Mengoptimalkan Penggunaan Waktu Belajar untuk Menghadapi UTBK

UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) adalah salah satu ujian seleksi yang dipergunakan untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.

Setelah pendidikan jenjang SMA/sederajat, kebanyakan dari siswa SMA yang lulus akan melanjutkannya ke dunia perkuliahan, khususnya Perguruan Tinggi Negeri. Cara agar bisa berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Indonesia bisa dilalui dengan banyak cara, yaitu SNBP, SNBT-UTBK, dan Mandiri atau ujian masuk yang diadakan oleh masing-masing universitas negeri.

UTBK

UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) adalah salah satu ujian seleksi yang dipergunakan untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. UTBK dicetuskan sejak 2018 dan mulai dilaksanakan pada 2019.

Dalam memaksimalkan waktu belajar untuk menghadapi UTBK di tahun 2024 ini, seorang pelajar dapat mengikuti berbagai prosedur seperti di bawah ini:

  1. Buatlah jadwal belajar yang teratur, sediakan waktu untuk meninjau setiap bagian materi. Hindari pembelajaran mendadak dan revisi secara berkala. 
  2. Pahami materi pembelajaran UTBK 2024, yang terdiri dari tes akademik dengan empat subtes yaitu potensi kognitif, penalaran matematis, literasi Bahasa Indonesia dan kemampuan membaca Bahasa Inggris. Pastikan seorang pelajar tersebut memahami konsep dasar dan soal latihan terkait.
  3. Gunakan bahan belajar yang sesuai, ada banyak bahan belajar yang bisa digunakan secara online seperti: buku panduan belajar, video tutorial dan latihan soal secara online. Pastikan sumbernya sesuai dan seorang pelajar tersebut dapat memahami konsep dasar dan latihan soal-soal terkait.
  4. Mengikuti tryout UTBK, dengan mengikuti tryout UTBK, seorang pelajar dapat mengukur kemampuan dan mendapatkan pengalaman dalam mengerjakan soal-soal serupa dengan yang akan diujikan di UTBK 2024.
  5. Istirahat yang cukup, ingatlah untuk istirahat yang cukup selama belajar dan sebelum ujian. Berada dalam kondisi fisik dan mental yang baik akan membantu seorang pelajar tersebut berkonsentrasi dan lulus ujian.
  6. Memahami petunjuk ujian, sebelum mengikuti ujian, luangkan waktu untuk membaca dan memahami petunjuk dengan cermat.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, seorang pelajar dapat mengoptimalkan waktu belajar untuk menghadapi UTBK 2024. Selamat belajar dan semoga berhasil!

Biodata Penulis:

Wina Alya Ramadhani lahir pada tanggal 19 Juli 2005. Saat ini ia aktif sebagai mahasiswa, program studi Pendidikan Agama Islam, di Universitas Negeri Islam K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

© Sepenuhnya. All rights reserved.