Pengaplikasian Teknologi AI dalam Pembelajaran

AI menciptakan banyak aplikasi yang membantu para guru untuk memudahkan pembelajaran menggunakan teknologi ini. Kamu pastinya penasaran dengan ...

Hello everyone, tahukah kamu apa itu AI? yups, AI atau Artificial Intelligence adalah kecerdasan buatan manusia pada bidang ilmu komputer yang dibuat untuk membantu dalam memecahkan masalah. AI ini sangat berguna loh buat kamu yang sedang belajar agar tidak kesulitan dan ketinggalan zaman.

Pengaplikasian Teknologi AI dalam Pembelajaran

AI menciptakan banyak aplikasi yang membantu para guru untuk memudahkan pembelajaran menggunakan teknologi ini. Kamu pastinya penasaran dengan aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk kegiatan pembelajaran agar lebih mudah. Nah, di sini saya mencantumkan beberapa aplikasi AI yang bisa kamu akses secara gratis. Yuk, simak sampai selesai apa saja aplikasinya dan apa manfaat lainnya dari aplikasi dibawah ini

1. ChatGPT

Yang pertama ada ChatGPT, kalau kalian mahasiswa pastinya sudah pernah dengar apa itu ChatGPT. ChatGPT adalah aplikasi yang didesain untuk berkomunikasi dengan AI melalui chat. Aplikasi ini bisa bermanfaat dalam menjawab pertanyaan, menyusun tulisan, menyusun email, menyusun cerita maupun kode kode pemrograman. Sehingga, kalian tidak perlu kesusahan menulis ataupun menjawab pertanyaan.

Yang menarik dari aplikasi ini yaitu kalian bisa mengedit pembicaraan yang ditulis kemudian ChatGPT akan mengubah hasil kerjanya menurut apa yang kamu tulis.

2. Paraphrase Tools

Paraphrase adalah aplikasi terunggul untuk memparafrasekan teks secara gratis yang bisa diakses melalui Google Chrome atau bisa didownload melalui Google Play.

Manfaat aplikasi ini tidak hanya untuk parafrase namun juga digunakan untuk menghindari plagiarisme pada teks juga membuat tulisan kamu lebih bagus dan sesuai. Tentunya menggunakan aplikasi dapat menghemat waktu, tenaga dan biaya dalam melakukan parafrase. 

3. Perplexity AI

Aplikasi ini hampir sama dengan ChatGPT karena sama-sama menggunakan desain chat sebagai tempat untuk melakukan pencarian. Banyak orang tertarik pada aplikasi ini karena pencariannya yang terperinci dan mendalam serta informasi yang akurat sehingga tidak heran jika aplikasi yang terbilang baru ini banyak digunakan oleh orang-orang.

4. Grammarly

Selanjutnya Grammarly adalah aplikasi yang digunakan untuk mengecek tulisan baik tata bahasa, ejaan hingga gaya penulisan. Walaupun masih banyak yang belum tahu, namun informasi yang didapatkan akurat dalam mengecek karya tulis kalian dari mulai kata, frasa sampai kalimat. Beberapa dosen juga menggunakan aplikasi ini untuk mengecek tugas mahasiswanya.

5. Lumen5

Ini adalah aplikasi pembelajaran yang biasa digunakan guru untuk menunjukkan video yaitu dengan memasukkan teks pada kolom, lalu AI akan menampilkan animasi  menarik sesuai dengan teks yang kamu masukan. Alat ini cocok untuk membuat video pembelajaran yang inovatif dan interaktif.

6. Canva

Aplikasi pembelajaran satu ini sudah dikenal banyak orang baik dalam pembelajaran maupun bisnis karena akses yang mudah, gratis juga fitur yang lengkap. Alat desain grafis ini biasa digunakan guru untuk membuat desain grafis materi pembelajaran. Bahkan tidak hanya guru namun juga mahasiswa.

Selain beberapa aplikasi diatas juga ada masih banyak aplikasi lainnya yang bisa kamu akses ya teman-teman. Jangan khawatir tidak mampu menyelesaikan tugas karena dengan kita belajar dan perbanyak literasi pastinya kita bisa mengetahui hal hal yang belum kita ketahui.

Biodata Penulis:

Nur Rohmah lahir pada 11 Juni 2005.

© Sepenuhnya. All rights reserved.