Ciptakan Kenyamanan di Lingkungan Kos Melalui Interaksi

Tinggal di tempat yang jauh dari keluarga seorang diri bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika sudah terbiasa dengan kehangatan rumah dan suasana rumah.

Sebagai makhluk sosial, kita tak terhindar dari interaksi, karena kehidupan sendiri pun tak terbayangkan tanpa bantuan orang lain. Interaksi adalah jalinan hubungan antara individu yang saling memengaruhi satu sama lain. Kita berinteraksi dalam keseharian kita, baik itu di lingkungan sekitar maupun di lingkungan yang lebih kecil seperti kos-kosan.

Tinggal di tempat yang jauh dari keluarga seorang diri bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika sudah terbiasa dengan kehangatan rumah dan suasana rumah. Beberapa anak kos mungkin akan merasa kaget, karena saat di rumah dapat berkomunikasi selalu dengan keluarga, sedangkan di kos akan merasa kesepian dan hampa. Perasaan-perasaan seperti ini dapat membuat anak kos merasa tidak betah dan ingin pulang ke rumah. 

Rasa kesepian dan kesendirian yang terus berlarut bisa mengganggu kesehatan mental, seperti gangguan suasana hati (mood) dan kecemasan. Sehingga perlunya menciptakan kenyamanan di lingkungan kos melalui interaksi. Bangun suasana rumah pada lingkungan kos, agar semakin betah di kos dan tidak timbul perasaan kangen rumah.

Ciptakan Kenyamanan di Lingkungan Kos Melalui Interaksi

Bagi kamu yang sedang merasakan ketidaknyamanan di lingkungan kos (kesepian) kamu bisa menyimak pembahasan kali ini. Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menciptakan kenyamanan di lingkungan kos. 

1. Saling Menyapa

Saling menyapa di lingkungan kos dapat dilakukan ke sesama teman kos maupun ibu kos atau penjaga kos. Meskipun menyapa terlihat singkat, namun hal ini perlu dilakukan untuk berinteraksi.

Saling menyapa dapat menciptakan keakraban, karena orang yang disapa akan merasa dianggap oleh orang yang menyapa. Saling menyapa juga dapat menjadi permulaan dalam berkomunikasi satu sama lain.

2. Tolong Menolong

Sebagai makhluk sosial, saling membantu adalah hal yang wajar. Dengan berbagi bantuan, kita tidak hanya mempererat ikatan persaudaraan, tetapi juga menguatkan hubungan antarindividu. Jangan ragu untuk meminta bantuan, karena memberi kesempatan pada orang lain untuk membantu juga membangun rasa percaya diri mereka.

Di sisi lain, jadilah orang yang siap membantu ketika diminta, karena suatu hari nanti kita pun akan memerlukan bantuan mereka. Bantuan bisa terjadi di lingkungan sekitar seperti kos, misalnya meminta tolong mengunci gerbang di malam hari, meminta untuk dibangunkan saat tertidur, atau bahkan membantu teman dengan meminjamkan barang yang dibutuhkan.

3. Makan Bersama dan Berbincang-bincang

Bangun suasana rumah juga dapat dilakukan dengan makan bersama dan berbincang-bincang. Makan secara bersama memberikan kenikmatan tersendiri. Melalui makan bersama bisa saling bercengkrama dan menceritakan kegiatan masing-masing pada hari tersebut.

Berbincang-bincang dan tertawa bersama dapat membawa kebahagiaan serta dapat melupakan rasa lelah dan penat. Hal ini lah dapat menciptakan keakraban dan kehangatan di lingkungan kos. 

4. Saling Peduli

Salah satu bentuk kebaikan dan sifat yang kerap dilupakan adalah kepedulian terhadap sesama. Rasa peduli juga dapat dilakukan di lingkungan kos, seperti menanyakan sudah makan atau belum, mengajak membeli makan bersama, mengajak makan bersama, menanyakan kabar, dan adanya sikap simpati dan empati.

Rasa peduli ini penting karena seseorang akan merasa bahagia jika diperhatikan dan diperdulikan oleh orang lain.

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa teman-teman lakukan untuk menciptakan kenyamanan di lingkungan kos. Interaksi sosial adalah cara yang luar biasa untuk menciptakan kenyamanan dan mengatasi rasa kesepian. Setiap manusia harus saling menjaga hubungan baik antar sesama.

Biodata Penulis:

Alma Aprilistya lahir di Sanggau pada tanggal 9 April 2005.

© Sepenuhnya. All rights reserved.