan lebih pendiam. Setelah bertahun-tahun lamanya, Shouya bertemu dengan Shouko, Shouya berharap dia masih bisa memperbaiki kesalahan yang dia lakukan di masa lalu terhadap Shouko.

3. Suzume no Tojimari

Anime yang rilis pada bulan Maret 2023 di Indonesia ini masih satu sutradara dengan anime Weathering With You loh, mengangkat tema yang sama juga yaitu fantasi romantis. Bercerita tentang Suzume, gadis SMA yang bertemu dengan pria pencari pintu misterius bernama Souta.

Suzume no Tojimari

Karena mengikuti Souta, Suzume melihat pintu lapuk yang berdiri tegak di antara reruntuhan. Karena penasaran akhirnya Suzume membuka pintu itu dan terjadilah runtutan kejadian yang akan membawa Jepang dalam kenhacuran. Apakah Suzume dan Souta berhasil menyelamatkan Jepang dari kehancuran?

4. Spirited Away (Sen to Chihiro no Kamikakushi)

Anime animasi dari Studio Ghibli yang penuh pesan moral ini sangat banyak dibicarakan karena alur cerita yang dikemas apik, penokohan karakter yang sangat pas dan juga grafik yang sangat memanjakan mata. Anime ini menceritakan Chihiro yang terjebak dalam dunia para roh.

Spirited Away (Sen to Chihiro no Kamikakushi)

Perjalanan dimulai ketika Chihiro dan keluarganya dalam perjalanan ke rumah baru, tetapi mereka berhenti di depan terowongan misterius, tak disangka ternyata di balik terowongan itu ada sebuah desa yang penuh dengan makanan, tetapi desa itu sangat sepi. Karena orangtuanya memakan makanan yang ada di sana, mereka berubah menjadi babi, sedangkan Chihiro yang ketakutan berlari hingga bertemu dengan Haku. Apakah Chihiro bisa mengembalikan orang tuanya seperti semula dan keluar dari desa itu?

5. A Whisker Away (Nakitai Watashi wa Neko wo Kaburu)

Kembali lagi pada anime fantasi romantis. A Whisker Away merupakan anime yang bercerita tentang Miyo, gadis yang memiliki sebuah rahasia. Pada saat festival musim panas Miyo berubah menjadi seekor kucing putih karena memakai topeng kucing yang diberikan oleh roh kucing.

A Whisker Away (Nakitai Watashi wa Neko wo Kaburu)

Suatu hari topeng yang dipakai Miyo terlepas dari wajahnya dan diambil oleh roh kucing sehingga tubuh Miyo terjebak dalam wujud kucing. Karena takut tubuhnya tidak bisa kembali seperti semua Miyo mengunjungi pulau kucing untuk mengambil kembali topeng wajahnya. 

6. Your Name (Kimi no Nawa)

Kimi no Nawa atau biasa disebut Your Name adalah anime karya sutradara Makoto Shinkai yang rilis pada tahun 2019. Anime ini bergenre fantasi romance. Fyi, Kimi no Nawa berhasil membesarkan Makoto Shinkai karena kepopuleran anime ini dan meraih berbagai penghargaan.

Your Name (Kimi no Nawa)

Anime yang bercerita tentang Mitshua, seorang gadis desa yang bertukar tubuh dengan seorang siswa SMA di Tokyo bernama Taki. Karena merasa kebingunan dengan kejadian ini, mereka berusaha mencari satu sama lain. Akan tetapi, tiba-tiba mereka sudah tidak bisa bertukar tubuh lagi, maka dari itu Taki berusaha untuk membuktikan jika apa yang dialaminya adalah nyata. 

Melalui ingatan saat bertukar tubuh, Taki mendatangi tempat yang sama saat dia masih di dalam tubuh Mitshua. Sesampainya di tempat tersebut, Taki justru menemukan fakta yang sangat mengejutkan.

7. My Neighbor Totoro (Tonari no Totoro)

Datang lagi dari Studio Ghibli, kali ini ada My Neighbor Totoro. Anime yang liris pada tahun 1988 bergenre fantasi petualangan karya sutradara Hayao Miyazaki yang juga menyutradarai anime Spirited Away. Anime yang cocok banget buat kalian yang lagi ingin bersantai karena alur cerita anime ini tidak berat.

My Neighbor Totoro (Tonari no Totoro)

Berkisah dari dua anak perempuan kakak adik yang bernama Kusakabe Satsuki dan Kusakabe Mei mengikuti ayahnya pindah rumah karena pekerjaannya ke sebuah desa kecil bernama Showa.

Suatu hari ketika Mei sedang bermain sendirian, Mei melihat makhluk berbulu seperti kelinci yang tak lain adalah Totoro. Saat menjemput ayahnya di halte bus, mereka berdua bertemu dengan Totoro, dari situlah petualangan kakak adik itu dengan Totoro dimulai.

Itulah beberapa rekomendasi anime yang bisa kamu tonton sendiri maupun bersama keluarga untuk mengisi waktu luang, selamat menonton!

Biodata Penulis:

Atha Karisma Ardani saat ini aktif sebagai mahasiswa di Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

© Sepenuhnya. All rights reserved.