Kurma: Si Kecil Berjuta Manfaat

Kurma ialah tanaman tradisional yang penting di Arab, Turki, Iraq, Afrika Utara sampai ke Maroko. Di negara-negara islam, kurma dan yogurt atau ...

Bulan Ramadhan merupakan bulan istimewa yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat islam. Karena di bulan Ramadhan, setiap perbuatan kebaikan yang dilakukan oleh umat muslim akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Keidentikan bulan Ramadhan atau bulan puasa dapat ditandai dengan adanya kurma yang dijual di mana-mana. Biasanya kurma dikonsumsi saat berbuka puasa, agar mendapatkan kesunahan dalam berbuka puasa dengan yang manis-manis. Sebab rasa manis yang pas dan banyak akan manfaatnya.

Dari Mana sih Kurma Berasal?

Kurma ialah tanaman tradisional yang penting di Arab, Turki, Iraq, Afrika Utara sampai ke Maroko. Di negara-negara islam, kurma dan yogurt atau susu adalah makanan tradisional yang utama untuk berbuka puasa pada saat bulan ramadhan.

Kurma

Begitu pula kita umat islam yang ada di Indonesia, meskipun kurma ini hanya tumbuh dan berbuah di negara kering dan tidak bisa tumbuh serta berbuah di negara kita. Tetapi kita tetap ikhtiar atau berusaha agar bisa mendapatkannya dengan cara impor dari luar negeri.

Kok bisa ya negara kita sampai impor buah itu. Emangnya apa sih manfaat dari buah kurma?

Manfaat Buah Kurma

Kurma adalah buah yang kaya akan manfaat bagi kesehatan, antara lain:

1. Konstipasi dan Gangguan Pencernaan

Buah kurma biasanya disebut sebagai makanan pencuci perut yang alami. Tingginya serat yang dimiliki kurma, dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi masalah konstipasi. 

2. Meningkatkan Berat Badan dengan Sehat

Kurma merupakan buah yang ideal bagi orang-orang yang ingin meningkatkan berat badan dengan cara sehat. Kandungan gula, protein dan vitamin dalam kurma membuatnya menjadi tambahan yang baik untuk diet, terutama pada masa pemulihan dari cedera atau sakit.

3. Pencegah Kanker Abdomen

Berdasarkan penelitian modern menunjukkan bahwa kurma dapat membantu dalam pencegahan kanker abdomen. Melimpahnya kandungan nutrisi bersama sifat-sifat antioksidan, membuat kurma menjadi pilihan yang baik untuk melindungi tubuh dari risiko kanker yang mematikan. 

4. Penyakit Darah dan Anemia

Kurma mengandung zat besi yang tinggi. Sehingga kurma dapat menjadi suplemen diet yang efektif bagi penderita anemia. Juga dapat membantu menyeimbangkan kekurangan zat besi pada pasien anemia, serta meningkatkan energi dan tenaga, bisa juga mengurangi rasa lelah dan lesu. Jadi kurma cocok dikonsumsi setelah melaksanakan ibadah puasa agar bisa bangkit dari rasa lelah dan lesu. 

5. Meningkatkan Energi dengan Cepat

Kurma ini mengandung gula alami seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa. Sehingga menjadikannya sebagai camilan itu sangat baik sekali. Karena dapat menambah energi dengan cepat. Jika anda merasa lesu atau letih, mengonsumsi buah kurma dapat memberikan dorongan energi yang diperlukan tubuh dalam waktu singkat. 

6. Kesehatan Tulang yang Optimal

Kurma ini juga merupakan sumber mineral yang penting untuk kesehatan tulang. Kurma pun mengandung selenium, tembaga, mangan, dan magnesium yang dapat mendukung pertumbuhan dan kekuatan tulang, menjadi tambahan yang baik terutama bagi mereka yang menua dan menghadapi risiko osteoporosis. 

7. Mengontrol Kadar Gula Darah

Meskipun kurma memiliki rasa manis, indeks glikemiknya relatif rendah. Hal ini membuat kurma aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, bahkan dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Kandungan antioksidan dalam kurma juga dapat membantu mencegah resistensi insulin. 

8. Mendukung Kesehatan Jantung

Kurma memiliki potensi yang luar biasa untuk mendukung kesehatan jantung. Kandungan magnesium dan kaliumnya membantu menjaga tekanan darah dalam kisaran normal. Serat yang ada di kurma juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh, mengurangi risiko penyakit jantung. 

9. Khasiat untuk Masalah Mata (Rabun Senja) 

Selain manfaat-manfaat untuk kesehatan seperti di atas, kurma juga dapat membantu mengurangi frekuensi rabun senja. Penggunaan daun palem kurma atau konsumsi buahnya secara teratur dapat memberikan perlindungan tambahan untuk kesehatan mata. 

10. Mengatasi Masalah Mabuk

Kurma telah terbukti efektif sebagai obat alami untuk mengatasi efek mabuk akibat konsumsi alkohol. Rendam kurma semalam, lalu pijat atau konsumsi pada keesokan harinya untuk meredakan gejala mabuk. 

11. Penangkal Diare yang Alami

Kurma mengandung potassium, yang dikenal efektif dalam mengendalikan diare. Kemampuan mudah dicerna membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk meredakan diare kronis. 

12. Mendukung Kesehatan Ibu Hamil

Bagi ibu hamil, kurma dapat  menjadi tambahan yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin. Kandungan zat besi, kalsium dan vitamin dalam kurma dapat membantu mengurangi risiko kelahiran prematur dan memberikan dukungan gizi yang optimal. 

13. Menjaga Kesehatan Sistem Syaraf

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam kurma dapat mendukung kesehatan sistem syaraf. Khususnya kandungan potassium membantu menjaga responsivitas sistem syaraf, meningkatkan kecepatan aktivitas otak, dan menjaga kesehatan syaraf secara keseluruhan.

Jadi, Kurma merupakan buah yang kaya akan manfaat. Walaupun buahnya rasanya manis, bentuknya kecil, imut, dan ada yang basah juga ada yang kering. Setelah tahu manfaat dari kurma. Jangan lupa ya nanti berbuka puasa dengan kurma. 

Biodata Penulis:

Muhammad Muhaimin lahir 2 Juni 2005 di Semarang. Saat ini ia aktif sebagai mahasiswa di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

© Sepenuhnya. All rights reserved.