Biografi Anthony Ginting, Pahlawan Bulu Tangkis Indonesia di Finalis All England 2024

Anthony Sinisuka Ginting, masyarakat Indonesia biasa menyebutnya Ginting merupakan pemain bulu tangkis Indonesia yang kini menempati peringkat ....

Anthony Sinisuka Ginting, masyarakat Indonesia biasa menyebutnya Ginting merupakan pemain bulu tangkis Indonesia yang kini menempati peringkat 3 dunia di sektor tunggal putra. Lahir di Cimahi, 26 Oktober 1996. Ginting memiliki 4 saudara kandung dari Sang Ayah bernama Edison Ginting dan Sang Ibu Lucia Sriati yang sudah meninggal dunia sejak 9 Agustus 2023. Kisah asmara Ginting sekarang sudah bertunangan pada tanggal 3 Februari 2024 dengan wanita pilihannya yaitu Mitzi Abigail, mantan pebulu tangkis Indonesia sektor tunggal putri dan memutuskan gantung raket untuk fokus di jenjang pendidikan.

Ginting mengenal cabang olahraga bulu tangkis saat umur 5 tahun dari sang Ayah yang senang bermain bulu tangkis bersama teman kantornya. Ayahnya menemukan klub bulu tangkis PB SGS PLN Bandung, Jawa Barat yang mana klub tersebut binaan Taufik Hidayat legenda bulu tangkis Indonesia, lalu Ginting mencoba bergabung dan memenangkan beberapa pertandingan lokal sampai akhirnya ia masuk Pelatihan Nasional PBSI di tahun 2013. Ia memulai prestasi badminton dibangku SD salah satunya menjuarai Kompetisi MILO School Competition kategori tunggal putra SD tahun 2008 dan menjuarai turnamen yang sama pada tingkat SMP.

Anthony Ginting

Lagi-lagi nama Ginting tidak pernah lepas dari prestasi bulu tangkis dunia. Beberapa pekan lalu menjadi runner-up All England 2024 setelah kalah dari rekan senegaranya, Jonatan Christie. Terulang kembali All Indonesian Final di sektor tunggal putra pada turnamen All England sejak terakhir kali terjadi tahun 1994.

Dengan raihan semoga prestasi ini bisa menjadi motivasi lebih khususnya bagi tunggal putra Indonesia untuk terus berjaya. "Siapapun yang menang ini untuk Indonesia untuk tunggal putra. Semoga dengan hasil kami berdua bisa menjadi motivasi lagi baik yang pratama dan utama" ucap Ginting.

Perjuangan menuju partai final tentunya tidak mudah. Di semifinal, Ginting melawan Viktor Axelsen dimana ia memiliki julukan monster tunggal putra dan memiliki pencapaian rekor dengan menempati peringkat pertama dunia terlama di sektor tunggal putra.

Dengan adanya prestasi Ginting selama ini tidak lupa ia mendapat dukungan tak hanya keluarganya tetapi juga Badminton Lovers yang selalu support secara langsung saat pertandingan maupun di sosial media. "Buat BL (Badminton Lovers) semua teman-teman yang sudah dukung sama kasih doa buat saya selama ini, terima kasih dukungan dan doanya juga kita semua sukses terus sama-sama, amin" ujar Ginting saat di wawancara Indosportdotcom. Banyak gelar juara yang sudah diraih Anthony Ginting dikancah internasional dalam 5 tahun terakhir, di antaranya sebagai berikut: 

  1. Winner Mens Singles Indonesia Masters 2020;
  2. Bronze Medal Mens Singles Olympic Tokyo 2020;
  3. Gold Medalists Team Thomas Cup 2021;
  4. Winner Mens Singles Singapore Open 2022;
  5. Winner Mens Singles Hylo Open 2022;
  6. Runner-up Mens Singles Word Tour Finals 2022;
  7. Winner Mens Singles Badminton Asian Championships 2023;
  8. Winner Mens Singles Singapore Open 2023;
  9. Runner-up Mens Singles Indonesia Open 2023;
  10. Runner-up Mens Singles All England 2024.

Itu dia biografi Atlet Bulu Tangkis sektor tunggal putra kebanggaan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting. Pastinya sangat membanggakan bukan? Ini pastinya menjadi motivasi semua untuk terus berlatih dan pantang menyerah pada potensi bakat yang kita punya agar dikemudian hari mendapat hasil yang diharapkan.

Biodata Penulis:

Isma Risqi Hanifah saat ini aktif sebagai mahasiswa di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

© Sepenuhnya. All rights reserved.