SpongeBob SquarePants: Film Kartun ini Banyak Teori Konspirasi, Emang Iya?

Banyak dari penggemar berspekulasi bahwa beberapa adegan dalam SpongeBob SquarePants merupakan konspirasi nyata yang dikemas dalam serial kartun. ...

Serial kartun menjadi salah satu hiburan yang ditonton oleh seluruh kalangan di berbagai usia, dari anak-anak hingga dewasa. Salah satu serial kartun populer yang sukses menarik perhatian berbagai kalangan adalah SpongeBob SquarePants. Serial kartun ini pertama kali diciptakan oleh Stephen Hillenburg, seorang animator dan ahli biologi laut. SpongeBob SquarePants pertama kali disiarkan oleh perusahaan televisi di Amerika Serikat bernama Nickelodeon pada 1 Mei 1999.

SpongeBob SquarePants menceritakan tentang kehidupan spons laut berbentuk kotak dan berwarna kuning bernama SpongeBob yang tinggal di bawah laut bernama Bikini Bottom. SpongeBob memiliki sahabat karib yang sekaligus menjadi tetangganya yaitu Patrick Star, seekor bintang laut berwarna merah muda. SpongeBob juga memiliki tetangga seekor gurita bernama Squidward Tentacles.

Pada kehidupan sehari-harinya SpongeBob bekerja sebagai koki di restoran cepat saji bernama Krusty Krab. Tingkah SpongeBob yang konyol bersama sahabatnya Patrick membuat penonton terhibur akan tingkahnya. Namun, siapa sangka serial kartun yang memiliki banyak komedi ini ternyata menyimpan banyak misteri.

Banyak dari penggemar berspekulasi bahwa beberapa adegan dalam SpongeBob SquarePants merupakan konspirasi nyata yang dikemas dalam serial kartun. Berikut ini merupakan teori konspirasi mengejutkan yang sering dibahas oleh warganet di jagat maya.

SpongeBob SquarePants

Teori konspirasi yang pertama adalah kota tempat tinggal dari Sang tokoh utama yakni Bikini Bottom merupakan sebuah daerah di Samudera Pasifik yang bernama Bikini Attol. Tempat ini merupakan tempat uji coba nuklir sejak Perang Dunia 2 hingga bulan Desember 1945.

Dampak dari radiasi nuklir menyebabkan mutasi sehingga karakter di SpongeBob SquarePants memiliki sifat-sifat yang aneh.

Teori konspirasi yang kedua adalah resep dari Krabby Patty. Krabby Patty merupakan makanan cepat saji berupa burger yang dijual oleh restoran bernama Krusty Krab. Pemilik restoran Krusty Krab bernama Eugene Krabs atau Tuan Krab yang merupakan seekor kepiting yang sangat pelit dan mata duitan.

Tuan Krab memiliki rival bisnis bernama Plankton, ia sering membuat rencana untuk mencuri resep Krabby Patty lantaran restoran rival bisnisnya itu sangat ramai. Namun, siapa sangka resep dari Krabby Patty terbuat dari daging kepiting. Hal ini diperkuat dari bentuk restoran Krusty Krab yang menyerupai jebakan kepiting.

Fakta yang memperkuat dugaan itu adalah kepiting memiliki sifat kanibalisme dan hanya Tuan Krab saja yang merupakan kepiting satu-satunya yang tinggal di Bikini Bottom.

Teori konspirasi yang ketiga adalah Flying Dutchman. Pada episode berjudul “Tim Hantu” SpongeBob, Patrick, dan Squidward bertemu dengan hantu kapal bernama Flying Dutchman.

The Flying Dutchman ini merupakan kisah legenda tentang seorang kapten kapal bernama Van Der Decken yang melakukan perjanjian dengan iblis dan dihukum untuk terus mengarungi lautan dan tidak akan pernah bisa berlabuh.

Teori konspirasi yang terakhir adalah kapal pemburu dan pembunuh ikan paus bernama Martha. Pada serial kartun Spongebob SquarePants episode “You Don’t Know Sponge “, Patrick mengatakan bahwa lagu favoritnya adalah lagu kesedihan dari ikan paus biru. Lagu tersebut adalah suara ikan paus, mendengar suara itu Frank seekor paus mengatakan bahwa suara itu mirip seperti Martha dan teman Frank mengatakan bahwa Martha itu tidak baik untukmu.

Fakta mencengangkan adalah lagu kesedihan ikan paus biru yang dinyanyikan oleh Patrick adalah jeritan kesakitan ikan paus yang diburu oleh kapal bernama Martha. Martha merupakan kapal pemburu paus yang kejam pada tahun 1810.

Sejatinya film kartun bertujuan untuk menghibur para penonton, mungkin sewaktu kecil kita menonton SpongeBob SquarePants tidak paham atas teori-teori konspirasi yang disebutkan di atas. Namun, setelah menginjak dewasa kita dapat memahami bahwa film kartun Spongebob SquarePants menyimpan banyak sekali misteri.

Mungkin saja, pembuat film kartun Spongebob SquarePants memang sengaja menyelipkan konspirasi-konspirasi yang ada untuk menyindir realita yang ada. Semua tergantung kepada para penonton apakah percaya atau tidak akan teori konspirasi yang ada di Spongebob SquarePants.

Kalau kamu percaya atau tidak?

Damar Adhi Nugroho
Biodata Penulis:

Damar Adhi Nugroho lahir pada tanggal 18 Juni 2005 di Klaten. Saat ini ia aktif sebagai mahasiswa di Universitas Sebelas Maret Surakarta.

© Sepenuhnya. All rights reserved.