Bulan Puasa Mager-Mageran? Yuk, Lakukan 8 Tips Ini Agar Tetap Produktif!

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa menahan lapar dan haus saat berpuasa dapat membuat tubuh lebih mudah merasa lelah dan lemas dibandingkan dengan ...

Saat berpuasa di bulan Ramadhan, banyak orang yang malah jadi lebih sering rebahan alias tidak produktif. Padahal, menjalankan ibadah puasa bukan alasan untuk kita bermalas-malasan. Seseorang yang berpuasa harus memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin dalam mengatur aktivitasnya. Misalnya, dalam mengatur jadwal untuk bekerja dan juga melakukan ibadah, seperti membaca Alquran, berdzikir, sholat, sedekah dan lain sebagainya.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa menahan lapar dan haus saat berpuasa dapat membuat tubuh lebih mudah merasa lelah dan lemas dibandingkan dengan hari-hari ketika tidak berpuasa. Namun hal tersebut bukanlah halangan untuk tetap menjaga produktivitas kita di bulan Ramadhan yang mulia ini.

Bulan Puasa

Lalu, gimana sih cara untuk menjaga tubuh kita tetap produktif selama berpuasa? Berikut beberapa tipsnya:

1. Memulai Semuanya dengan Niat

Salah satu kunci utama supaya tetap produktif di bulan Ramadhan adalah dengan memasang niat. Jika hati kita sudah berniat untuk bekerja dan produktif selama berpuasa, maka hal tersebut akan tercapai. Tetapi bila dari awal kita sudah merasa tidak mampu, maka kita akan sulit untuk melakukannya.

2. Membuat Daily Plan

Daily Plan membantu kita untuk merencanakan kegiatan harian. Catat aktivitas-aktivitas yang akan dilakukan pada hari itu. Dan tidak lupa menceklis setiap aktivitas yang telah dilakukan, agar kegiatan harian dapat terorganisir dengan baik dan tidak ada yang terlewatkan.

3. Buat Target Selama Ramadhan

Membuat target dapat memotivasi diri kita untuk tetap aktif dan produktif selama berpuasa. Misalnya yaitu target mengkhatamkan Al-Qur'an selama ramadhan, bisa dengan membaca Al-Qur'an minimal 1 juz setiap harinya. Target tersebut bisa membuat kita terus bersemangat dalam menjalani hari-hari selama berpuasa.

4. Tidak Tidur Setelah Sahur

Sahur merupakan sesuatu yang berat dilakukan bagi kebanyakan orang. Setelah makan sahur, biasanya rasa kantuk akan menyerang. Akan tetapi, kita harus menghindari tidur setelah sahur.

Selain tidak baik untuk kesehatan, tidur setelah sahur juga akan membuat kita malas beraktivitas di hari tersebut. Selesai sahur sebaiknya kita mandi supaya badan menjadi segar, setelah itu manfaatkanlah waktu untuk melakukan pekerjaan atau bertadarus sembari menunggu adzan shubuh.

5. Perhatikan Asupan Makanan saat Berbuka dan Sahur

Makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka sangat berpengaruh pada aktivitas kita dalam menjalani hari. Oleh karena itu, kita disarankan untuk mengkonsumsi makanan bergizi pada saat sahur dan berbuka supaya tubuh tidak mudah lesu disiang hari saat berpuasa.

6. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup dapat membantu mengembalikan kesegaran tubuh sehingga bisa kembali beraktivitas dengan optimal. Jika biasanya pada jam istirahat siang digunakan untuk makan, dibulan puasa ini kita bisa memanfaatkan waktu istirahat untuk tidur sejenak selama 15-30 menit.

7. Manfaatkan Waktu Luang untuk Beribadah

Puasa tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga bermanfaat dalam segi spiritual. Gunakan waktu luang saat berpuasa untuk memperbanyak ibadah seperti mengaji, salat Tarawih, bersedekah, melakukan kegiatan bermanfaat dan amalan lainnya. Mengingat di bulan puasa ini pahala amalan kita akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

8. Olahraga Ringan

Olahraga dapat meningkatkan kebugaran tubuh sehingga kita bisa lebih bertenaga dan bersemangat. Kita bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau bersepeda di sore hari menjelang berbuka puasa.

Itulah beberapa tips agar tubuh tetap produktif selama bulan Ramadhan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan kita semua diberikan kelancaran menjalankan puasa Ramadhan tahun ini. Selamat mencoba tips-tips di atas!

Biodata Penulis:

Nurussyifa Khoiril lahir 7 Maret 2005. Saat ini ia aktif sebagai mahasiswa di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

© Sepenuhnya. All rights reserved.